Sunday, September 19, 2021

Apartemen di Semarang Tawarkan Yield 12 Persen

Tamansari Cendekia adalah apartemen di Semarang yang berada diantara beberapa kampus perguruan tinggi. Potensi investasi menjanjikan datang dari bisnis sewa dengan harga sekitar Rp3-4 juta per bulan.

PropertiTerkini.com – Potensi properti di kawasan Semarang terus berkembang cepat seiring kemajuan ekonomi dan infrastruktur di kota tersebut. Semarang yang sudah terkoneksi dengan Tol Trans Jawa benar-benar menjadi center of Java yang menjadi penghubung antara Ibukota Jakarta dan Surabaya di Jawa Timur.

Baca Juga: Apartemen di Jababeka Janjikan Yield Lebih dari 10%

Perkembangan inilah yang kemudian membuat PT Wika Realty – anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk – kepincut kembali menjajal manisnya bisnis properti di kota berjulukan Venetië van Java ini. Kali ini bukan lagi landed house sebagaimana Tamansari Majapahit dan Tamansari Hills yang sudah sukses terserap pasar.

Persisnya sejak akhir 2016, perusahaan pelat merah ini menapaki kakinya di Semarang melalui proyek highrise residensial, Tamansari Cendekia Apartment yang berlokasi di Kawasan Tembalang, Semarang atas.

Namanya cendekia menggambarkan penghuninya adalah para terdidik, intelektual, serta cerdas. Memang bukan sembarang nama lantaran lokasinya yang dekat dengan beberapa kampus perguruan tinggi. Seperti Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berjarak 5 menit, kemudian Politeknik Departemen Kesehatan dan Politeknik Negeri Semarang.

Baca Juga: 9 Proyek Properti Jakarta Timur: Moncer di Sisi Infrastruktur

Apartemen di Semarang atas ini hanya berjarak sepelempar batu dari pusat belanja. Seperti Transmart Banyumanik hanya 7 menit. ADA Banyumanik yang merupakan salah satu jaringan swalayan terbesar di Kota Semarang juga hanya berjarak sekitar 1 kilometer.

Fasilitas kesehatan, seperti RS Hermina dan RS Banyumanik, serta RS Nasional Diponegoro juga bisa di tempuh dalam waktu 7-10 menit dari Tamansari Cendekia.

Kemudahan aksesibilitas juga sangat dirasakan, dari maupun menuju Tamansari Cendekia. Hunian ini diapit oleh tiga pintu tol, yakni gerbang Tol Banyumanik yang hanya berjarak 300 meter, Tol Tembalang serta Tol Srondol. Bahkan, penghuni pun kian dimanjakan dengan layanan shuttle menuju ke area UNDIP.

Progress pembangunan Tamansari Cendekia
Progress pembangunan Tamansari Cendekia./ Foto: dok. Wika Realty

Sedangkan fasilitas internal pun tak kalang lengkap untuk mendukung aktivitas dan proses belajar mahasiswa yang menghuni. Disediakan berupa gym dan swimming pool di setiap towernya juga area parkir.

Baca Juga: MALANG RAYA: Properti Melenggang Semakin Kencang

Tamansari Cendekia adalah satu-satunya apartemen di Semarang, persisnya kawasan Tembalang yang dilengkapi fasilitas smart home system serta PIN doorlock. Ada pula thematic communal area di setiap dua lantai sebagai tempat penghuni berdiskusi, bersantai, me-refresh pikiran, bermain musik, bahkan menonton film.

“Di communal area itu kami sediakan fasilitas pendukung untuk mahasiswa, seperti discussion room, relaxing room, creative room, adventure room dengan indoor wall climbing, kemudian music room, mini theater room. Dan bagi mahasiswa yang ingin mengakses e-book, jurnal-jurnal serta mengunduhnya kami menyediakan ruang dengan high speed internet access yang bernama digital world,” terang M Reza Pahlevi, Project Manager Tamansari Cendekia Apartment.

Sejak melakukan seremoni groundbreaking pada akhir 2016 lalu, progres pembangunan terus berjalan. Diakui Reza, pengembangannya sempat terhenti beberapa saat, namun sudah dibereskan.

Baca Juga: Evenciio Margonda, Lebih Menggoda di Pusaran Apartemen Mahasiswa

“Sudah kami selesaikan semuanya. Pembangunannya kami gas lagi di medio 2018, dan saat ini sudah mencapai lantai 6,” ucap Reza sembari menambahkan, apartemen mulai diserahterimakan di akhir 2020.

Potensi Investasi

Tamansari Cendekia
dok. Wika Realty

Tamansari Cendekia adalah apartemen 2 tower yang dibangun setinggi 22 lantai. Saat ini tengah dipasarkan Tower B sebanyak 864 unit yang terdiri atas dua tipe, yakni studio dan 2 bedroom.

Penjualannya telah mencapai 35%. Sebanyak 90% pembelinya adalah investor yang berasal dari Semarang, disusul Jakarta, dan kota-kota di sekitar Jawa Tengah seperti, Tegal, Pekalongan, Kudus dan sekitarnya.

Menurut Reza, potensi investasi apartemen di Kota Semarang sangat menjanjikan apalagi di lokasi strategis seperti Tamansari Cendekia. Untuk diketahui, jumlah mahasiswa di UNDIP sendiri berkisar di atas atas 45 ribu orang. Dan setiap tahunnya bertambah sekitar 9 ribu pendatang ke area Tembalang.

Baca Juga: Untuk Mahasiswa, Louvin Apartment Hadirkan 15 Fasilitas Premium

“Mereka yang datang tentunya membutuhkan hunian yang praktis. Jadi peluang itulah yang kami lihat dan kami tangkap,” tegas Reza.

Harga sewa kos eksklusif di sekitar UNDIP saat ini berkisar Rp2-4 juta per bulan per kamar. Bahkan ada juga yang mencapai Rp7 juta, dengan opsi ditinggali dua orang. Menariknya, meski dengan harga terbilang tinggi dan minim fasilitas pun kos-kosan tersebut selalu full, bahkan waiting list.

Olehkarenanya, Reza optimis, bakal dapat ‘mengalihkan’ hunian mahasiswa dari kos-kosan ke apartemen. Dia mencontohkan, jika saja seorang pemilik unit menyewakan dengan harga Rp3-4 juta per bulan, maka pasar akan sangat antusias.

“Dengan harga tersebut dan ditunjang fasilitas lengkap, maka Tamansari Cendekia akan menjadi pilihan yang menarik. Kalau diambil rata-rata dengan harga jual saat ini maka yield-nya bisa mencapai 9-12% per tahun,” jelasnya.

Baca Juga: Dorong Ketersediaan Hunian, Pemerintah Bangun Rusun MBR, Mahasiswa dan Santri

Tamansari Cendekia mulai dipasarkan sejak pertengahan 2016. Harga perdana saat itu untuk tipe terkecil mulai dari Rp280 jutaan atau sekitar 15 jutaan/m2 (semi gross).

Saat ini untuk tipe yang sama telah mencapai Rp350 jutaan atau sekitar 18 jutaan/m2 (semi gross). Adapun cicilan apartemen tersebut berkisar Rp2 jutaan/bulan sehingga menurut Reza, dengan penghasilan Rp7-8 jutaan/bulan sudah bisa mencicil apartemen di Tamansari Cendekia.

Fasilitas Tamansari Cendekia
dok. Wika Realty

“Namun jangan lupa, potensi sewa yang didapat per bulan saat apartemen beroperasi mencapai Rp3 jutaan, bila melihat kondisi saat ini. Jadi sebetulnya cicilan tersebut dapat tertutup oleh hasil sewanya nanti, bahkan mendapatkan hasil yang lebih,” kata Reza yang juga Manager Unit Realty Tamansari Cendekia.

Tamansari Cendekia tengah menebar promo hadiah langsung voucher belanja jutaan rupiah. Bahkan ada diskon spesial diberikan pengembang apartemen di Semarang tersebut, apabila pembelian lebih dari satu unit. Beberapa bank yang bekerjasama dengan apartemen ini pun menawarkan kemudahan dalam hal uang muka, bahkan bisa sampai 0%.

Baca Juga: Crown Group Tangkap Peluang Investasi di Kota Pendidikan Australia

Jangka waktu cicilan pun bisa mencapai 30 tahun sepanjang masih masuk dalam usia produktif. Adapun perbankan yang telah bekerjasama, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI , BTN, juga Maybank dan Nobu.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU