Sunday, September 25, 2022

Sayembara Rumah Sederhana Murah Sehat Digelar, Berhadiah Rp45 juta

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Guna meningkatkan kualitas serta desain rumah sederhana bagi masyarakat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan menggelar Sayembara Rumah Sederhana Murah Sehat (SMS) dengan total hadiah Rp45 juta.

Kegiatan ini terbuka bagi mahasiswa dan umum dan pendaftaran dimulai 12 – 25 September 2022 dengan kriteria desain yakni desain rumah sederhana, murah dan sehat, desain interior compact dan responsif terhadap lingkungan dan kondisi tapak.

Baca Juga: Rusun Mahasiswa IAIN Konawe Selatan Mulai Dibangun Kementerian PUPR

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menyatakan, kegiatan Sayembara Rumah SMS ini diharapkan dapat mendorong keterlibatan mahasiswa dan masyarakat umum untuk memberikan atensi dalam pembangunan hunian layak khususnya rumah sederhana.

Selain itu, kata dia, juga menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022 yang mengingatkan seluruh pihak bahwa masalah perumahan perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua kalangan.

“Sayembara Rumah SMS ini memang menjadi rangkaian kegiatan Peringatan Hapernas 2022. Kami ingin seluruh pihak bisa berkontribusi dalam Program Sejuta Rumah di Indonesia melalui desain-desain rumah sederhana yang bisa dimanfaatkan oleh Kementerian PUPR di masa mendatang,” ujar Iwan di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Himperra Didorong Tingkatkan Penyediaan Hunian Terjangkau Bagi MBR

Iwan menerangkan, kegiatan Sayembara Rumah SMS ini terbuka untuk mahasiswa dan masyarakat umum dan dapat dilakukan oleh kelompok maksimal dua orang. Adapun kriteria desain yang disayembarakan antara lain desain rumah sederhana, murah dan sehat, desain interior compact dan responsif terhadap lingkungan dan kondisi tapak.

Sebagai informasi, untuk proses pendaftaran dimulai sejak 12 – 25 September 2022. Pengumpulan karya akan dilakukan oleh panitia mulai 25 September 2022 hingga 20 Oktober 2022 dan proses penjurian tahap I dilaksanakan pada 21 Oktober 2022.

Peserta yang lolos 10 besar akan melakukan presentasi dan juga dilaksanakan penjurian tahap II pada 26 Oktober 2022. Pengumuman pemenang Sayembara Rumah SMS akan dilaksanakan pada 31 Oktober 2022.

Baca Juga: Bintaro Design District 2022 Resmi Dibuka, Targetkan 5.000 Pengunjung

Dewan juri pada kegiatan Sayembara Rumah SMS ini antara lain Jafung Peneliti Ahli Utama Kementerian PUPR, Prof. Dr. Ir. Arief Sabaruddin, CES, Jafung Perekayasa Ahli Madya Kementerian PUPR Ir. R Johny F.S Subrata, MA dan Arsitek / Praktisi Sambaitna Markhoir, ST, IAI.

“Total hadiah Sayembara Rumah SMS ini Rp45 juta. Desain rumah sederhana ke depan juga harus menarik sehingga minat masyarakat untuk memiliki rumah bisa meningkat. Pemerintah juga ingin masyarakat merasa bangga bisa tinggal di rumah sederhana,” terangnya.

Pengumpulan dokumen hasil desain karya peserta Sayembara Rumah SMS ini, imbuhnya, dapat diunggah melalui link yang dapat diakses melalui linktr.ee/sayembarahapernas2022. Pengumpulan karya akan ditutup pada 20 Oktober 2022 pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: Anggaran Ditjen Perumahan Rp6,98 Triliun di 2023

Hasil karya juga dapat di-post melalui Instagram peserta dengan menyertakan hashtag #Hapernas2022 #SayembaraSMS serta tag akun Instagram Direktorat Jenderal Perumahan yakni @pupr_perumahan dan Kementerian PUPR di @kemenpupr.

“Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta ketentuan umum dan ketentuan peserta Sayembara Rumah SMS ini dapat mengirimkan pertanyaan melalui email sayembarahapernas2022@gmail.com maupun melalui Instagram Direktorat Jenderal Perumahan @pupr_perumahan. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” katanya.

Ketentuan Sayembara Rumah Sederhana Murah Sehat

Beberapa ketentuan umum Sayembara Rumah SMS antara lain:

  1. Gagasan desain merupakan karya orisinil peserta yang belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam kompetisi sayembara lainnya.
  2. Karya yang telah dikirimkan menjadi hak milik panitia dan hak cipta karya tetap menjadi hak peserta. Karya yang diterima panitia berhak digunakan untuk kepentingan publikasi dan dokumentasi oleh penyelenggara sayembara.
  3. Panitia tidak bertanggung jawab atas segala tindakan hukum yang muncul dari hasil karya peserta yang dilombakan maupun dampak dari keikutsertaan peserta dalam sayembara ini.
  4. Panitia juga berhak mendiskualifikasikan peserta apabila terdapat indikasi plagiasi dan kecurangan dalam keikutsertaan peserta dalam sayembara ini.

Baca Juga: Apartemen Antasari Place Dibangun (Kembali), Penjualan Dibuka Mulai Rp1,1 Miliar

Beberapa Ketentuan Peserta Sayembara Rumah SMS antara lain:

  1. Sayembara terbuka bagi mahasiswa dan umum.
  2. Pendaftaran peserta dilakukan oleh kelompok minimal dua orang dengan ketentuan minimal satu orang berlatar belakang pendidikan desain/arsitektur/sipil dilengkapi dengan Surat Tanda Registrasi Arsitek (SKA/STRA) per nomor pendaftaran.
  3. Setiap kelompok peserta hanya dapat mengirimkan satu karya.
  4. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi form data diri dan mengunggah dokumen hasil scan atau foto kartu identitas berupa KTP ataupun KTM sesuai form pendaftaran yang dapat diakses melalui link linktr.ee/sayembarahapernas2022 secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.
  5. Seluruh peserta dalam kelompok diharapkan sanggup memahami dan mematuhi seluruh isi dan ketentuan yang tercantum dalam Term of References (TOR) yang dapat diunduh melalui link linktr.ee/sayembarahapernas2022.
  6. Periode pendaftaran dibuka dari tanggal 12 September 2022 hingga 25 September 2022.
- Advertisement -

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU