Monday, August 15, 2022

Kementerian PUPR Minta Data Valid Penerima Huntap Tahap 2 di Sulteng

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (SULAWESI TENGAH) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk memastikan data calon penerima bantuan hunian tetap (huntap) tahap kedua.

Selain itu, kesiapan lahan serta administrasi terkait serah terima aset juga perlu disiapkan agar memberikan jaminan kepastian hunian bagi masyarakat.

Baca Juga: Kementerian PUPR Serahterimakan 300 Unit Huntap di Adonara

“Kami harap pemerintah daerah bisa menetapkan calon penerima bantuan huntap ini. Hal ini diperlukan supaya target pembangunan huntap bisa berjalan dengan baik di lapangan,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Sulawesi Tengah, Jum’at (5/8/2022).

Menurut Iwan, berbagai program pembangunan infrastruktur dan perumahan terus dibangun Kementerian PUPR untuk masyarakat terdampak bencana alam di Sulteng. Selain itu, di sektor pendidikan Kementerian PUPR juga membangun gedung-gedung sekolah yang rusak serta rumah susun untuk mahasiswa di perguruan tinggi.

Sejauh ini Kementerian PUPR telah menerima data dari BNPB mengenai data rumah rusak dan kebutuhan relokasi warga berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 360/006/BPBD-G-ST/2019 tertanggal 8 Januari 2019.

Baca Juga: Masyarakat Alor Siap Huni Rusus dari Kementerian PUPR

Dari data BNPB diketahui bahwa jumlah rumah rusak mencapai 100.028 unit yang tersebar di empat wilayah yakni Kota Palu 42.864 unit, Kabupaten Sigi 30.236 unit, Kabupaten Donggala 21.378 unit dan Kabupaten Parigi Moutong 5.550 unit.

“Dari jumlah tersebut kebutuhan rumah masyarakat yang harus direlokasi sebanyak 11.788 unit. Kementerian PUPR berencana membangun 8.788 unit dan sisanya 3000 dari NGO,” ujar Iwan.

Saat ini, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan hunian tetap tahap 1 sebanyak 1.679 unit. Masyarakat juga sudah menghuni huntap yang dibangun dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (risha) yang tahan gempa serta memulai kehidupan baru bersama keluarga.

Baca Juga: Kementerian PUPR Selesaikan 1.951 Huntap Bagi Korban Erupsi Gunung Semeru

“Kami ingin seluruh warga terdampak yang memang benar-benar membutuhkan hunian bisa tinggal di huntap,” ujar Iwan.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi II, Bakhtiar bersama Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah, Erpika Ansela Surira mengatakan, seluruh huntap akan diupayakan bisa segera dihuni oleh masyarakat terdampak bencana di Sulteng.

Pihaknya juga telah menyerahkan kunci huntap kepada pemerintah kabupaten atau kota serta masyarakat serta melengkapi berbagai fasilitas yang ada di kawasan huntap.

Baca Juga: Rumah Subsidi Makin Nyaman Dengan Program PSU

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pemda agar kesiapan lahan dan data penerima bantuan bisa ditetapkan,” ujar Erpika.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU