Iklan Youtube Properti Terkini
Thursday, February 29, 2024
Banner Louis

Sinar Mas Land Hadirkan Biomedical Campus di BSD City, Beroperasi Januari 2024

Smart Building Biomedical Campus berada berdiri di atas tanah seluas +/-11.800 meter persegi dengan luas gedung +/-31.800 meter persegi.

PropertiTerkini.com, (BSD CITY) — Untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam melaksanakan transformasi kesehatan, Sinar Mas Land melalui Digital Hub menghadirkan Biomedical Campus. Kegiatan peluncuran ini digelar di kawasan Digital Hub, BSD City, Tangerang, Sabtu (2/12/2023).

Biomedical Campus adalah sebuah fasilitas yang disediakan untuk mendukung sekaligus meningkatkan kegiatan penelitian, serta menghadirkan ekosistem fasilitas kesehatan lainnya, mulai dari pendidikan hingga layanan kesehatan terdepan.

Baca Juga: Rangkul Ratusan Agen Properti, Sinar Mas Land Sukses Gelar Talkshow “Unlocking Foreign Property Investment”

Peresmian Biomedical Campus dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat daerah, antara lain Andi Ony Prihartono, Pj Bupati Kabupaten Tangerang, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, juga Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja.

Andi Ony Prihartono, Pj Bupati Kabupaten Tangerang, mengapresiasi Sinar Mas Land yang telah menghadirkan fasilitas tersebut. Kata dia, Biomedical Campus merupakan langkah besar dan strategis dalam merespon kebutuhan layanan dan fasilitas kesehatan terbaik bagi masyarakat dengan beragam keunggulan, seperti infrastruktur teknologi modern, lokasi yang strategis, dan multi akses.

“Semoga kehadiran Biomedical Campus ini dapat membawa dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan kesehatan berkelas dunia. Selain itu, kami juga yakin bahwa inisiatif tersebut juga dapat meningkatkan kualitas SDM, menciptakan lapangan kerja, hingga mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Tangerang dan Indonesia secara umumnya,” katanya.

Baca Juga: Fortress Luncurkan Fortress™️ Aluminos, Pintu Kamar Mandi Berbahan Aluminium

Menkes Budi Sadikin, menyatakan, kolaborasi antar pemerintah, industri, maupun swasta sangat dibutuhkan agar transformasi digital di bidang kesehatan tersebut berhasil membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi dengan institusi pelayanan, pendidikan, dan penelitian pun juga sangat penting. Kita semua perlu bersinergi dan bersatu-padu. Saya melihat misi Biomedical Campus sejalan dengan agenda transformasi digital yang dijalankan Kementerian Kesehatan,” terangnya.

Menurut Menkes, transformasi digital berpotensi sangat besar, terlebih memasuki era Society 5.0 yang menggabungkan ilmu dan teknologi super intelligence untuk melayani manusia.

Dalam kesempatan yang sama, Airlangga Hartarto, Menko Perekonomian juga mengapresiasi Sinar Mas Land dalam upaya untuk mendukung transformasi layanan kesehatan di Indonesia.

Baca Juga: Sinar Mas Land Rilis Cascade Studio Loft di BSD City

“Kita ketahui bersama Indonesia akan memiliki bonus demografi sampai tahun 2038. Kita akan memiliki generasi yang produktif dan ingat untuk menjadi produktif itu harus sehat,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, BSD City sudah memiliki dua kampus tingkat internasional yakni Apple Academy dan Monash University, maka kehadiran Biomedical Campus sangat penting untuk menciptakan kawasan center of excellence pendidikan berbasis digital.

“Fasilitas pendidikan dan penelitian kesehatan akan meningkatkan kemampuan research dalam negeri untuk menjawab tantangan kesehatan global,” kata Airlangga.

Sementara Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land mengungkapkan, Biomedical Campus merupakan inovasi terbaru dan komitmen dari Sinar Mas Land untuk menghadirkan sarana prasarana, sumber daya, dan layanan kesehatan di BSD City.

“Kami harap kehadiran Biomedical Campus dapat mendukung upaya pemerintah untuk melakukan penelitian dan pengembangan kesehatan yang memperkuat sistem kesehatan nasional dengan menghadirkan peneliti dan tenaga kesehatan berkualitas yang dapat bersaing di tingkat internasional,” terangnya.

Baca Juga: Kolaborasi Skandinavia Apartment dan IKEA Hadirkan Hunian yang Lebih “Bahagia”

“Semoga Biomedical Campus dapat menjadi magnet bagi perusahaan terkemuka dari seluruh dunia untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tempat pengembangan riset dan teknologi kesehatan,” lanjut Michael.

Biomedical Campus Beroperasi Januari 2024

Smart Building Biomedical Campus berada berdiri di atas tanah seluas +/-11.800 meter persegi dengan luas gedung +/-31.800 meter persegi.

Terdapat sejumlah layanan utama di Biomedical Campus, yakni gedung perkantoran, smart business center, experience center, makerspace serta F&B.

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan akurat, Biomedical Campus menggunakan teknologi digital twin dari Microsoft.

Teknologi ini akan mengubah manajemen pengelolaan gedung yang dulunya manual dan terbatas pada pemeriksaan fisik, menjadi digital, prediktif dan akurat.

Baca Juga: Hadir di Indonesia Design District PIK 2, Showroom Modulo Living dan IKONS Tambah Koleksi Furniture Baru

Gedung pintar Biomedical Campus juga akan menawarkan smart experience bukan hanya bagi pengelola gedung namun juga pada tenant dan pengunjung.

Sistem dan sub-sistem gedung didesain menggunakan VMS (Visitor Management System) yang akan memberikan kemudahan akses masuk secara FR (Face Recognition) atau QR (Quick Response) Code.

Fasilitas smart parking juga akan dinikmati oleh tenants maupun pengunjung. Sinar Mas Land menggelontorkan dana investasi sebesar Rp2 triliun untuk pengembangan selama 5 tahun ke depan.

Proyek Biomedical Campus yang berlokasi di kawasan Digital Hub ini direncanakan akan mulai beroperasi pada Januari 2024.

Pada kesempatan yang sama, jajaran manajemen Sinar Mas Land melakukan penandatanganan kerja sama strategis bersama sejumlah partner di bidang Kesehatan.

Baca Juga: Teknologi Plasmacluster Ternyata Dapat Meningkatkan Konsentrasi Saat Mengemudi

Adapun partner tersebut di antaranya PT Etana Biotechnologies Indonesia, Asa Ren, Pathgen Diagnostik Tekno, Fullerton Health Indonesia, Pyridam Farma, I-SWAM, Monash University, Careoth Inc., dan AWS Indonesia.

kawasan Digital Hub BSD City
Biomedical Campus berada di dalam kawasan Digital Hub BSD City, Tangerang. (Dok. SML)

Lokasi Strategis

Biomedical Campus berlokasi di kawasan Digital Hub yang merupakan inovasi terbaru dari Sinar Mas Land guna menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital serta layanan kesehatan terdepan yang memiliki infrastruktur teknologi dan fasilitas lengkap.

Dari sisi kemudahan akses, Biomedical Campus berada di lokasi yang sangat strategis dan dapat diakses melalui sejumlah ruas Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A, Tol Jakarta-Merak (Tol Kebon Jeruk), dan Tol Jakarta-Serpong yang terintegrasi dengan Tol Kunciran-Serpong, JORR 2, Tol Bandara Soekarno-Hatta, dan Tol Jagorawi.

Baca Juga: Hingga November 2023, Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Jalan Tol Sepanjang 217,8 Km

Mobilitas dari/ke Biomedical Campus pun juga didukung dengan beragam pilihan transportasi umum, mulai dari free shuttle bus BSD Link, feeder bus BSD City, dan kereta Commuter Line melalui Stasiun Cisauk di kawasan Intermoda BSD City.

Selanjutnya, BSD City juga telah dilengkapi dengan fasilitas pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi baik dari dalam negeri hingga luar negeri yaitu Monash University.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page