Sunday, September 26, 2021

Tips Pemasaran Online Bagi Usaha Kecil

Para pengusaha pemula ataupun yang sudah menjalankan usaha kecil menengah, baiknya mengikuti beberapa saran dan tips pemasaran online berikut ini. Sangat mudah dan praktis untuk masa kini.

PropertiTerkini.com – Bagi usaha kecil menengah (UKM), apalagi yang baru mulai dirintis, pemasaran bisa saja menjadi hal yang rumit. Tapi, percayakah Anda, hanya dengan beberapa aksi saja, persoalan Anda ini bisa teratasi?

Pada tahun ini, UKM tentu punya tantangan yang berbeda dari sebelumnya, dan ke depannya pun pasti akan berbeda lagi, bahkan cenderung jauh lebih berat (kompetitif) dari saat ini. Demikian dalam hal pemasaran, tentu tensinya pun akan meningkat, seiring semakin banyaknya perusahaan lain yang mungkin menawarkan produk yang hampir sama.

Maka dari itu, solusinya adalah segeralah memperluas brand juga pemasaran Anda agar lebih cepat diketahui dan lebih luas pula jangkauannya. Untuk itu, gunakanlah internet sebagai perpanjangan tangan Anda dalam menyeberluaskan berbagai informasi, baik perusahaan, dan utamanya produk-produk Anda tersebut.

Perlu diketahui pula, bahwa kini, internet juga telah menciptakan dunia yang kompetitif bagi sesama usaha kecil menengah. Demikian halnya pembeli, lebih cenderung mencari dan mendapatkan segala sesuatu via internet. Untuk itu, menjadi sebuah keharusan bagi UKM untuk segera memiliki web atau memasarkan produknya melalui internet.

Sebagai catatan, jika Anda memiliki web sendiri, maka web tersebut harus secara berkala dikelola dengan baik, dengan memberikan tampilan yang semenarik mungkin, juga menghadirkan produk-produk yang dicari calon pembeli.

Berikut adalah beberapa tips pemasaran online yang sederhana untuk membantu para pemilik usaha kecil agar dapat menarik perhatian dan meningkatkan pemasaran melalui internet, seperti yang disimpulkan dari businessreviewcanada:

Mulai Blog

Blog seperti WordPress dan Tumblr, dan Blogspot merupakan layanan gratis di internet yang dapat dengan mudah digunakan oleh pelaku usaha kecil untuk menghadirkan produknya secara online.

Nah, agar dapat menarik perhatian pengunjung, buatlah semenarik mungkin, mulai dari tampilannya, postingan, baik berita maupun informasi soal produk yang sesederhana mungkin. Buatlah juga penawaran diskon dan lainnya, agar pengunjung lebih betah di akun blog Anda.

Buat Halaman Facebook

Halaman ini juga gratis. Sebagaimana fungsinya sebagai media sosial, Facebook sangat mudah digunakan, dan lebih bagus dalam berinteraksi dengan pelanggan maupun pengunjung lain. Tidak seperti blog, di sini lebih mudah Anda menampilkan alamat web atau blog Anda, sehingga dengan mudah pula pengunjung mengakses langsung ke alamat tersebut.

Dan, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah selalulah menjawab pertanyaan dari para pelanggan atau pengunjung. Berikan jawaban yang rasional dan memuaskan mereka. Jangan sekali-kali mengecewakan pengunjung atau pelanggan Anda, karena mereka dapat meninggalkan Anda.

Promosi ke Web Lain

Nah, hal berikut ini yang masih sering disepelehkan oleh pemilik UKM, terutama yang telah memiliki web, blog atau Facebook sendiri. Meskipun Anda telah memiliki akun di internet, seperti web, blog atau Facebook, namun tidak ada salahnya jika Anda pun mencoba mengiklankan produk-produk Anda di website atau media online yang lain.

Iklan baris (listing) adalah salah satu contoh yang mungkin bisa Anda lakukan di web lain, seperti di beberapa portal penjualan yang ada. Web ini memiliki target pasar yang jelas dengan member ribuan perusahaan dan berbagai latar belakang pengunjung, baik dari pebisnis atau profesional, juga masyarakat umum. Website ini tentu sangat cocok bagi para pelaku UKM.

Anda punya akun Facebook, blog atau web sendiri, tapi apakah Anda bisa mendatangkan ribuan atau ratusan ribu pembaca setiap harinya? Apakah Anda sanggup melayani semua yang ditanyakan pelanggan atau pengunjung Anda?

 

Demikian beberapa tips pemasaran online yang sangat mudah dijalankan, termasuk oleh para pegiat usaha kecil menengah.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU