Sunday, September 25, 2022

Bintaro Design District 2022 Resmi Dibuka, Targetkan 5.000 Pengunjung

Yayasan Bintaro Design District (BDD) diawali dengan pertemuan informal para pendirinya, yakni Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono, dan Hermawan Tanzil, saat acara London Design Biennale di Inggris tahun 2016.

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan membuka secara resmi Bintaro Design District (BDD) 2022 yang diselenggarakan mulai 14 – 24 September 2022.

“Pemerintah Kota Tangerang Selatan sangat mendukung para pelaku industri kreatif, termasuk yang dilakukan para desainer melalui kegiatan Bintaro Design District ini,” kata Pilar saat membuka acara tersebut di Kopi Manyar, Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Dekoruma Resmikan Showroom Terbesar di Bintaro Jaya Xchange Mall

Kopi Manyar sendiri juga menjadi salah satu lokasi pameran, khususnya bagi The Indonesian Association of Graphic Designers (ADGI) yang memamerkan 18 karya desainer grafis perempuan.

Secara total BDD 2022 ini digelar di 33 titik lokasi, yakni Sektor 1-2: (Anindhaloka, OHIO House, Blenger Burger, Kopi Manyar dan Pleated Screen); Sektor 3-4: (Koridor Pd Ranji, Creativo, Depan BP, dan Verde House); dan Sektor 5-7: (Arkonin/Pisok, Atelier Riri, Taman Menteng, Bitte, Antikode dan AD House).

Selanjutnya di Sektor 9: (Sal Project, HAP, Petak 25, Graha Paramita, Taman Kebayoran, Depan Pom BP dan MAD House); Sekitar Tanggerang Selatan: (Digital Nativ, Perpus Kerucut, SPOA, Kandank Jurank/Workshopiknik, dan Lunch for My Husband); serta di Sekitar Serpong: (South 78, Bottega Artisan, SAiA, Open Door, Turning Point dan Studio TonTon).

Baca Juga: Industri Furnitur Optimis Sambut IFEX 2023

Salah satu Kurator dan Inisiator BDD dari Studio Dasar, Danny Wicaksono mengatakan, Bintaro Design District merupakan event tahunan yang digelar sejak 2018, kemudian 2019 dan dilanjutkan pada tahun 2022 ini.

“Setelah terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, tahun ini Bintaro Design District kembali dilanjutkan,” katanya.

Pada penyelenggaraan BDD pertama, jumlah anggota saat pameran adalah 70 desainer & kelompok desainer, termasuk diantaranya adalah arsitek, interior, dkv/grafis, photography, film dan musik.

Baca Juga: Kertasive Hadirkan Terobosan Baru Teknologi Laminasi Furnitur dan Interior

Kemudian pada tahun 2019 Bintaro Design Distrik memecahkan rekor menyelenggarakan acara BDD selama 10 hari dengan 116 acara/event, sehingga mendapatkan hadiah Good Design Indonesia dari Kementerian Perdagangan.

Pada tahun ini, BDD menargetkan sebanyak 5.000 pengunjung dari seluruh Indonesia. “Sebenarnya kami sendiri tidak menargetkan jumlah pengunjung. Tetapi sebagai gambaran, pada pameran pertama sebanyak 4.000 pengunjung, kemudian pameran kedua sebanyak 10 ribu orang dan ketiga tahun ini kami tidak targetkan secara pasti tapi paling realistis sekitar 5.000 orang,” ungkap Danny.

Bagi masyarakat yang berniat berkunjung ke pameran BDD III, maka tata cara yang harus diikuti yakni terlebih dahulu men-download aplikasi Bintaro Design Distict (apps). Dalam aplikasi tersebut sudah terdapat semua jadwal acara, program dan semua data peserta, termasuk keterangan lokasinya.

Program BDD 2022

BDD III tahun 2022 mengusung tema “Berbagi Masa Depan”. Kurator sekaligus Inisiator BDD lainnya dari Budi Pradono Architecture, yakni Budi Pradono menjelaskan, tema tersebut diangkat pasca Pandemi Covid-19 sehingga sangat relevan dengan keadaan saat ini.

“Tema ini sangat relevan dengan keadaan saat ini, karena kita harus bangkit dan berpikir maju. Kita harus terus berpikir ke depan, hidup kita memang berubah,” ujar Budi.

Baca Juga: Maxhub Lansir Kamera Pintar UC P25 PTZ, Rapat Jarak Jauh Jadi Lebih Nyata

Melalui tema tersebut pula, diharapkan para peserta yang berpartisipasi dapat memberikan pikiran dan gagasan mengenai masa depan. Tentang cita-cita kecil, dugaan-dugaan logis atau spekulasi solusi dalam beragam skala yang menjadi mimpi tentang masa depan yang lebih baik.

Adapun beberapa program yang diadakan dalam kegiatan ini, diantaranya Open Studio Architecture, Exhibition 1 x 1, Installation, online masterclass, BDD center competition 2022, Pameran “KURSI”, serta Satu Abad Desain Kursi di Indonesia yang merupakan sebuah tribute untuk Jaya Ibrahim yang berlokasi di Graha Paramitha III.

“Salah satu yang menarik di sini adalah pameran kursi yang akan menampilkan berbagai macam kursi sejak puluhan tahun lalu hingga yang terbaru,” tambah Budi.

Baca Juga: Solusi Kamar Tidur Bergaya Skandinavia dengan Total Budget di Bawah Rp10 juta

BDD 2022 juga didukung oleh Jaya Real Property selaku pengembang kawasan hunian Bintaro Jaya. Dalam hal ini, pengembang telah menyediakan 1 ha lahan yang nantinya akan dibangun gedung BDD Center.

pameran Andra Matin
Ruang pameran yang menampilkan berbagai karya desain hunian dari Andra Matin (Andra Matin Architecture)./ Foto: Pio

Para Pendiri BDD

Untuk diketahui, Yayasan Bintaro Design District (BDD) adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik yang lahir dari kebersamaan dan kolaborasi berbagai bidang kreatif di wilayah Bintaro di Tangerang Selatan dan sebagian Jakarta selatan yang berbatasan dengan Bintaro.

Diawali dengan pertemuan informal para pendirinya, yakni Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono, dan Hermawan Tanzil, saat acara London Design Biennale di Inggris tahun 2016.

“Kebetulan banyak desainer yang tinggal di wilayah Bintaro ini, sehingga kami sering sharing dan berkumpul, maka lahirlah BDD yang secara resmi didirikan pada tahun 2018 bersamaan penyelenggaraan festival Bintaro Design District pertama,” terang Danny.

Baca Juga: dBodhi, Produsen Furnitur Asli Indonesia Kini Hadir di Tanah Air

Saat ini, BDD menjadi wadah bagi para pecinta/pemerhati/pelaku desain dan seni yang menjadi bagian dari budaya Indonesia, juga sebagai wadah untuk mengembangkan bakat dan potensi para anggotanya dalam mendesain dan responsif pada desain dan masalah masalah urbanitas yang berkaitan dengan desain dan arsitektur, serta berkaitan dengan aspek kebudayaan secara menyeluruh.  

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU