Sunday, July 3, 2022

Progres Terkini CitraLand City Losari: On Schedule Hingga Destinasi Wisata Makassar

Perumahan pada cluster pertama dibangun sebanyak 172 unit, dimana sudah terjual 82 persen. Harganya mulai dari Rp3,5 miliar.

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (MAKASSAR) — Siapa sangka, lahan garapan baru (reklamasi) di kawasan Center Point Of Indonesia, Kota Makassar kini berubah menjadi destinasi wisata baru. Bahkan, proyek besutan Ciputra Group, yakni CitraLand City Losari yang berada dalam kawasan tersebut juga terus menjadi incaran pembeli.

Sebagai informasi, seluruh kawasan reklamasi di Center Point Of Indonesia memiliki total luas lahan mencapai 156 hektar, dimana 50 hektar diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Sementara untuk tahap pertama yang sudah mulai dibangun adalah seluas 56 hektar, sisanya 50 hektar di tahap kedua, belum direklamasi.

Baca Juga: Summarecon Mutiara Makassar Rilis Rumah Tipe The Sherry, Mulai Rp1 Miliaran

“Kami mulai memasarkan produk sejak 2015, dimana saat itu kami belum start reklamasi. Kegiatan reklamasi baru dimulai di Juni 2017, kemudian proses pembangunan properti baru dilakukan pada awal 2020,” kata Anastasia Winardi, Marketing Manager CitraLand City Losari di Makassar, belum lama ini.

Dia menjelaskan, pada awal dibangun saat itu adalah sebanyak 14 unit ruko di Sunset Quay (ruko khusus kuliner di tepi pantai), dan sudah diserahterimakan di 2021 lalu.

“Ruko tersebut juga sudah beroperasi, ada satu yang sudah buka setiap hari dan sudah sangat full dipadati pengunjung,” kata Anas, sapaan akrab Anastasia.

Baca Juga: Mulai Serah Unit, Triniti Land Optimis Target Tahun Ini Tercapai

Bahkan saat ini pun, CitraLand City Losari juga sedang melakukan serah terima kawasan business park yang terdiri dari 2 blok. “Sudah ada juga yang buka juga,” imbuhnya.

Gerbang masuk CitraLand City Losari
Gerbang masuk CitraLand City Losari yang terkoneksi dengan Jembatan Phinisi./ Foto: Pio

Sementara untuk hunian pun kini terus dikebut pembangunannya. Anas mengungkapkan, meski terhadang pandemi tetapi sejauh pembangunan masih on schedule. Direncanakan serah terima akan dimulai pada Oktober 2022.

Perumahan pada cluster pertama dibangun sebanyak 172 unit, dimana sudah terjual 82 persen. Harganya mulai dari Rp3,5 miliar (ukuran 6×17, 2 lantai) hingga Rp12 miliaran (12×20 m).

Sedangkan untuk cluster kedua akan dibangun sebanyak 139 unit dan cluster ketiga nantinya hanya sebanyak 28 unit rumah.

Baca Juga: Politeknik PU Siap Menerima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

“Ketiga cluster sudah kami pasarkan. Saat ini pembangunan tahap pertama sebanyak 82 unit. Tahap kedua pun sudah akan dibangun,” terangnya.

Kawasan CitraLand City Losari
Kawasan CitraLand City Losari, Kota Makassar./ Foto: Pio

Selain hunian tapak, saat ini pun sedang dilakukan pembangunan Delft Apartment yang lokasinya bersebelahan dengan Universitas Ciputra, yang sudah lebih dahulu beroperasi sejak 2021.

Penjualan apartemen tersebut sudah mencapai 80% dari total 580 unit. Harganya berkisar mulai Rp680 jutaan, naik dari harga awal di 2019, yakni Rp585 jutaan.

Baca Juga: Sinar Mas Land Beri THR di Program Double Dream 2022

Selain itu, Ciputra juga memasarkan 3 kavling siap bangun dengan harga Rp34 miliar, dimana 2 kavling sudah terjual.

Secara keseluruhan, kenaikan harga yang terjadi dalam kurun waktu 2015 hingga 2021, sebesar sekitar 50-60%.

“Tahun 2015, harga tanah hunian di sini masih berkisar Rp11 jutaan/m2, namun saat ini paling minimal di Rp18 juta/m2. Sedangkan tanah untuk bisnis sampai Rp28 juta/m2,” tambah Anas.

Baca Juga: Dekoruma Buka 2 Experience Center di Kota Surabaya

Dari profil pembeli, sebanyak 75% merupakan warga Makassar, 10% dari daerah lain di Sulawesi Selatan, dan luar biasanya 9% pembeli dari Papua.

Repeat order kami juga cukup tinggi, 30% lebih,” tambahnya.

Destinasi Wisata

Jembatan Phinisi di kawasan Center Point Of Indonesia
Jembatan Phinisi di kawasan Center Point Of Indonesia./ Foto: Pio

Sejak dibuka untuk publik pada Februari 2022 lalu, CitraLand City Losari di kawasan Center Point Of Indonesia ini telah menjelma menjadi destinasi wisata baru di Kota Anging Mamiri.

Menurut Anas, tingginya antusias pengunjung tersebut lantaran setiap sudut kawasan ditata dengan sangat baik dan indah. Dengan demikian, area-area tersebut selalu dijadikan spot foto juga video oleh pengunjung, baik dari Kota Makassar maupun dari daerah lain.

Baca Juga: Terjaring 78 Peserta Lolos Tahap Administrasi Sayembara Konsep Kawasan IKN

Mulai dari gerbang masuk bola dunia, kemudian Jembatan Phinisi, taman-taman di sepanjang boulevard, hingga tepi pantai di area kuliner Sunset Quay, selalu ramai dipadati masyarakat umum.

“Antusiasme masyarakat luar biasa sekali. Kawasan kami ini terus-terusan viral, karena banyak spot foto instagramable di sini,” terang Anas.

“Bahkan tangga menuju rooftop di kantor marketing gallery ini juga selalu dijadikan ajang foto prewedding,” lanjutnya.

Baca Juga: Gelar Annual Awards Perdana, MR Realty Targetkan Transaksi Hingga Rp9 Triliun

Kini, CitraLand City Losari di kawasan Center Point Of Indonesia telah menjadi ikon dan kebanggan Kota Makassar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU