Saturday, October 23, 2021

Presiden Joko Widodo Resmikan Rusun Pasar Rumput

Terintegrasi dengan Terminal Manggarai dan Halte Transjakarta, rusun Pasar Rumput akan mempermudah mobilitas penghuninya.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono meresmikan rumah susun (rusun) Pasar Rumput, Jakarta, yang terintegrasi dengan pasar dan sarana transportasi Transjakarta.

“Adanya Rusun Pasar Rumput ini dapat mempermudah masyarakat untuk memiliki hunian layak sekaligus melakukan aktivitas ekonomi, seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya,” ujar Presiden Joko Widodo, saat Peresmian rusun Pasar Rumput di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Rusun Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Rusun Pasar Rumput adalah proyek yang dibangun oleh Kementerian PUPR dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp 970 Miliar. Menurut Presiden Jokowi, Kementerian PUPR telah membangun rusun Pasar Rumput menjadi hunian yang istimewa karena dibangun berdasarkan konsep mixed use development, yaitu tidak hanya rusun yang berfungsi sebagai hunian tapi juga dilengkapi dengan fasilitas hunian yang lengkap dengan pasar serta fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Lokasi Rusun Pasar Rumput juga sangat strategis karena dibangun tidak jauh dari Terminal Manggarai dan saat ini sudah terintegrasi dengan sarana transportasi yakni Halte Transjakarta sehingga mempermudah mobilitas masyarakat dengan menggunakan kendaraan umum.

Rusun ini memiliki tiga tower dengan masing-masing tower setinggi 25 lantai dan dilengkapi dengan lift. Pemanfaatan rusun ini selain untuk hunian, di lantai satu digunakan sebagai pasar dengan jumlah kios sebanyak 318 kios dan 350 los dan di lantai dua juga digunakan untuk pasar dengan jumlah kios 649 kios.

Baca Juga: Selain KPR, Kenali 4 Jenis Pinjaman Bank Sebelum Beli Rumah

Adapun di lantai tiga dibangun sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti PAUD, masjid dan ruang terbuka. Sedangkan lantai empat hingga 24 diperuntukkan sebagai hunian masyarakat sebanyak 1.984 unit tipe 36. Setiap unit saat ini juga telah dilengkapi dengan pendingin udara atau AC, AC Standing lima unit dan kipas angin.

Pembangunan Rusun Pasar Rumput termasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di DKI Jakarta. Rusun ini diharapkan dapat menaungi kawasan kumuh serta menyediakan hunian layak bagi masyarakat.

Menurut Jokowi, Rusun Pasar Rumput juga dapat difungsikan untuk menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak Program Normalisasi Sungai untuk mengantisipasi penanganan banjir di Ibukota Jakarta.

Baca Juga: Pengembang Kota Deltamas Raih Penghargaan Emiten Terbaik Sektor Properti

Presiden berharap rusun dapat meringankan beban masyarakat, khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman, terjangkau, dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat.

BERITA TERKAIT

Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

BERITA TERBARU