Saturday, February 24, 2024
Deltamas - WA

Jembatan Terpanjang Dunia Resmi Dibuka

Dijuluki “jembatan kematian” lantaran jembatan terpanjang dunia ini telah menewaskan 18 pekerja dan ratusan lainnya terluka. Jembatan ini diperkirakan akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi hingga 10 triliun yuan.

Propertiterkini.com – Jembatan terpanjang dunia akhirnya resmi dibuka setelah sembilan tahun mulai dibangun. Presiden China Xi Jinping meresmikan beroperasinya jembatan tersebut, pada Selasa (23/10/2018) lalu.

Panjang jembatan termasuk akses jalannya mencapai 55 kilometer atau sekitar (34 mil). Jembatan ini menghubungkan Hong Kong, Makau dan Kota Zhuhai daratan Cina.

Baca Juga:

Diberitakan BBC.com, jembatan dengan biaya pembangunan mencapai 20 miliar dolar Amerika (hampir Rp304 triliun) ini seharusnya sudah dibuka pada tahun 2016 lalu. Masalah keselamatan telah menjadi isu utama selama proses pembangunannya. Setidaknya sebanyak 18 pekerja tewas selama pembangunan tersebut.

Yang Istimewa

Konstruksi jembatan terpanjang dunia ini telah dirancang tahan terhadap gempa dan topan. Jembatan dibangun menggunakan 400.000 ton baja atau setara dengan membangun 60 Menara Eiffel.

Sekitar 30 kilometer dari total panjang jembatan tersebut melintasi delta Sungai Pearl. Bagi kapal yang akan melintas di bawahnya, telah disiapkan bagian jembatan sepanjang 6,7 kilometer ke terowongan bawah laut yang membentang antara dua pulau buatan.

jembatan terpanjang dunia ada di china

Salah satu dari dua pulau buatan yang merupakan bagian dari mega proyek jembatan terpanjang dunia tersebut./ Foto: xinhuanet.com

Bagian tersisa adalah jalan penghubung, viaduk dan terowongan tanah yang menghubungkan Zhuhai dan Hongkong ke jembatan utama.

Hanya 30 Menit

Jembatan terpanjang dunia ini merupakan bagian dari rencana Tiongkok untuk menciptakan Greater Bay Area, dimana di dalamnya termasuk Hong Kong, Makau dan sembilan kota lainnya di Tiongkok selatan. Daerah tersebut saat ini dihuni sebanyak 68 juta orang.

Baca Juga:

Di masa lalu, perjalanan antara Zhuhai dan Hong Kong akan memakan waktu hingga empat jam. Kini, adanya jembatan terpanjang dunia tersebut telah memangkas waktu sangat signifikan hingga hanya 30 menit saja.

Izin Khusus

Bagi Anda yang hendak melintas melalui jembatan ini harus mendapatkan izin khusus, karena akan diberlakukan kuota. Tentunya, Anda pun harus membayar biaya tol. Jembatan ini juga tidak dilayani transportasi umum.

Pihak berwenang memperkirakan bahwa setiap hari akan ada sebanyak 9.200 kendaraan menyeberangi jembatan terpanjang dunia tersebut. Namun jika jaringan transportasi baru telah dibangun di wilayah tersebut, maka jumlahnya akan diturunkan.

jembatan terpanjang dunia menghubungkan Hong Kong dan wilayah sekitarnya

Dongkrak Ekonomi

Sudah banyak kritik dilontarkan terhadap mega proyek tersebut. Bahkan beberapa media lokal menjuluki jembatan tersebut sebagai “bridge of death“. Selain telah menewaskan 18 pekerja, ratusan lainnya juga terluka selama pembangunan.

Meski demikian, para pejabat China mengatakan bahwa keberadaan jembatan ini akan meningkatkan ekonomi hingga 10 triliun yuan (hampir Rp 22.000 triliun).

Sementara menurut perkiraan BBC Cina, jembatan ini hanya akan menghasilkan sekitar 86 juta dolar Amerika (sekitar Rp1,3 trilun) dari pembayaran tol per tahun.

Baca Juga:

Dan, sepertiga penghasilan tersebut dihabiskan untuk biasa pemeliharaannya yang amat besar. Bahkan biaya pemeliharaan jembatan sudah akan menghabiskan sepertiga dari pendapatan tersebut.

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Paramount 7 Maret 2023
Paramount 7 Maret 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page