Iklan Youtube Properti Terkini
Sunday, April 14, 2024
Iklan Youtube Properti Terkini

Tingkatkan Kualitas Rumah MBR, Program PSU Menyasar Rumah Subsidi di Papua

Salah satu lokasi pembangunan PSU berupa jalan lingkungan berada di Perumahan Apernas Bhayangkara di Kota Jayapura.

PropertiTerkini.com, (JAYAPURA) — Pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kali ini menyasar Jayapura, Papua.

Kementerian PUPR membangun PSU berupa perbaikan jalan lingkungan di Perumahan Apernas Bhayangkara, Kota Jayapura.

Baca Juga: Program PSU Diharapkan Dorong Pengembang Bangun Rumah MBR

Perumahan Apernas Bhayangkara adalah perumahan bersubsidi yang dengan dengan bantuan PSU menjadi lebih nyaman untuk dihuni dan mempermudah mobilisasi penghuni.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan terus berupaya agar pemerataan pembangunan, khususnya infrastruktur perumahan bisa dirasakan oleh masyarakat, termasuk di Papua.

“Salah satu bentuk bantuan yang kami salurkan adalah PSU,” ujar Iwan melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (23/3/2024).

Menurut Iwan, Kementerian PUPR memiliki 19 Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) dan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan yang ada di setiap provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Gelar Akad Kredit Massal Bersama BTN Kanwil 1, GCC 2 Jadi Perumahan Favorit di Cikarang

Pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah, pengembang, perbankan, sektor swasta dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan ini PSU.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Papua I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Aleksander Simon Lopulalan mengatakan, salah satu lokasi pembangunan PSU berupa jalan lingkungan berada di Perumahan Apernas Bhayangkara di Kota Jayapura.

“Pembangunan PSU tersebut dilaksanakan oleh penyedia jasa PT Rizkia Anugrah Jaya pada tahun 2023 lalu,” terangnya.

Pembangunan PSU di 8 Perumahan Papua

Berdasarkan data yang ada di Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Balai P2P Papua I, penyaluran bantuan PSU pada tahun 2023 lalu dilaksanakan di delapan perumahan yang ada di Papua.

Baca Juga: ruparupa Hadirkan Promo Kebutuhan Rumah untuk Jalani Ramadan Penuh Makna

Total panjang jalan lingkungan perumahan bersubsidi di Papua yang mendapat bantuan PSU tahun 2023 lalu sepanjang 3.130,6 meter dan berdampak pada 802 unit rumah bersubsidi.

Proses pembangunan bantuan PSU di sejumlah kabupaten atau kota melibatkan sejumlah pengembang perumahan dalam pelaksanaannya.

Beberapa perumahan yang mendapatkan bantuan PSU di Provinsi Papua khususnya di Kota Jayapura antara lain, Perumahan Anugerah Regency Holtekamp 170 unit.

Baca Juga: Sertifikasi WELL Platinum Pertama di Indonesia Diraih Kantor JLL Indonesia

Kemudian di Perumahan Grand Royal Residence 76 unit, Perumahan Rollo Green Diamond Residence 130 unit dan Perumahan Apernas Bhayangkara Residence sebanyak 177 unit.

Selanjutnya di Kabupaten Jayapura, berada di Perumahan Citra Buana 3 sebanyak 74 unit. Kabupaten Mimika di Perumahan Pondok Amor Indah 53 unit, dan Perumahan Residence Timika 4 70 unit. Adapun di Kabupaten Merauke, berada di Perumahan Payum Asri Indah sebanyak 52 unit.

Khusus untuk Perumahan Apernas Bhayangkara, PSU berupa jalan lingkungan sepanjang 796,5 meter dan berdampak langsung pada sekitar 177 unit rumah yang ada.

Baca Juga: Dorong Inovasi dan Pembangunan Kota Berkelanjutan, Strategi Paramount Land Capai Target 2024

PSU disalurkan berupa jalan beton mutu fc 25 mpa dengan ketebalan 15 cm dan lebar jalan empat meter sehingga hasil pembangunannya berkualitas.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Paramount 7 Maret 2023
ICBT - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page