Saturday, October 23, 2021

Keren, Wings Bangun Sekolah PAUD Khas Arsitektur Sumba

Pulau Sumba tidak hanya terkenal dengan eksotisme alamnya yang memanjakan mata. Kekhasan gaya arsitektur Sumba pun tak ternilai. Bahkan kini diaplikasikan pada bangunan sekolah anak usia dini.

Propertiterkini.com – Sebuah gedung sekolah yang didesain artistik khas arsitektur Sumba untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dibangun di Desa Papu, Watumbaka, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

PAUD Gracia 2 yang dibangun oleh Wings Corporation bersama Travacello Care ini berada di lahan hibah seluas 1 hektar dengan luas bangunan 415 meter persegi.

Baca Juga: Hotel Terbaik Dunia Ada di Sumba, Orang Jadi Tahu, Sumba Beda dengan Sumbawa

Selain terdapat dua ruang kelas besar, gedung sekolah bagi anak usia dini ini juga dilengkapi dengan 8 toilet anak, dimana 4 untuk anak perempuan dan 4 laki-laki. Juga dilengkapi dengan toilet untuk dewasa, dapur, gudang, perpustakaan, teras, dan bale-bale.

Adapun bahan bangunan sekolah khas arsitektur Sumba ini akan menggunakan material ramah lingkungan. Antara lain, atap akan menggunakan Onduline, lantai dari papan kayu tebal, kemudian dinding dan partisi menggunakan kombinasi kayu dan gedek.

Baca Juga: Aksesori Interior “Rajutan Kawat” Bakal Bikin Ruangan Anda Makin Nyentrik

Selain itu, untuk kisi-kisi ventilasi menggunakan bambu rangka atap bambu, serta struktur tiang dan rangka akan menggunakan kayu balok.

Bangun Perpustakaan

Infografis Masyarakat Sumba Timur

Untuk semakin melengkapi fasilitas sekolah tersebut, Yayasan Wings Peduli Kasih (YWPK) juga ambil bagian. Yayasan yang berada di bawah Wings Corporation, produsen sekaligus distributor produk rumah tangga, produk perawatan pribadi, serta produk makanan dan minuman terkemuka di Indonesia, bekerjasama dengan Travacello Care mewujudkan perpustakaan dan toilet.

Fasilitas perpustakaan tersebut dibangun sebagai upaya untuk membantu meningkatkan minat baca dan minat belajar masyarakat lokal, sekaligus sebagai bentuk partisipasi mencerdaskan bangsa.

Baca Juga: “Arsitek Adalah Profesi, Bukan Sekadar Hobi”

“Yayasan Wings Peduli Kasih berharap pembangunan perpustakaan dan toilet untuk sekolah PAUD Gracia 2 mendorong minat belajar sejak usia dini. Bangunan tersebut juga diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke PAUD Gracia 2 dan memberi bantuan kepada masyarakat di Desa Papu,” ujar Gabriella Da Silva, Public Relations Head PT Sayap Mas Utama melalui keterangannya di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Pembangunan fisik sekolah PAUD khas arsitektur Sumba tersebut dimulai pada September 2018. Diharapkan akan rampung pada November 2018, sehingga dapat diresmikan pada Desember 2018 mendatang.

Wings - Masyarakat di desa Papu, Sumba Timur

Masyarakat di Desa Papu, Sumba Timur antusias menyambut program sosial yang dilakukan Wings Corporation/ dok. Wings Corporation 

BERITA TERKAIT

Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

BERITA TERBARU