Iklan Mesin Cuci Sharp
Friday, July 19, 2024
Banner Louis

2.100 Rumah Khusus Gratis Bagi Warga Pejuang Eks Timor Timur Mulai Dibangun

Rumah khusus yang dibangun memiliki tipe 36 dengan luas tanah berukuran 10 x 15 meter atau 150 meter persegi.

PropertiTerkini.com, (KUPANG) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan memulai pembangunan sebanyak 2.100 unit rumah khusus (rusus) untuk para pejuang eks Timor Timur yang bermukim di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur NTT).

Rusus gratis tersebut dibangun dengan menggunakan teknologi rumah tahan gempa (RTG) Rumah Instan Sedehana Sehat (RISHA) tipe 36 dengan luas tanah kavling 150 meter persegi dan akan diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya sama sekali.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun 100 Unit RISHA Bagi Korban Bencana Longsor di Serasan Kepri

“Pembangunan rumah khusus ini kami berikan secara gratis dan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi pemerintah terhadap para warga pejuang eks Timor Timur. Kami ingin mereka ikut merasakan hasil pembangunan rumah yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Nusa Tenggara II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Yublina Dila Bunga menerangkan, saat ini proses pembangunan rumah tersebut telah dimulai dan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh perwakilan Kementerian PUPR dan pemerintah daerah setempat.

Guna mempercepat proses pembangunan rumah khusus tersebut, pihaknya juga akan menggunakan teknologi RTG RISHA sehingga prosesnya lebih cepat.

Baca Juga: Amesta Living Surabaya Luncurkan 3 Tipe Rumah Baru, Mulai Rp1 Miliar

Direktorat Jenderal Perumahan juga akan berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya dalam rangka penyediaan infrastruktur permukiman mengingat jumlah kebutuhan rumah khusus yang akan dibangun cukup besar.

Beberapa hal yang menjadi fokus pembangunan dalam skala kawasan permukiman yang diperlukan yakni pematangan lahan, kavling, site plan, jaringan air bersih dan sanitasi beserta fasilitas umum dan sosial.

“Dalam memberikan bantuan perumahan ini pemerintah tidak memungut biaya apapun kepada masyarakat Pejuang Eks Timor Timur. Pihaknya juga meminta agar masyarakat melaporkan apabila ada oknum yang datang dan meminta uang administrasi untuk mendapatkan bantuan perumahan karena bantuan ini gratis,” katanya.

Baca Juga: Kuartal I 2023 Tercatat Program Sejuta Rumah Capai 298.203 Unit

Berdasarkan data yang ada, rumah khusus yang dibangun memiliki tipe 36 dengan luas tanah berukuran 10 x 15 meter atau 150 meter persegi. Kementerian PUPR juga akan melengkapinya sarana dan prasarana dasar permukiman antara lain jaringan air bersih, jalan lingkungan, dan fasilitas umum lainnya.

Pelaksanaan pekerjaan pembangunan rumah khusus bagi warga pejuang Timor Timur dibagi dalam tiga paket pekerjaan fisik yakni Pekerjaan Pembangunan Rumah Khusus Paket I dilaksanakan sebanyak 727 unit oleh PT Brantas Abipraya (Persero) dan Paket II sebanyak 687 unit oleh PT Nindya Karya (Persero).

Selanjutnya untuk Paket III sebanyak 686 unit dilaksanakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan Konsultan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rumah Khusus Bagi Warga Pejuang Timor Timur dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero).

Baca Juga: Program Bedah Rumah di Sleman Disambut Antusias Masyarakat

“Pembangunan rumah bagi warga eks Timor Timur dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara II Direktorat Jenderal Perumahan. Rumah khusus akan dibangun dengan RTG RISHA, yang memiliki keunggulan tahan gempa, dan pelaksanaan lebih cepat,” terang Yublina.

Bupati Kupang, Korinus Masneno yang hadir dalam prosesi peletakan batu pertama rusus tersebut mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan pemerintah Indonesia terhadap warga pejuang Eks Timor Timur. Menurutnya kebutuhan rumah layak huni menjadi salah satu kebutuhan dasar sehingga sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah yang membangun rusus ini. Rumah yang dibangun memiliki jumlah yang cukup besar sehingga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan rumah warga eks pejuang Timor Timur yang berada di Kabupaten Kupang,” harapnya.

Baca Juga: Synthesis Karya Pratama Mulai Bangun Apartemen The Belton Residence

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kupang, perwakilan Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Kupang, Forum Komunikasi Pejuang Timor-Timur (FKPTT) Kupang dan mitra kerja Penyedia Jasa selaku Pelaksana dari PT Nindya Karya, PT Adhi Karya Tbk, PT Brantas Abipraya dan PT Yodya Karya KSO PT Hegar Daya serta para tokoh agama dan tokoh adat setempat.

rumah risha tahan gempa
Rumah khusus berukuran tipe 36 dengan luas tanah 10 x 15 meter atau 150 meter persegi. (Dok. PUPR)
- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page