Monday, September 27, 2021

Mesin Cuci Satu Tabung Semakin Diminati, Berikut Keunggulannya

Sharp Indonesia memiliki beberapa seri mesin cuci satu tabung atau full auto. Teranyar adalah seri megamouth tanpa lubang.

PropertiTerkini.com – Kebutuhan akan mesin cuci terus meningkat. Sejalan dengan itu, inovasi juga terus dilakukan guna mengikuti tren pasar yang semakin beragam.

Baca Juga: Sharp Indonesia Tambah Lini Produksi Mesin Cuci Satu Tabung

Konsumen menginginkan produk mesin cuci yang lebih praktis, lebih cepat, hasil lebih bersih, tak merusak pakaian, dan pastinya yang tak bikin repot.

Perusahaan produsen mesin cuci pun menjawab itu dengan meluncurkan mesin cuci satu tabung yang diklaim lebih praktis bahkan serba otomatis. Permintaan akan mesin cuci satu tabung pun kian meningkat. Bahkan tren ini disebut bakal menggantikan mesin cuci dua tabung (twin tube).

Untuk diketahui, pasar mesin cuci twin tube di Indonesia memang masih mendominasi, yang mencapai 60-70%. Sementara satu tabung masih berkisar di bawah 20%. Di sisi lain, belum banyak kompetitor yang bermain di segmen tersebut.

PT Sharp Electronics Indonesia pun menjawab peluang ini dengan intens memroduksi mesin cuci serba otomatis. Bahkan pada Selasa (16/7/2019) lalu, Sharp baru saja menambah lini produksi di kategori mesin cuci.

Baca Juga: Promo Serba 5 Jelang 50 Tahun Sharp Indonesia

Penambahan ini dikhususkan untuk mesin cuci tipe satu tabung/full auto yang kini direlokasi ke pabrik mesin cuci Sharp Indonesia di Karawang International Industrial City (KIIC).

Sebagai informasi, pabrik mesin cuci Sharp Indonesia pertama kali beroperasi pada tahun 2008 di Pulogadung, Jakarta Timur, dengan luas pabrik 4.537 m². Sukses memenuhi kebutuhan pasar dengan jumlah produksi yang memuaskan, pabrik mesin cuci dipindahkan ke KIIC di Karawang, pada 2013 dengan luas mencapai 11.400 m². Hasilnya, pencapaian produksi mesin cuci tipe dua tabung meningkat pesat hingga sebesar 1,2 juta unit/tahun.

“Tahun 2019 kami bikin lompatan baru dengan bikin pabrik full auto. Ini untuk memperkuat pencapaian market share kami hingga Mei 2019, dimana semua produk kami nomor satu, baik untuk lemari es di 28,7%, kemudian AC 27,9%, mesin cuci 25,1% (belum termasuk pabrik baru) dan LED TV 22,9%,” kata Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, beberapa waktu lalu.

Mesin Cuci Tanpa Lubang

mesin cuci sharp
Jenis mesin cuci ini menghasilkan cucian yang lebih bersih tanpa merusaknya./ dok. Sharp Indonesia

Kembali ke mesin cuci satu tabung. Di pabrik Karawang, Sharp memroduksi mesin cuci jenis ini sebanyak 14 model dengan kapasitas cuci 8 kg hingga 12 kg, termasuk mesin cuci megamouth gold series yang diproduksi terbatas.

Baca Juga: Ada Loh, Mesin Cuci Pintar yang Bisa Diajak Bicara. Lebih Praktis di Rumah!

Seri terbaru adalah mesin cuci satu tabung tanpa lubang yang diklaim lebih hemat dan lebih bersih hasil cuciannya. Bahkan pakaian pun dijamin lebih awet, tak berbulu.

Mesin cuci seri terbaru yang disebut megamouth ini telah dibenamkan teknologi hole-less tub alias alias mesin cuci tabung tanpa lubang.

“Dengan teknologi hole-less, kita bisa save sampai 50 persen air dan otomatis pakaian tidak rusak/berbulu. Dan pastinya hemat air, hemat energi sehingga waktu cuci juga menjadi lebih pendek,” terang Andry.

Lebih lanjut menurut Andry, mesin cuci di Indonesia selalu bermasalah dengan water supply yang masih rendah sekitar 20%. Bahkan banyak daerah yang tidak punya water supply yang cukup. Akibatnya mesin cuci full auto tidak bisa berfungsi pada saat pressure-nya rendah.

Baca Juga: 21 Peralatan Dapur yang Harus Anda Miliki

“Kita punya zeropressure technology. Sehingga mesin cuci ini tetap berfungsi di tekanan air yang rendah,” tegasnya.

Mesin berkualitas Jepang ini juga disebut low voltage. Dengan begitu, di beberapa daerah dengan daya listrik rendah pun tetap bisa berfungsi maksimal. Dan yang terpenting ada auto restart.

“Banyak konsumen mengeluh saat mereka pergi, listriknya mati, dan mesin cuci tidak berfungsi. Kalau yang ini otomatis bisa restart ulang lagi,” jelas Andry.

Pada intinya, kata dia, mesin cuci full auto lebih efisien dan praktis. Meski harganya lebih mahal dari twin tube, namun hanya dengan satu kali proses, pakaian sudah kering tanpa repot dipindahkan dari satu tabung ke tabung lainnya.

Baca Juga: Alat Masak Tiarapot, Masak Enak Tanpa Repot

Full auto tidak perlu ditunggui. Hasilnya pun lebih bersih karena yang satu tabung yang putar tabungnya, sementara twin tube yang putar bagian bawahnya,” jelas Andry. Adapun seri mesin cuci ini tersedia dalam kapasitas 8-12 kg dengan harga mulai Rp2,2-4 jutaan.

https://youtu.be/L3E4Hf4gjms

2 COMMENTS

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU