Tuesday, September 28, 2021

Kronologi Gugatan Pailit Sentul City Hingga Menuju Proses Damai

Keluarga Bintoro mengajukan gugatan pailit terhadap PT Sentul City Tbk melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jumat, 7 Agustus 2020. Hingga saat ini pihak Sentul City dan keluarga Bintoro masih melakukan proses musyawarah.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Pengembang properti PT Sentul City Tbk menghadapi gugatan pailit dari Keluarga Bintoro, salah satu konsumennya yang membeli tanah kavling di kawasan tersebut. Pembelian tanah tersebut telah dilakukan sejak 2013 lalu, dan dilunasi tahun 2015 dengan total nilai Rp29.319.000.000.

Erwin Kallo, pengacara konsumen mengungkapkan, penyebab gugatan tersebut lantaran pihak Sentul City belum menyerahkan tanah yang dibeli oleh Keluarga Bintoro, sehingga kliennya tersebut merasa tertipu oleh pihak pengembang.

Baca Juga: Terima Aduan Konsumen, PUPR: Ada yang ‘Dikibuli’ Pengembang

“Klien kami beli kavling sejak 2013 tapi kavlingnya tidak diserahkan. Dan juga beli kavling itu dengan catatan, berada di lingkungan bintang lima. Promosinya juga fasilitas luxury, namun tidak diserahkan. Klien kami minta uangnya kembali, namun nggak dikembalikan. Jadi untuk mempertahankan hak klien kami, ya kita lakukan upaya hukum,” terang Erwin ketika dihubungi, Kamis (20/8/2020).

Lebih lanjut Erwin mengatakan, sudah beberapa kali pihaknya mengajukan somasi ke pengembang, namun hingga saat ini belum ada keputusan final.

“Mudah-mudahan ke depan ada komunikasi yang lebih baik,” katanya.

Sebelumnya, Keluarga Bintoro mengajukan gugatan pailit terhadap PT Sentul City melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jumat, 7 Agustus 2020.

Baca Juga: The Sanctuary Collection, Rumah ‘Resort’ di Sentul Meluncur di Tengah Pandemi Corona

Permohonan perkara kepailitan tersebut teregistrasi dengan nomor perkara 35/Pdt.Sus-Pailit/2020/PN Niaga Jkt.Pst.

Berikut kronologi lengkap, PT Sentul City Tbk digugat pailit:

  • PPJB Tanah Kavling antara PT. Sentul City, Tbk (Penjual) dan Keluarga Bintoro (Pembeli) pada tanggal 03 Juli 2013 di hadapan Notaris Flora Elisabeth, S.H.,M.Kn.
  • Pembeli melunasi booking fee, down payment dan angsuran ke-3 sesuai pada Oktober 2013 sesuai dengan syarat dalam PPJB dan Serah Terima Tanah akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2013.
  • 3 Maret 2015, Pembeli melunasi seluruh angsuran dengan total Rp29.319.000.000,-.
  • 6 Agustus 2019, 9 September dan 24 September 2019, Pembeli Somasi melalui Kuasa Hukumnya yaitu, Bagus Enrico & Partners untuk menyelesaikan permasalahan hukum.
  • Tahun 2019, Penjual memberitahukan kepada Pembeli bahwa tanah yang ditawarkan akan direlokasi. Namun Pembeli tegas menolak dan meminta agar Penjual mengembalikan uang yang telah ditransfer.
  • Pada Tahun 2020, Penjual pun tidak memberikan tanggapan atau jawaban kepada Pembeli.
  • Pada tanggal 23 Maret 2020, 30 Maret 2020 & 8 April 2020, Penjual melalui Erwin Kallo & Co, Property Lawyers, mengirimkan Somasi & Undangan kembali kepada Penjual guna menyelesaikan permasalahan hukum namun undangan tersebut tidak diindahkan oleh Penjual.
  • Pada tanggal 23 April 2020, Penjual memberikan tanggapan yang pada intinya tidak dapat hadir dikarenakan Covid-19 dan akan menyelesaikan hingga tuntas serta akan mengundang Pembeli namun tidak ada kabar.
  • Dikarenakan tidak ada respon positif dari Penjual, maka Pembeli pada akhirnya mengajukan Permohonan Pailit kepada Pembeli tanggal 7 Agustus 2020 di Pengadilan Niaga melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Masih Proses Musyawarah

Beberapa hari belakangan ini sejumlah media online memberitakan bahwa telah terjadi kesepakatan damai antara pihak Sentul City dan Keluarga Bintoro.

Pengacara Erwin Kallo mengonfirmasi bahwa hingga saat ini pihak Sentul City belum menyelesaikan kewajibannya kepada Keluarga Bintoro. “Kami masih proses musyawarah. Belum tuntas,” katanya.

Baca Juga: Citra Sentul Raya Launching Cluster Baru, Mulai Rp600 Jutaan

Demikian halnya proses pencabutan permohonan kepailitian juga belum final. “Dalam proses, minggu depan,” jawab Erwin singkat.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU