Iklan Youtube Properti Terkini
Thursday, February 22, 2024
Deltamas - WA

Cara Mudah Cegah Ular Masuk Rumah, Lakukan Ini!

Perlu diingat, bahwa tips ini sangat bermanfaat yang dapat menyelamatkan Anda dan keluarga dari serangan ular yang mematikan.

PropertiTerkini.com, (BOGOR) — Disaat musim hujan, biasanya ular-ular akan sering berkeliaran di sekitar rumah, bahkan masuk sampai ke dalam ruangan atau kamar. Lantas, apa yang harus Anda lakukan? Begini cara mudah cegah ular masuk rumah.

Seperti diketahui, musim hujan juga adalah waktunya telur-telur ular akan menetas, tidak hanya ular kobra, beberapa jenis ular lainnya juga sama.

Baca Juga: Mesin Pemotong Rumput Robotik Pintar, Mampu Deteksi dan Menghindari Rintangan, Juga Cuaca

Di saat tersebut, insting anak-anak ular akan mencari tempat untuk berlindung. Bahkan bukan hanya anak ular, ular dewasa pun akan mencari lokasi yang aman untuk berlindung disaat musim hujan, apalagi jika tempat persembunyiannya di dalam tanah sedang tergenang air.

Sudah banyak kasus terjadinya ular masuk ke area sekitar rumah, bahkan dalam rumah. Ada yang ditemukan di toilet atau keluar dari dalam kloset, juga bersembunyi di atap atau di atas plafon.

Ada juga ditemukan bersembunyi di AC, atau di dalam sepatu, di taman rumah, atau bahkan di balik bodi motor atau dalam area mesin mobil.

Jangan panik, berhentilah merasa takut. Kami menemukan sejumlah metode dan cara mudah bagi Anda untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: Era Baru Pembersih Lantai: Obode P8, Robot Penyedot Debu dengan Fitur Mengepel Lantai dan ‘Self-Cleaning’ Otomatis

Berikut ini caranya:

1. Cara Mudah Cegah Ular Masuk Rumah dengan Basmi Sumber Makanan Ular

Tikus adalah salah satu sumber makanan utama ular. Anda harus memastikan bahwa rumah Anda bebas dari hewan pengerat tersebut.

Jika saat ini masih terdapat tikus di rumah, maka bisa menggunakan beberapa cara untuk membasminya. Mungkin dengan racun tikus atau sejenisnya, lem tikus, atau jebakan tikus lainnya.

Tetapi yang utama adalah Anda harus memastikan bahwa rumah dalam kondisi selalu bersih. Singkirkan semua sumber makanan dan tutup lubang serta celah yang mungkin dilewati tikus.

Baca Juga: Cara Pintar Memilih Pencahayaan Berkualitas dan Hemat Energi, Bersama Philips

Pastikan juga, bahwa tidak ada tumpukan barang yang terlalu banyak di sekitar rumah, karena tikus suka bersembunyi dan membuat sarang di dalamnya.

Makanan ular lainnya adalah kodok maupun katak, meski jenis spesies katak tertentu juga bisa memakan ular.

Katak dan kodok tersebut akan menyukai area lembab dan berair, seperti kolam. Pastikan bahwa area basah tersebut selalu bersih dan bebas dari kodok atau katak.

2. Sebar Minyak Berbau Menyengat

Ular adalah salah satu makhluk yang tidak menyukai bau menyengat. Jika ada ular berkeliaran di rumah, oleskan minyak yang dapat mengeluarkan bau menyengat di area sekitar.

Minyak-minyak tersebut, diantaranya seperti oli mesin, minyak tanah, jenis minyak tusam, dan lainnya. Beragam jenis minyak dengan bau menyengat tersebut diyakini mampu mengusir ular dari rumah.

3. Cara Mudah Cegah Ular Masuk Rumah dengan Pelihara Hewan

Ular adalah hewan yang penakut jika kita mempunyai hewan peliharaan, seperti anjing di rumah. Anjing cenderung tidak akan diam jika melihat makhluk melata tersebut mendekat.

Baca Juga: 30 Tahun Synthesis Development: Dari Plaza Semanggi hingga Affordable Housing

Maka, dengan kelincahan yang dimilikinya, anjing tersebut mendatangi ular, menggonggongnya dan melakukan berbagai gerakan untuk mengusir bahkan melawannya. Dengan begitu, akan membuat ular itu ketakutan dan melarikan diri.

anjing usir ular dari rumah
Hewan peliharaan seperti anjing dapat mencegah ular masuk rumah. (Image: bestlifeonline.com)

4. Pangkas Rumput, Pastikan Bunga Tak Terlalu Rimbun

Jika Anda memiliki taman dengan rerumputan, bunga, atau tanaman hias lainnya, pastikan agar selalu merapikannya. Rumput-rumput selalu dipangkas agar pendek. Sedangkan bunga, selalu dirapikan agar daunnya tidak terlalu rimbun.

Ini akan mencegah ular merayap di dekat rumah Anda. Ular sering kali menggunakan rumput tinggi atau tanaman yang rimbun agar tidak terlihat oleh predator, seperti burung besar, kucing atau anjing.

Baca Juga: 5 Cara Menata Tanaman Hias, Suasana Rumah Lebih Segar

Dan karena ular berdarah dingin, mereka menggunakan naungan semak sebagai tempat istirahat agar tetap sejuk saat matahari terbit. Rumput tinggi atau dedaunan rimbun akan menjadi salah satu tempat berlindung yang nyaman bagi ular.

5. Sebar Kerikil atau Batu-batu Kecil

Salah satu cara mudah cegah ular masuk rumah, yakni dengan menaburkan kerikil atau bebatuan kecil di sekitar rumah.

Jika ditaburkan di sekitar rumah maka akan menyebabkan ular terhambat untuk melata. Karena bila bertemu dengan kerikil, akan menyebabkan ular kesulitan untuk meluncur, sehingga lama kelamaan ular akan berubah pikiran dan beralih ke tempat lain.

6. Menutupi Retakan dan Celah

Cara mudah cegah ular masuk rumah berikutnya adalah dengan menutupi retakan, seperti pada tembok atau lainnya. Juga pada celah, seperti pada tumpukan material bangunan, atau lainya.

Dengan tubuh yang fleksibel, ular sangat mudah masuk melalui celah yang paling datar sekalipun tanpa ada yang menyadarinya. Bahkan mungkin juga mereka menggunakan celah tersebut sebagai pintu masuk.

Baca Juga: Mudah Diaplikasikan, Obat Beton Betonmix Cocok untuk Berbagai Jenis Beton

Oleh karena itu, Anda harus memastikan untuk menutup semua retakan atau celah pada dinding dan dek yang rusak, terutama yang rusak karena air atau faktor lain yang menyebabkan kerusakan pada struktur.

7. Cara Mudah Cegah Ular Masuk Rumah dengan Siram Air Belerang

Bau belerang yang menyengat juga diyakini akan menyebabkan ular menghindar. Caranya mudah saja, cukup campurkan bubuk belerang dengan air dan aduk hingga merata.

Kemudian air belerang tersebut disiramkan ke sekeliling rumah atau di tepi pagar. Termasuk juga di saluran drainase rumah atau area berumput di sekitar rumah. Ini untuk mencegah ular mendekati rumah Anda dan akan merayap ke arah lain.

8. Bangun Pagar Tembok

Jika rumah Anda terletak di dekat kawasan hutan, maka Anda lebih berisiko didatangi tamu tak diundang tersebut, karena mereka menyukai lingkungan hutan dan sering kali bersarang di sana.

Untuk melindungi diri Anda dari kemungkinan bertemu ular, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memasang pagar atau tembok pembatas di sekeliling rumah Anda sebagai garis pertahanan.

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah untuk Hadirkan Momen Manis di Rumah

Cara ini akan membantu mencegah ular mendekati rumah Anda dan membuat sarang di taman atau area luar ruangan Anda.

9. Cara Mudah Cegah Ular Masuk Rumah dengan Obat Pengusir Ular

Salah satu cara yang juga bisa dilakukan untuk mengusir ular adalah dengan obat pengusir ular.

Saat ini sudah banyak sekali jenis produk pengusir ular yang mudah ditemukan, terutama di toko online. Tersedia banyak merek, baik yang berbentuk bubuk maupun cair.

10. Singkirkan Tumpukan Barang di Halaman atau Taman

Salah satu tempat di sekitar rumah yang sering menjadi tempat bagi ular beristirahat adalah tumpukan barang-barang.

Mulai dari material bangunan, seperti bata, genteng atau jenis atap rumah lainnya. Atau juga barang lainnya yang sudah tidak terpakai. Maka, saatnya untuk menyingkirkan tumpukan tersebut.

Baca Juga: Parents, Yuk Simak Tips Penggunaan Gadget Bagi Anak

11. Hubungi Petugas yang Lebih Ahli

Ini bukan langkah pencegahan, tetapi jika sudah terjadi, dimana Anda melihat ular di taman atau bahkan sudah masuk ke dalam rumah. Jangan panik.

Apabila jika ular tersebut berukuran besar atau ular berbisa dan sulit bagi untuk hadapi sendiri, maka bisa menghubungi orang sekitar untuk sama-sama membantu. Usahakan untuk tidak menyentuh langsung ular tersebut, terutama bagian kepala.

Namun, jika tidak bisa dihadapi sendiri, maka cara terbaik adalah dengan menghubungi petugas pemadam kebakaran atau snake rescuer.

Yang perlu Anda lakukan, menjauhlah secara perlahan dari area ular dan jangan mengagetkannya. Evakuasi keluarga atau hewan peliharaan Anda ke jarak yang aman.

Baca Juga: Tips Mudah Agar Rumah Anda Aman Saat Ditinggal Liburan

Anda cukup memperhatikan ke mana arah ular tersebut berpindah atau bersembunyi. Ini akan memudahkan para petugas, saat mereka sudah tiba di rumah Anda.

cara mudah cegah ular masuk rumah
Penanganan ular oleh tim rescue. (Image: bestlifeonline.com)

Demikian beberapa cara mudah cegah ular masuk rumah. Perlu diingat, bahwa tips ini sangat bermanfaat yang dapat menyelamatkan Anda dan keluarga dari serangan ular yang mematikan.

Lakukan, dan semoga rumah Anda bebas dari kelompok reptil tidak berkaki tersebut!

[Sumber Berita: bestlifeonline.com dan beberapa sumber lainnya]

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

RHVAC - 2023
RHVAC - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page