Iklan Mesin Cuci Sharp
Thursday, May 23, 2024
Iklan Youtube Properti Terkini

Layanan Jalan dan Tol Baru Dorong Kelancaran Selama Nataru 2023

Jalan tol fungsional baru sepanjang 115 km untuk membantu kelancaran lalu lintas.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mendukung upaya peningkatan kelancaran arus lalu lintas dalam rangka perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah dalam Rapat Evaluasi bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis (18/1/2023).

Menurut Zainal, secara umum arus mudik/balik pada jalan tol dan jalan nasional saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang lalu berjalan lancar, terutama dengan adanya tambahan jalan tol yang dibuka fungsional dan kondisi jalan nasional dengan tingkat kemantapan rata-rata di atas 95 persen.

Baca Juga: Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Diresmikan Presiden Jokowi

Jalan tol fungsional baru sepanjang 115 km untuk membantu kelancaran lalu lintas. Sedangkan untuk Jalan Nasional Pulau Jawa sepanjang 6.501 km dengan kondisi Mantap 97 persen, Jalan Nasional Provinsi Bali sepanjang 590 km kondisi mantap 99 persen.

Kemudian, Jalan Nasional Pulau Sumatera sepanjang 13.418 km kondisi mantap 95 persen, Jalan Nasional Pulau Kalimantan sepanjang 8.036 km kondisi mantap 92 persen, dan di Pulau Sulawesi sepanjang 8.794 km kondisi mantap 95 persen.

Panjang jalan tol operasional di Indonesia saat ini adalah 2.816 km yang dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada 73 ruas.

Ruas tol tersebar di Pulau Sumatera sepanjang 865 km, Pulau Jawa 1.782 km, Pulau Bali 10 km, Pulau Kalimantan s 97 km, dan Pulau Sulawesi sepanjang 62 km.

Untuk mendukung kenyamanan pengendara, terdapat 132 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang tersebar di seluruh jalan tol.

Ruas tol fungsional mendukung kelancaran Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meliputi Tol Jakarta Cikampek II Selatan (Segmen Kutanegara – Sadang, 8,5 km) dan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA (Segmen Kartasura -Karanganom, 13 km). Selain itu uga telah dilakukan perbaikan/pelebaran jalan tol Cikampek – Palimanan KM 71- KM 85.

Baca Juga: Kementerian PUPR Targetkan 199 KM Jalan di Kepulauan Talaud Teraspal Mulus

Jalan tol fungsional pada Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terdapat di Pulau Sumatera yakni Tol Binjai – Langsa (Segmen Kuala Bingai – Tanjung Pura 19 km), Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Seksi JC Tebing Tinggi – SS Sinaksak 47 km), dan Tol Bangkinang – Pangkalan (Segmen Bangkinang – Tanjung Alai 27 km).

Zainal mengatakan, Kementerian PUPR juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, POLRI (Korlantas) dan BUJT dalam pembatasan dan pengalihan kendaraan angkutan barang yang melintas di jalan tol.

Peningkatan kapasitas jalan dengan penerapan contra flow/buka-tutup jalan tol secara kondisional berdasarkan pemantauan lalu lintas di lapangan (CCTV/RTMS) atau sesuai pengaturan Korlantas Polri.

Secara rinci, dukungan lain yang diberikan Kementerian PUPR antara lain menyiapkan mobile reader, gardu transaksi beroperasi secara penuh, dan penyiagaan genset 24 jam, optimalisasi penggunaan Rest Area Management System (RAMS), CCTV untuk pemantauan kapasitas parkir serta pengawasan keamanan dengan menugaskan personil satgas.

Baca Juga: Dukung Pelaku Usaha, Beam Mobility Luncurkan Beam Business Partner

Sementara itu Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus dalam kesimpulan rapat mendorong untuk terus diselesaikan pembangunan jalan tol di seluruh Indonesia, mengingat manfaatnya untuk meningkatkan konektivitas terutama dalam mendukung arus mudik seperti dalam Libur Natal dan Tahun Baru.

Baca berita lainnya di GoogleNews
- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

RHVAC - 2023
RHVAC - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page