Iklan Youtube Properti Terkini
Saturday, July 13, 2024
Banner Louis

Sewa Rumah di Jakarta Meningkat, Peminat Beli Turun

Area-area seperti Tebet, Cibubur dan Kebayoran Baru adalah yang paling diincar untuk sewa rumah di Jakarta. Sementara milenial yang ingin beli rumah harus melangkah ke kota penyangga.

Propertiterkini.com – Portal properti Lamudi.co.id beberapa waktu melakukan analisa tentang minat membeli atau sewa rumah di Jakarta. Analisa tersebut dilakukan menggunakan historical data para pencari properti melalui Google di Kota Jakarta.

Baca Juga: Cari Rumah di Jakarta? Berikut 5 Area yang Paling Diincar

Berdasarkan analisa tersebut menyebutkan bahwa minat masyarakat untuk membeli rumah di Jakarta menurun setiap tahunnya. Pada tahun 2017 jumlah orang yang berminat membeli rumah di Jakarta mencapai 319.200 orang, sementara tahun 2018 menurun mencapai 229.200 orang.

Hal ini berbanding terbalik dengan minat orang untuk sewa rumah di Jakarta. Tren pencarian informasi tentang sewa rumah di Jakarta justru mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tahun 2017 angka pencarian rumah sewa di Jakarta sebanyak 106.200 orang, meningkat di tahun 2018 menjadi 112.440 orang.

Untuk area pencarian informasi sewa rumah favorit sendiri berada di wilayah Tebet dengan rata-rata harga sewa Rp900.000 per meter persegi. Kemudian Cibubur Rp550.000 per meter persegi dan di terakhir di Kebayoran Baru dengan rata-rata harga Rp1.000.000 per meter persegi.

Baca Juga: Dapat Suntikan Modal dari Ringier AG dan Axel Springer, Ini yang Akan Dilakukan Lamudi

Menurut Mart Polman, Managing Director Lamudi.co.id, menurunnya minat seseorang untuk membeli rumah di Jakarta, karena harga rumah di ibukota sendiri saat ini sudah cukup mahal. Tidak sebanding dengan penghasilan warganya yang menerima Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp3.648.035 per bulan.

“Karena kondisi seperti inilah, makanya tak heran, saat ini banyak warga Jakarta, khususnya para milenial yang lebih tertarik untuk membeli rumah di kawasan perbatasan dengan Jakarta, seperti Bekasi, Tangerang atau Bogor,” kata Mart.

Baca Juga: Sasar Milenial, The Parc Apartment Tawarkan Lima Keunggulan

Mart melanjutkan, sulitnya masyarakat Jakarta untuk membeli rumah di ibukota tentunya harus menjadi perhatian banyak pihak. Apalagi berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bawah 49,91 persen penduduk Jakarta belum memiliki rumah. Rata-rata dari mereka tinggal bersama orang tua atau mengontrak.

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Demo Half Page