Thursday, May 23, 2024

150 Tahun Geberit: Pionir Industri Saniter yang Mendunia, Ternyata Berawal dari Usaha Perseorangan

Usaha keluarga yang bersahaja pada masa lalu kini telah berkembang menjadi pemimpin pasar Eropa di segmen produk saniter.

PropertiTerkini.com, (SINGAPURA) — Produsen produk saniter asal Eropa, Geberit, merayakan hari jadi ke-150 tahun. Grup perusahaan yang kini telah mendunia itu, ternyata berawal dari usaha perseorangan.

Sejarah Geberit berawal pada tahun 1874 sebagai usaha perseorangan yang beroperasi di sebuah kota bersejarah di Swiss, Rapperswil.

Baca Juga: Alasan Toilet Tanpa Tangki dari Geberit Jadi Pilihan Hotel-hotel di Asia Utara dan Tenggara

Tiga puluh tahun berselang, pendiri Geberit, Albert Gebert merancang tangki berbahan kayu dengan lapisan timah di dalamnya (lead-lined wooden cistern).

Kisah sukses ini berlanjut dengan penemuan tangki pertama yang berbahan plastik pada tahun 1952 dan tangki yang tersembunyi di dalam dinding (concealed cistern) pada tahun 1964.

Kini, Geberit, berkantor pusat di Rapperswil-Jona, mempekerjakan lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia dan memiliki 26 fasilitas produksi.

Pada tahun 2024, Geberit Group mengenang sejarah perkembangan perusahaan selama 150 tahun terakhir.

Baca Juga: Roca Group Resmikan Terowongan Kiln Elektrik Pertama di Dunia untuk Produksi Keramik Sanitasi

Sejak berdiri pada tahun 1874 di Rapperswil, Danau Zurich, Swiss, Geberit telah menjadi pionir di industri saniter.

“Solusi sistem yang lengkap dari Geberit terus menjadi standar industri, baik pada masa lalu, masa kini, dan masa depan,” ujar Christian Buhl, CEO, Geberit.

industri produk saniter
Produk “concealed cistern” pertama – Produk “concealed cistern” pertama dari Geberit (UP 15.000) dan produk “actuator plate” pertama dari Geberit yang dibuat pada 1964. (Dok. Geberit)

Geberit Terus Berinovasi Produk Saniter Selama 150 Tahun

Instalatur, distributor besar, pemilik bangunan dan konsumen akhir sudah mengandalkan keunggulan inovatif Geberit selama 150 tahun.

“Membuat produk dengan mutu yang semakin baik menjadi kredo kami sejak awal. Dengan demikian, kami selalu memprioritaskan pelanggan,” ungkap Christian Buhl.

Baca Juga: Panel Surya HJT Menghasilkan Kinerja Listrik Lebih Tinggi hingga 3,58 Persen per Bulan

Salah satu contoh dari keunggulan inovatif ini adalah concealed cistern (UP) buatan Geberit yang dilansir pada tahun 1964.

Sekarang, produk UP Geberit dan rangka instalasi Geberit Duofix berwarna biru telah menjadi standar di industri saniter.

pendiri perusahaan geberit
Keluarga Gebert – Foto keluarga pendiri perusahaan: Albert Gebert dan sang istri Josefina bersama kedua putranya Albert Emil (kiri) dan Leo, pada 1892. (Dok. Geberit)

DNA Perusahaan Geberit yang Stabil

Nilai-nilai dan tujuan Geberit sebagian besar tidak berubah selama 150 tahun terakhir, seperti sikap rendah hati, prioritas pada kualitas, dan upaya mengejar kesempurnaan masih menjadi ciri khas budaya perusahaan Geberit hingga saat ini.

Baca Juga: Toilet Pintar Formation 02 Edisi Terbatas Diluncurkan oleh Kohler dan SR_A

Usaha keluarga yang bersahaja pada masa lalu kini telah berkembang menjadi pemimpin pasar Eropa di segmen produk saniter.

Hari ini, Geberit Group yang berskala global mempekerjakan lebih dari 10.000 pegawai dan mengelola 26 pabrik, empat di antaranya berada di luar Eropa.

Perayaan yang Meriah

toilet tanpa tangki Geberit
Toilet tanpa tangki dari Geberit. Salah satu inovasi dan penemuan kekinian dari Geberit. (PRNewsfoto/Geberit North and South East Asia)

Geberit merayakan hari jadinya bersama pegawai, pelanggan, dan mitra. Berbagai kegiatan dan perayaan akan digelar sepanjang tahun.

Baca Juga: 520 Fifth Avenue, Menara Hunian Tertinggi di Fifth Avenue Mulai Dipasarkan

Geberit mengenang perjalanan selama 150 tahun terakhir dengan meluncurkan sebuah buku dan situs tentang sejarah perusahaan.

[Sumber: PRNewswire]
Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Sharp Plasmacluster
Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page