Wednesday, February 8, 2023

Pemerintah Dorong Milenial Punya Rumah Layak Huni

- Advertisement -

Hadirnya hunian dengan konsep TOD semakin mendorong generasi milenial punya rumah layak huni, dengan pilihan yang lebih beragam.

PropertiTerkini.com – Jumlah generasi milenial diprediksi akan mencapai lebih dari 81 juta jiwa di masa mendatang. Untuk ini, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus mendorong generasi milenial punya rumah layak huni, baik berupa rumah tapak maupun rumah susun. Penyertaan bantuan berupa KPR bersubsidi juga disebut akan sangat membantu generasi milenial tersebut.

Baca Juga: Garap Pasar Milenial, Podomoro Park Bandung Luncurkan Cluster Padmagriya

“Kementerian PUPR memiliki berbagai program perumahan bagi para generasi milenial yang memiliki karakteristik beragam. Salah satunya adalah hunian bagi para generasi milenial,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana awal pekan lalu.

Berdasarkan riset yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, rumah bagi generasi milenial hanyalah sebagai tempat transit sementara, bukan menjadi tujuan akhir setelah melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Rumah Subsidi

“Generasi milenial itu memiliki karakteristik yang beragam. Mobilitas mereka yang tinggi tentunya harus disesuaikan dengan tempat tinggal yang dekat dengan moda transportasi. Salah satunya dengan membangun hunian berkonsep transit oriented development (TOD),” kata Dadang.

Adanya sinergi antara Kementerian PUPR dengan Kementerian BUMN dalam mewujudkan TOD membuat generasi muda milenial punya rumah layak huni dengan pilihan yang lebih beragam. Keberadaan TOD yang dekat dengan moda transportasi, seperti KRL Commuter Line akan semakin mempermudah mobilitas para generasi milenial dalam beraktifitas.

Baca Juga: Wajah Baru Poins Square: Terhubung Skybridge ke Stasiun MRT

“Bangunan TOD itu juga ada yang bersubsidi namun jumlahnya terbatas. Bagi mereka yang ingin tinggal di TOD maupun rumah bersubsidi dapat memanfaatkan KPR bersubsidi dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan,” lanjut Dadang.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU