Iklan Mesin Cuci Sharp
Friday, July 19, 2024

Pilih Mana, Bangun Rumah, Renovasi atau Perbaiki: Sebelum Ambil Keputusan, Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Jika mendambakan kebebasan desain tanpa batas dan anggaran besar sudah siap, maka membangun rumah baru adalah pilihan tepat.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pilih mana, bangun rumah, renovasi atau perbaiki rumah yang ada? Pertanyaan ini biasanya akan dihadapi oleh pasangan muda atau siapapun yang ingin meningkatkan kualitas hidupnya melalui hunian yang diidamkan.

Bagi Anda yang masih bingung, apakah bangun rumah, memulai dari awal, atau cukup dengan merenovasi dan melakukan perbaikan saja?

Baca Juga: Bangun Tangga di Rumah? Hati-Hati, Cek Pedoman Membangun Tangga yang Ideal!

Sebelum mengambil keputusan, yuk kita simak beberapa hal yang perlu diketahui, sebagaimana dipaparkan oleh Gravel, perusahaan teknologi di bidang konstruksi.

Bangun Rumah Baru

Membangun rumah dari awal adalah pilihan ideal jika Anda memiliki visi yang jelas tentang rumah impian dan ingin setiap detailnya sesuai kebutuhan dan keinginan penghuni rumah.

Seperti menggambar di kanvas kosong, Anda bisa menentukan sendiri desain, tata letak, material, dan fitur rumah sesuai selera dan gaya hidup.

Baca Juga: Agar Rumah Lebih Homey, Lakukan 5 Tips Berikut Ini!

Namun, banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika akan bangun rumah baru, antara lain investasi waktu, tenaga, dan biaya yang besar. Yang pasti dan paling utama, Anda sudah menyiapkan lahan dulu.

Proses lain yang harus dilewati adalah mengurus perizinan (IMB), menyewa arsitek dan kontraktor, tukang, belanja material, serta memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

Renovasi Rumah

Ini solusi untuk transformasi rumah dan menjadi pilihan tepat jika Anda ingin merombak sebagian atau seluruh bagian rumah yang sudah ada.

Mungkin Anda ingin menambah kamar, memperluas dapur, atau mengubah tampilan fasad rumah.

Renovasi memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan rumah dengan kebutuhan dan preferensi Anda tanpa harus membangun dari awal.

Baca Juga: The Westin Surabaya Kenalkan Generasi Terbaru Heavenly Bed

Dari segi biaya yang harus Anda keluarkan untuk renovasi dapat bervariasi tergantung pada skala proyek dan material yang digunakan.

Penting untuk merencanakan dengan matang dan memilih kontraktor yang bisa diandalkan atau tukang yang terpercaya untuk memastikan hasil yang memuaskan.

Perbaikan Rumah

Pilihan ini dapat diambil bagi Anda yang ingin menjaga kondisi rumah tetap prima. Perbaikan rumah berfokus pada pemeliharaan dan perbaikan kerusakan pada bagian tertentu, seperti atap bocor, dinding retak, atau masalah kelistrikan.

Perbaikan atau pemeliharaan rutin penting untuk menjaga kualitas bangunan dan kenyamanan rumah Anda, namun sayangnya banyak yang sering mengabaikan.

Biaya perbaikan biasanya lebih terjangkau daripada renovasi atau membangun rumah baru.

Baca Juga: KVP Bina Propertindo Luncurkan Casa Valli Seharga Rp1,7 Miliar, Langsung Terjual 50 Persen

Fredy Yanto, Co-Founder dan Co-CEO Gravel, berpendapat bahwa kebanyakan pemilik rumah sering mengabaikan perbaikan rumah yang level kerusakannya kecil.

“Ini sangat disayangkan, padahal kalau mereka tahu kerusakan kecil bisa berkembang menjadi kerusakan besar tanpa kita sadari,” katanya.

Makanya, lanjut Fredy, pemeliharaan dan perbaikan rumah secara rutin itu penting agar kualitas rumah tetap baik.

“Dan yang paling penting, biaya yang dikeluarkan juga tidak membengkak,” tegasnya.

Pertimbangan Beberapa Faktor Berikut Ini

Sebelum Anda memutuskan untuk bangun rumah baru, renovasi atau melakukan perbaikan rumah, maka perlu mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

Kebutuhan: Apa yang ingin Anda capai? Apakah Anda butuh ruang lebih, fungsi baru atau hanya ingin menyegarkan tampilan rumah?

Baca Juga: Sukses Terapkan Sustainable Development, NavaPark Permudah Konsumen Miliki Properti Melalui Green Financing

Kondisi Rumah: Jika rumah sudah tua atau rusak, pertimbangkan apakah membangun ulang mungkin lebih baik? Jika kondisinya masih baik, renovasi bisa menjadi pilihan.

Anggaran: Berapa banyak dana yang Anda siapkan?

Waktu: Berapa lama waktu yang Anda miliki dan bisa Anda sisihkan untuk menyelesaikan proyek tersebut?

konsep rumah tumbuh dan konsep rumah mezzanine
Ilustrasi – Tukang mengerjakan sebuah bangunan rumah. (Dok. Gravel)

Georgi Ferdwindra Putra, Co-CEO dan Co-Founder Gravel, menambahkan, jika mendambakan kebebasan desain tanpa batas dan anggaran besar sudah siap, maka membangun rumah baru adalah pilihan tepat.

Kemudian, kata dia, jika ingin mengubah rumah eksisting dengan biaya yang lebih terjangkau, renovasi bisa menjadi solusi.

Baca Juga: Panel Insulasi, Solusi Tepat dan Cepat Rumah Harga Terjangkau

“Sementara itu, perbaikan rumah cocok untuk menjaga kondisi rumah tetap baik dan mengatasi masalah kecil,” jelasnya.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Sharp Plasmacluster
Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page