Thursday, October 28, 2021

Taman Indoor dan Outdoor: Yuk, Mari Menata Rumah!

Taman indoor dan outdoor merupakan salah satu elemen penunjang yang penting bagi sebuah bangunan. Keberadaan taman sangatlah penting pagi penghuninya, terutama sebagai penyeimbang dengan bangunan yang notabene adalah struktur keras (batu dan beton).

Baca Juga: 10 Ide dan Tips Mendesain Taman Rooftop

Taman adalah tempat berkreasi sekaligus pula tempat menyalurkan hobi. Dan yang terpenting, taman, terutama dengan tanaman hidup akan berkontribusi besar terhadap sirkulasi udara segar bagi penghuni rumah.

Itulah sebabnya, belakangan ini semakin banyak orang yang berusaha menata dan melengkapi rumah mereka dengan taman, meski di lahan yang minim.

Bahkan, ada pula yang sedari awal mendesain ruang dalam sebagai taman indoor. Sementara di luar, taman-taman kini telah merambah dari halaman rumah hingga ke taman atap rumah atau rooftop.

taman indoor di bawah tangga
Taman indoor di bawah tangga./ dailytelegraph.com

Dalam desain sebuah rumah, baik yang berukuran kecil maupun besar tetap bisa di selipkan taman. Namun, harus disesuaikan dengan konsep awal pembangunan rumah tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Konsep Green Roof di Perkotaan

Berikut ini beberapa gaya desain taman yang bisa dijadikan inspirasi Anda, baik untuk taman indoor dan outdoor, yang dihimpun PropertiTerkini.com dari berbagai sumber:

Taman Indoor

Penempatan lokasi taman indoor menentukan desain yang sesuai untuk pengaplikasiannya. Dalam hal ini di sudut rumah diberikan cat yang berwarna polos putih untuk membuat ruang menjadi terlihat lebih lapang.

Sementara pemilihan pot disesuaikan dengan luas ruangan. Ukuran yang kecil dan sedang divariasikan dengan tanaman hijau yang berdaun jenjang, maka akan menambah indah dan sejuk suasana taman indoor.

taman indoor dengan atap terbuka
Taman indoor dengan atap terbuka./ pinterest.com

Baca Juga: Liburan Tiba, Yuk, Mari Menata Rumah Anda!

Taman indoor, meski berada di ruang terbatas dengan desain yang simple pun tetap mampu menyajikan pemandangan yang memukau.

Apalagi jika didesain dan ditata sendiri, tentunya lebih memberikan rasa puas dan nyaman, terutama bagi penghuninya. Namun, sebelum mengaplikasikannya, ada baiknya Anda harus mencari tahu sebanyak-banyaknya referensi dan petunjuk serta desain yang paling cocok dengan konsep dan model rumah Anda.

Baberapa jenis tanaman yang bisa ditempatkan di taman indoor, antaralain Snake Plant atau Lidah Mertua, Aloe Vera atau Lidah Buaya, tanaman Aglonema atau Sri Rejeki, tanaman Sirih Gading, Kuping Gajah (Anthurium), Gelombang Cinta, bahkan hingga Wali Songo.

Taman indoor
Taman indoor./ grid.id

Baca Juga: Cegah Stres Selepas Kerja, Cobalah Kombinasi Warna Rumah Seperti Ini

Sementara untuk bunga-bunga yang lebih berwarna, beberapa ini bisa Anda tempatkan juga di taman indoor. Antaralain, bunga Gerbera atau Daisy, bunga Lily, Seruni atau Krisan, Kaktus Bunga, Lili Paris atau tanaman laba-laba (Spider Plant), dan lainnya.

Taman Outdoor

Taman outdoor dapat memadukan dua ornamen keras dari bebatuan dan lunak dari pohon hijau. Batu alam yang dipilih berwarna campuran putih dan abu-abu, bisa berupa batu koral tabur atau batu koral sikat. Agar lebih beragam, dipadukan dengan kursi taman berwarna senada.

ide desain taman rooftop
Warna-warni taman rooftop rumah Anda akan membawa suasana yang lebih menyenangkan./ balconygardenweb.com

Baca Juga: Menata Lorong di Rumah dengan Cara Mudah

Pepohonan hijau di letakkan di dinding untuk membuat ruangan serasa lebih lapang, lebih nikmat untuk menikmati sore dengan suasana adem di taman ini.

Beberapa ide lain, jika taman outdoor berada di lahan yang lebih sempit, maka bisa menggabungkan beberapa tanaman-tanaman kecil (sejenis maupun beberapa jenis) ke dalam pot berukuran yang lebih besar.

Adapun jenis tanaman yang bisa Anda tempatkan di taman outdoor, antaralain Kembang Sepatu, bunga Kamboja, Cemara Norfolk, jenis Euphorbia, Mandevilla Sanderi, Katsuba, Tanduk Rusa, jenis bambu-bambu hias, dan masih banyak lagi.

ide desain taman rooftop
Taman outdoor di atap bangunan./ balconygardenweb.com

Baca Juga: Kreatif, Abu Gunung Kelud pun Jadi Produk Kerajinan

Semoga ide menata taman indoor dan outdoor ini bermanfaat untuk kreasi dan kreativitas Anda. Selamat mencoba!

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU