Iklan Youtube Properti Terkini
Sunday, April 14, 2024

Dukungan Bank BTN Lewat Penyaluran KPR Subsidi untuk Program Sejuta Rumah

Realisasi pencapaian KPR Subsidi Bank BTN dari tahun 1976 hingga 2023 tercatat 4,05 juta unit di seluruh wilayah Indonesia.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Dukungan Bank BTN melalui penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi untuk masyarakat dinilai sangat mendukung capaian Program Sejuta Rumah.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, M Hidayat, saat mengikuti Sharing Session terkait Penyaluran KPR Subsidi di Indonesia Tahun 2024, di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Baca Juga: Gelar Akad Kredit Massal Bersama BTN Kanwil 1, GCC 2 Jadi Perumahan Favorit di Cikarang

Menurut Hidayat, pihaknya akan terus berupaya melakukan sinergi serta koordinasi dengan para mitra kerja di bidang perumahan di Indonesia.

Seperti pemerintah daerah, pengembang perumahan, perbankan, sektor swasta dan masyarakat dalam pelaksanaan program penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat.

Sejumlah program perumahan yang dimiliki Kementerian PUPR, seperti rumah susun, rumah khusus, dan rumah swadaya melalu penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Termasuk juga program pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk rumah bersubsidi.

Baca Juga: Kolaborasi Kementerian PUPR dan BSI Dukung Program BSPS di Kalsel

“Kami harap dukungan Bank BTN melalui penyaluran KPR-nya terus dilakukan. Guna membantu masyarakat berpenghasilan rendah agar dapat memiliki rumah bersubsidi dengan harga terjangkau dan angsuran yang tetap,” harap Hidayat.

Sementara itu Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Hirwandi Gafar menyampaikan bahwa Bank BTN siap mendukung penuh Program Sejuta Rumah (PSR).

Apalagi, menurut dia, PSR merupakan salah satu Program Strategis Nasional yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 2015.

“Bank BTN siap membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di sektor perumahan melalui sejumlah program pembiayaan perumahan yang terjangkau,” terangnya.

Baca Juga: Huntap Warga Terdampak Bencana di Sulteng Siap Dihuni

Dukungan Bank BTN Terus Dilanjutkan

Bank Tabungan Negara (BTN) akan terus memberikan dukungannya dalam menyalurkan kredit pemilikan rumah, termasuk rumah subsidi bagi MBR.

Bank BTN, sebut Hirwandi, merupakan bank yang benar-benar fokus pada sektor perumahan di Indonesia.

Adanya bantuan pembiayaan perumahan berupa KPR bersubsidi diharapkan juga mampu memacu semangat pengembang dan masyarakat untuk memiliki rumah layak huni.

Baca Juga: Gelar Akad Kredit Massal Bersama BTN Kanwil 1, GCC 2 Jadi Perumahan Favorit di Cikarang

“Adanya pembangunan rumah untuk masyarakat diharapkan juga mampu mewujudkan keluarga yang bahagia, sehat dan memiliki harapan baru,” ungkap Hirwandi.

Hirwandi menjelaskan, pencapaian penyaluran KPR subsidi Bank BTN per Desember 2023 lalu sebanyak 167.346 unit.

Penyaluran KPR tersebut terdiri dari KPR Sejahtera dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) BTN sebanyak 161.562 unit dan KPR Tapera BTN sebanyak 5.784 unit.

Baca Juga: Inspirasi Warna Cat Rumah Sambut Momen Manis Idul Fitri

“Realisasi pencapaian KPR Subsidi Bank BTN dari tahun 1976 hingga 2023 tercatat 4,05 juta unit di seluruh wilayah Indonesia,” terang Hirwandi.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Paramount 7 Maret 2023
Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page