Thursday, February 29, 2024

Bung Hatta Dan Semangat Bangun Rumah MBR

Pemikiran Bung Hatta terkait masalah perumahan di Indonesia harus menjadi pemacu semangat kebersamaan dalam penyediaan perumahan.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengunjungi kediaman salah satu Putri Proklamator Republik Indonesia Bung Hatta yakni Meutia Hatta, dalam rangkaian Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang puncaknya akan dilaksanakan pada 25 Agustus mendatang.

Kementerian PUPR berharap peringatan Hapernas dapat memacu semangat dan meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam penyediaan hunian layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Pembangunan Perumahan di IKN Peluang Membuka Kran Investasi di Daerah

Menurut Iwan, kedatangan kami ke rumah putri Bung Hatta tersebut merupakan bagian untuk mempererat tali silaturahmi kepada keluarga proklamator RI yang juga merupakan Bapak Perumahan Indonesia, sekaligus menyampaikan berbagai rangkaian kegiatan peringatan Hapernas.

“Apalagi Hapernas juga merupakan hasil dari buah pikiran Bung Hatta pada saat kongres nasional perumahan pada Tahun 1950, yang selalu mengingatkan bahwa masalah perumahan merupakan hal yang perlu mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak,” ujar Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (22/8/2022).

Hapernas, lanjut Iwan, merupakan pengingat bagi bangsa Indonesia untuk tetap melaksanakan pembangunan infrastruktur dan perumahan yang baik untuk seluruh masyarakat.

Baca Juga: IKN Properti Expo Digelar, Pameran Properti Terbesar di Kaltim

Adapun Hapernas Tahun 2022 mengangkat tema “Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak Dan Terjangkau Untuk Semua” dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan bidang perumahan.

Kekurangan kebutuhan atau backlog perumahan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus mendapat perhatian dari seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan.

Hapernas akan menjadi ajang refleksi bersama untuk meningkatkan upaya dan sinergi dalam mewujudkan penyediaan perumahan layak huni dan terjangkau, khususnya MBR agar mampu mewujudkan Indonesia yang pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Baca Juga: Perkuat Penyertaan Modal Negara ke BTN, Backlog Perumahan Bisa Ditekan

Pemerintah juga menyadari bahwa di tengah masa pandemi Covid-19, sektor properti merupakan sektor masih tumbuh positif. Sektor properti memiliki multiflier effect yang dapat menghidupkan 174 subsektor industri lain seperti pabrik material bahan bangunan, transportasi, lembaga pembiayaan seperti bank, Koperasi, financial teknologi, maupun sektor furnitur, hingga perdagangan makanan yang akan dapat mempercepat dan membantu program Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sementara itu, Meutia Hatta yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Kabinet Indonesia Bersatu 2004-2009 menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah kepada pihak keluarga Bung Hatta.

Menurutnya, pemikiran Bung Hatta terkait masalah perumahan di Indonesia harus menjadi pemacu semangat kebersamaan dalam penyediaan perumahan bagi masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: Kreasi Prima Land Lanjutkan Pembangunan Perumahan Subsidi Berkualitas di Pesona Prima 7 Rajamandala

“Kami sangat mendukung Peringatan Hapernas sebagai upaya pemerintah menyediakan hunian layak bagi masyarakat. Setiap masyarakat Indonesia berhak tinggal di hunian yang layak,” ujar Meutia Hatta.

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

ICBT - 2023
Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page