(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Monday, July 22, 2024
Iklan Youtube Properti Terkini

Enlit Asia 2023, Solusi Industri Teknologi Energi Menuju Net Zero Emission 2060

Sejumlah pakar energi dan pemimpin industri teknologi energi dunia hadir untuk memaparkan berbagai solusi dan inovasi teknologi energi terkini.

PropertiTerkini.com, (SERPONG) — Pameran Hari Listrik Nasional ke-78 Enlit Asia 2023 digelar dari tanggal 14 hingga 16 November 2023 mendatang.

Pameran dibuka Wakil Presiden Republik Indonesia yang diwakili Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria, Selasa pagi (14/11/2023) di Indonesia Convention Exhibition, BSD City (ICE BSD), Gate D Hall 6, Serpong, Tangerang.

Baca Juga: Hari Listrik Nasional Ke-78 Enlit Asia 2023: Event Industri Energi dan Kelistrikan Siapkan Solusi Trasisi Energi Menuju Energi Bersih

Dengan mengusung tema “Strengthening Asean Readiness in Energy Transition”, pameran ini fokus membahas isu-isu penting yang selaras dengan upaya Indonesia dalam menghadapi tantangan energi masa depan, termasuk pencapaian target Net Zero Emission di tahun 2060.

Wamenkominfo Nezar mengatakan, Kementerian Kominfo berkomitmen untuk membantu diseminasi informasi terkait transisi energi.

“Indonesia memiliki cadangan sumber energi baru terbarukan (EBT) nomor dua terbesar di dunia dengan bauran berbagai potensi energi. Sebagai Government Public Relations (GPR), Kominfo tentu berkomitmen untuk terus membantu diseminasi informasi terkait transisi energi,” ujarnya.

Baca Juga: Dukung Indonesia Capai Target Net Zero Emission, SCG Dorong Penerapan ESG dan Kolaborasi Lintas Sektor

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia & Ketua Pelaksana HLN78, Arsyadany G Akmalaputri menjelaskan, untuk membuat ekosistem kelistrikan yang baik dan bebas emisi, pihaknya sudah berkolaborasi dengan PLN sebagai operator listrik di Indonesia.

“Kolaborasi ini penting sekali karena ada challenge (tantangan), dari sisi research and development untuk mengimplementasikan energi baru, kemudian teknologi, kapasitas industrinya, sumber daya manusianya, tenaga ahlinya, serta yang paling penting isu tingkat komponen dalam negeri (TKDN),” jelas Arsya.

Selain itu, Arsya mengungkapkan, tantangan lain yang juga harus dihadapi PLN untuk mewujudkan transisi energi ini adalah kapasitas konsultan, efisiensi kontraktor atau kemitraan. Oleh karena itu, pihaknya berupaya untuk mewadahi hal tersebut.

Baca Juga: Ditopang PPN DTP, Metland Optimis Capai Target Tahun Ini

Sementara itu, Portofolio Director Energy Clarion Asia Events, Simon Hoare menuturkan, Enlit Asia 2023 berkomitmen kuat mendukung transisi energi di kawasan ASEAN.

“Kegiatan ini akan mencapai puncaknya di Jakarta tahun ini, kami akan melakukan pertemuan besar yang melibatkan para pakar ketenagalistrikan ASEAN dan sekitarnya,” katanya.

Hadir dalam pameran ini, perwakilan 350 peserta dari seluruh dunia. Masing-masing peserta memamerkan teknologi dan inovasi energi terbaru mereka yang mendukung transisi energi di kawasan ASEAN.

Tidak hanya itu, sejumlah pakar energi dan pemimpin industri energi dunia juga turut hadir untuk memaparkan berbagai solusi energi terkini dan beberapa studi kasus tentang pemanfaatan teknologi energi terbaru di dunia.

Baca Juga: Kota Deltamas Menuju Kota Masa Depan Ramah Lingkungan

Pameran Hari Listrik Nasional ke-78 Enlit Asia 2023 dibuka oleh Wamenkominfo, Nezar Patria
Pameran Hari Listrik Nasional ke-78 Enlit Asia 2023 dibuka oleh Wamenkominfo, Nezar Patria, Selasa pagi (14/11/2023), di ICE BSD City, Serpong, Tangerang. (Foto: Istimewa)

Pertunjukan seni tari Bhineka Tunggal Ika yang sangat fenomenal dan menarik perhatian peserta pameran, menjadi pembuka Enlit Asia 2023.

Narasumber sumber yang hadir dalam sesi diskusi energi listrik terbarukan diantaranya yaitu Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Ir. Ida Nuryatin Finahari, M.Eng, Direktur Manajemen Resiko PLN Suroso Isnandar, Sekretaris Jenderal Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia & Ketua Pelaksana HLN78 Arsyadany G Akmalaputri serta Event Director, Energy Portfolio Clarion Asia Events Simon Hoare.

Baca Juga: 25 Tahun Berkarya dan Komitmen Berkelanjutan APRIL Menjaga Lingkungan Melalui “PaperOne”

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page