Monday, September 27, 2021

Teknologi Johnson Controls, Solusi Hemat Energi Pusat Perbelanjaan

Praktik gedung ramah lingkungan bisa menekan biaya operasional sebesar 9%. Lebih lagi, praktik tersebut juga meningkatkan valuasi gedung sebesar 7,5% dan menaikkan imbal hasil atas investasi sebesar 6,6%.

PropertiTerkini.com, (KUALA LUMPUR) – Johnson Controls, pemimpin global untuk teknologi dan solusi pergedungan, telah terbukti membantu pusat-pusat perbelanjaan dalam menghemat energi. Bahkan sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Malaysia, yakni Sunway Pyramid berhasil menghemat biaya energi tahunan senilai lebih dari RM 3 juta sejak memasang retrofit pada 2012 lalu.

Proyek chiller plant retrofit melampaui target-target peningkatan efisiensi energi dan keberlanjutan. Sejumlah target ini ditetapkan oleh manajemen Sunway untuk mal berskala besar yang dibuka pada 1997 tersebut.

Baca Juga: Muasal Pusat Perbelanjaan yang Harus Diketahui

Dikutip dari siaran pers yang dipublikasikan PRNewswire, Johnson Controls meraih kontrak proyek retrofit dalam tender yang diadakan dalam enam tahap. Proyek ini mencakup penggantian instalasi lama guna menyingkirkan penggunaan refrigeran HCFC [Hidroklorofluorokarbon: zat kimia yang banyak digunakan sebagai refrigeran. Saat dilepaskan ke atmosfer, zat ini mengikis lapisan ozon yang melindungi bumi dan ikut menyebabkan perubahan iklim], serta meningkatkan efisiensi chiller plant room secara keseluruhan.

Lebih lagi, proyek retrofit dijalankan tanpa menghentikan aktivitas peritel dan pembelanja di mal.

Dengan area ritel seluas hampir empat juta kaki persegi, proyek retrofit ini menjadi salah satu yang terbesar untuk pusat perbelanjaan dan menjadi proyek pelopor bagi gedung ramah lingkungan di Malaysia.

Menurut perkiraan, praktik gedung ramah lingkungan bisa menekan biaya operasional sebesar 9%. Lebih lagi, praktik tersebut juga meningkatkan valuasi gedung sebesar 7,5% dan menaikkan imbal hasil atas investasi sebesar 6,6%. [Lengkapnya, baca di sini].

Baca Juga: Forest City Malaysia, Kota Canggih yang Mengguncang Masa Depan

“Mal Sunway Pyramid ialah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Malaysia. Mengingat skala dari proyek retrofit tersebut, kami harus memilih mitra dengan teknologi yang teruji, rekam jejak yang baik, serta layanan purnajual yang bagus. Johnson Controls, salah satu dari 10 besar penyedia chiller hemat energi, memenuhi sejumlah persyaratan ini. Produk chiller The YORK® telah melampaui harapan kami dalam hal kinerja dan penghematan energi,” kata Jason Chin, General Manager, Operations, Sunway Malls.

Johnson Controls merancang dan memasang perangkat lunak terintegrasi demi mengoptimalkan kinerja centrifugal water chiller (mencakup tujuh unit yang berkapasitas 1.200 TR [Ton of Refrigeration merupakan satuan daya yang mengukur kapasitas pelepasan panas pada refrigerasi dan peralatan penyejuk udara] dan satu unit yang berkapasitas 550 TR).

Solusi tersebut telah melampaui target efisiensi energi Sunway Pyramid dalam tempo setahun sejak proyek selesai dibangun. Solusi ini memberikan efisiensi plant room 0,75 kW/TR atau lebih rendah lagi, serta melebihi target penghematan konsumsi energi sebesar 30%. Sementara, karbondioksida diperkirakan berkurang 6.400 metrik ton per tahun.

Baca Juga: Tren Masa Depan, Teknologi Konstruksi Modular Dorong Sektor Properti

Solusi baru ini juga menawarkan fleksibilitas dan meningkatkan produktivitas. Aspek redundancy juga memadai untuk menjamin pendinginan udara tanpa gangguan, dan mampu menyediakan kapasitas pendinginan tambahan pada jam-jam sibuk, yakni ketika jumlah pengunjung lebih ramai di mal tersebut.

Petugas perawatan produk dapat mengelola dan memantau kinerja plant room dengan lebih baik sehingga memperbesar efisiensi secara keseluruhan, misalnya waktu respons yang lebih cepat untuk menangani gangguan apa pun.

“Johnson Controls bermisi untuk membantu para pemilik fasilitas agar mereka dapat mengoptimalkan gedung-gedungnya demi aspek kenyamanan, penghematan biaya, dan keberlanjutan yang lebih baik. Kami mendapat kehormatan karena telah berperan penting dalam transformasi Sunway Pyramid, salah satu gedung paling ternama di Selangor,” ujar Fam Wee Chean, Country General Manager, Malaysia.

Baca Juga: Cocok Untuk Perkantoran dan Ritel, Terminal Pemindaian Wajah MinMoe “Tanpa Sentuhan”

Johnson Controls terpilih untuk mengerjakan proyek di beberapa properti Sunway Group lainnya. Proyek-proyek baru ini termasuk penyediaan solusi pendinginan udara yang hemat energi di sejumlah lokasi seperti Sunway University, Sunway Velocity Hotel dan Sunway Medical Center.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU