Sunday, September 19, 2021

Genjot Pasar Waterproofing, Onduline Luncurkan Onducoat PA

Onducoat PA tersedia dalam dua kemasan, yaitu kemasan kaleng  4 kg dan pail 18 kg. Masing-masing dijual seharga Rp336.800 dan Rp1,17 juta dengan varian warna abu-abu dan putih.

PropertiTerkini.com, (TANGERANG) — Produsen atap genteng bitumen Onduline dan Onduvilla, PT Onduline Indonesia memperkuat lini bisnisnya melalui produk pelapis kedap air (waterproofing), yakni Onducoat PA. Produk ini diklaim lebih lebih kuat dan efektif mencegah kebocoran dan rembes atap, dak beton atau dinding.

Waterproof Onducoat PA berbahan dasar polyurethane akrilik memiliki kemampuan elastisitas atau melar memanjang (elongasi) hingga 400%, sehingga dapat melapisi struktur bangunan horizontal maupun vertikal, baik sebagai pelapis interior ataupun eksterior dengan daya rekat kuat.

Baca Juga: Cara Tepat Menggunakan BETONMIX, Obat Beton dari Aquaproof

Kandungan polyurethane di dalamnya membuat Onducoat PA tahan retak, anti jamur dan bakteri sehingga tidak lumer saat terpapar hujan asam dan sinar matahari. Sifat material dasar seperti itu disengaja untuk memastikan lapisan waterproofing tetap melekat kuat pada bidang bangunan dan melindunginya dari rembesan.

Technical Manager PT Onduline Indonesia, Stevanus Iwan Setiawan mengatakan, untuk dak beton yang areanya terpapar langsung sinar matahari diharuskan terlapisi dengan pelapis kedap air yang memiliki elongasi tinggi.

“Problemnya di Indonesia adalah orang mencari waterproofing jenis apa saja asalkan ada embel-embel ‘waterproof’, pasti dia beli. Padahal, kalau mau mencari produk waterproof kita harus tahu lebih dulu penggunaannya untuk yang terekspos matahari langsung atau tidak. Kalau iya, cari produk waterproofing yang memiliki elastisitas atau tingkat melar yang tinggi supaya tidak ada keretakan yang menyebabkan air masuk melalui serabut-serabut retakan itu. Onducoat PA memiliki elongasi lebih dari 400 persen, sehingga kami pastikan lapisan waterproof-nya tidak akan sobek atau pecah saat menahan pergerakan bangunan,” terang Iwan melalui siaran persnya di Tangerang, Senin (20/7/2021).

Baca Juga: Teknologi Lapisan Ferosemen Diaplikasikan untuk Rumah BSPS

Selain struktur beton seperti dak beton, talang dan pelat lantai, Onducoat PA juga cocok diaplikasikan untuk berbagai permukaan lainnya seperti planter box, dinding luar, pagar kayu, atap metal, genteng beton, genteng tanah liat, aspal, aluminium, polystyrene, plastik dan poliester.

“Saat ini banyak rumah menggunakan atap metal yang memiliki muai susut tinggi sehingga jika mengaplikasikan waterproofing, lapisannya harus super elastis melar-susutnya,” kata Iwan.

Lebih lanjut, dia menyebut produknya memiliki ketebalan 1 mm atau setara 1.000 mikron di setiap lapisnya. Untuk aplikasi dua lapis ketebalannya mencapai 2 mm.

Cara penggunaannya sangat simpel. Permukaan harus rata, bersih dan kering dari segala macam kotoran, puing dan sejenisnya. Lapiskan Onducoat PA langsung dengan kuas, rol atau alat semprot waterproofing tanpa perlu dicampur dengan serabut atau air. Disarankan aplikasi 2-3 lapis dengan pengaplikasian berlawanan arah (tegak lurus).

“Lapisan pertama harus satu arah, misal horizontal. Lalu lapisan kedua harus berlawanan arah dengan lapisan pertama, yaitu vertikal. Ini dilakukan supaya antar lapisan saling mengikat membentuk anyaman sehingga bidang tertutup presisi,” ujar Iwan.

Pemasaran

Onducoat PA tersedia dalam dua kemasan, yaitu kemasan kaleng  4 kg dan pail 18 kg seharga masing-masing Rp336.800 dan Rp1,17 juta dengan varian warna abu-abu dan putih.

Untuk kemasan 4 kg bisa digunakan pada bidang lantai seluas 8-12 m2 atau untuk dinding seluas 8-12 m2 untuk aplikasi 1 lapis. Sedangkan ukuran 18 kg mampu melapisi area lantai seluas 40-45 m2 atau dinding seluas 40-54 m2 (satu lapis).

Untuk memperluas pemasaran produk-produknya, Onduline telah menggandeng supermarket bahan bangunan Mitra 10 yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk Onduline tersebut, yakni Genteng Onduline dan Onduvilla; Ondugreen; Bituline; Onducoat Bionic Fiber; serta yang terbaru Onducoat PA.

Baca Juga: Rilis Dulux Promise, Dulux Pastikan Tiga Janji Bagi Konsumen

“Khusus pembelian Onducoat PA pada 9 hingga 31 Juli 2021 di enam store Mitra 10, yaitu Gading Serpong, Tangerang; Karawang; Bogor; Harapan Indah dan Kalimalang Baru di Bekasi; juga di Cibubur, Jakarta Timur, konsumen akan mendapatkan diskon harga 15%,” kata Reissa Siregar, Marketing Communications Manager PT Onduline Indonesia.

Onducoat PA tersedia dalam dua kemasan
Onducoat PA tersedia dalam dua kemasan, yaitu kemasan kaleng  4 kg dan pail 18 kg. (dok. Onduline)

Perkuat Lini Bisnis

Diversifikasi produk menjadi upaya lain PT Onduline Indonesia dalam menggenjot mereknya di pasar Indonesia. Selain fast delivery, Reissa bilang, tantangan pasar bahan bangunan ke depan ialah para pelanggan menyukai produk yang fast application.

“Sudah waktunya kami melangkah ke industri complete system, dari yang perusahaan genteng ke produk bahan bangunan lainnya,” ungkapnya.

Reissa merinci, jenis produk baru tersebut, mulai dari dua produk pelapis kedap air berbasis semen dan polyurethane akrilik yang baru-baru ini sudah dikenalkan ke publik, juga tak menutup kemungkinan untuk turun ke industri solar panel. Beragam product line itu dimaksudkan untuk merespon kebutuhan konsumennya.

Baca Juga: Pentingnya Konsep Green Roof di Perkotaan

“Onduline merasa yakin untuk memberikan banyak pilihan bagi konsumen lantaran kebutuhan bahan bangunan yang berbeda-beda,” ujarnya.

Onducoat PA sendiri bukanlah produk waterproofing pertama yang dilansir Onduline. Sebelumnya Onduline meluncurkan waterproofing jenis aspal (bitumen) berbentuk gulungan/roll atau lembaran dengan merek Bituline, yang menyasar bangunan-bangunan komersial seperti ruko, mal, perkantoran, museum, pabrik dan lain sebagainya.

Akhir Juni 2021 lalu, Onduline juga merilis waterproofing Onducoat Bionic Fiber (semen based) untuk pasar Indonesia.

Basicnya kami memang perusahaan genteng bitumen dan green roof. Untuk produk green roof yaitu Ondugreen, diaplikasikan pada dak beton sehingga dibutuhkan pelapis tahan bocor. Dengan pengalaman yang sangat baik untuk produk jenis aspal, maka kami buatlah produk waterproofing berbahan dasar aspal. Itu latar belakang kami masuk ke lini usaha baru yang masih terkait dengan bisnis utama perusahaan,” terangnya.

Kendati demikian, ia mengklaim seluruh produk waterproof yang dipasarkan di Indonesia tersebut bukanlah produk baru.

Baca Juga: Wavin Rilis Pipa Low-Noise Generasi Terbaru, Berikut Keunggulannya

“Di negara lain sudah lama dipasarkan. Kami merilis di Indonesia karena pasarnya sudah besar,” jelas Reissa.

Lebih lanjut, Reissa menambahkan, untuk terus menggenjot penjualan, Onduline juga membuka diri dan mempelajari setiap peluang usaha yang sejalan dengan lini usahanya.

“Tahun ini kami akan fokus ke ritel. Dari sisi produk, kamu akan luncurkan beberapa varian baru. Kami ingin ekspansi bisnis lebih luas lagu, tidak hanya fokus pada roofing. Market bahan bangunan banyak sekali,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

BERITA TERBARU