Sunday, September 19, 2021

Genap 20 Tahun, AQUOS Hadir dengan Seri Terbaru, “AQUOS The Scenes 8K”

AQUOS The Scenes 8K TV ditargetkan terjual 1.000 unit dalam setahun. TV berukuran 60" dan 70" dibanderol mulai Rp34.990.000 dan Rp49.990.000.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Menandai 20 tahun keberadaannya di dunia, “AQUOS”, brand TV andalan dari Sharp meluncurkan seri terbaru yang disebut AQUOS The Scenes 8K, secara serentak di regional ASEAN, Rabu (11/8/2021).

Menilik sejarahnya, nama AQUOS sendiri berasal dari kombinasi kata Aqua & Quality, yang telah akrab didengar oleh konsumen sejak tahun 2001 sebagai simbol “standar baru TV di ruang tamu pada abad ke-21”.

Baca Juga: Sharp Indonesia Sukses Capai Produksi Mesin Cuci Ke-10 Juta

Sebelumnya, pada tahun 2000, Sharp di Jepang mendeklarasikan sebuah resolusi besar untuk mengganti semua model TV tabung (CRT) menjadi TV LCD dalam waktu 5 tahun, dimana saat itu model TV LCD hanya tersedia sebanyak 4%*2 di pasaran. Kini, setelah 20 tahun semua TV di dunia menggunakan TV LCD.

Selama kurun waktu tersebut, Sharp telah meluncurkan beragam produk TV LCD yang terbesar atau yang pertama di dunia hingga mampu mencapai akumulasi penjualan sebanyak 50 juta unit di tahun 2020.

Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan, Sharp menetapkan visi bisnisnya untuk mengubah dunia dengan 8K+5G’. Sharp memiliki tujuan untuk terus memperkenalkan produk dan layanan baru yang dapat memenuhi harapan pelanggan setianya.

Menurutnya, tantangannya kali ini adalah mengatur harga TV 8K ini agar lebih terjangkau dan bersaing di zona TV premium 4K. Hal tersebut dilakukan guna menyebarkan resolusi tertinggi 8K dan memimpin perubahan hiburan rumah di rumah pelanggan.

Baca Juga: Droplet Bersin dan Batuk Capai 9 Meter, Pastikan Udara Dalam Ruangan Bebas Virus dengan UV-C

“Ini adalah tonggak sejarah lain dimana Sharp menetapkan standar baru bagi sebuah produk TV. Setelah dunia mengalami pandemi Covid-19, saatnya kita bangkit dengan sesuatu yang baru yang dapat mengubah dunia,” ungkap Shinji di sela acara tersebut.

Ketika Sharp pertama kali memperkenalkan TV LCD AQUOS di tahun 2001, Sharp memiliki gagasan untuk menghadirkan tampilan baru televisi di ruang keluarga, dengan desain yang lebih tipis dan dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Di tahun ini, melalui AQUOS The Scenes 8K, Sharp memberikan pengalaman imersif ke tingkat yang lebih tinggi dengan menghadirkan tampilan gambar dan suara yang luar biasa ke ruang keluarga konsumennya.

“Kami bersyukur dapat merayakan 20 tahun kehadiran AQUOS yang telah kami kembangkan bersama-sama. Kehadiran AQUOS The Scenes 8K menciptakan pengalaman menonton yang menarik, dengan menyuguhkan gambar dan efek suara yang luar biasa, sehingga dapat merubah suasana rumah layaknya sebuah bioskop,” kata Yoshihiro Hashimoto, Sr. Executive Managing Officer Head of Asian, Oceanian, and European Business Sharp Corporation.

Fitur Unggulan

Golden Mayanawa, Product Marketing untuk TV, PT SHARP Electronics Indonesia menjelaskan, jajaran produk TV seri DW1X merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Generasi kedua ini hadir dalam dua ukuran, yakni 60” dan 70”.

“Filosofi yang kami hadirkan melalui seri produk terbaru kali ini adalah AQUOS The Scenes 8K, Bringing Real Experience. TV yang memiliki kualitas gambar dan suara yang sangat bagus, sehingga penonton merasa seakan-akan berada di dalam adegan yang sedang ditonton,” ungkap Golden.

Terdapat 4 hardware spesial yang telah dibenamkan dalam seri TV terbaru ini. Pertama, UV2A Pannel: teknologi original dari Sharp dengan resolusi 8K yang diproduksi di pabrik Jepang.

Baca Juga: Teknologi Plasmacluster Terbukti Efektif Mengurangi Novel Coronavirus Termasuk Variannya

Kedua, dari sisi processor, dimana telah dibenamkan Z2 Revelation. Ini adalah processor terbaru yang dengan teknologi tertinggi di kelasnya, sehingga berdampak pada CPU yang lebih cepat 20% dan grafik 56% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Ketiga, dari sisi backlight atau lampu LED yang ada di belakangnya, telah menggunakan teknologi Chroma, sehingga memiliki variasi warna hijau dan merah yang lebih banyak dibandingkan lampu LED biasa.

Keempat, dari sisi depan, dibenamkan coating low-reflection, dengan tujuan supaya tidak ada pantulan lampu dari atas atau depan ruangan, sehingga kualitas gambar tidak terpengaruh alias tetap jernih.

AQUOS The Scenes 8K TV Seri DW1X juga memiliki fitur buatan Jepang pertama, Deep Chroma Display Pro 8K. Ini adalah teknologi pengolahan warna yang mampu menghasilkan variasi warna lebih dari 100%.

Selain itu, pengalaman menonton film akan meningkat ke level berikutnya dengan fitur baru HDR Enhanced+. “TV seri DW1X akan lebih mengoptimalkan tayangan, baik pada area yang gelap maupun yang lebih terang. Dengan demikian, menonton jadi lebih nyaman,” tegas Golden.

Baca Juga: Samsung Rilis Neo QLED 8K TV, Partner Semua Aktivitas Rumah

Tidak ketinggalan, fitur streaming video optimizer+ sehingga proses menonton streaming menjadi lebih lancar.

“TV ini juga sudah menggunakan android TV dengan hampir 5.000 aplikasi yang bisa digunakan. Bahkan fitur Ok Google atau Google Assistant juga siap membantu bapak ibu dengan perintah suara melalui remote. Melalui TV ini juga bisa mengontrol perangkat lain di rumah, seperti mematikan/menghidupkan lampu atau AC, hingga video call melalui Google Duo,” ungkap Golden.

Seri TV terbaru Sharp ini telah dirancang dengan menggunakan konsep Neo-Minimalism, yang didasari oleh pemikiran ‘tidak hanya minimalis, namun juga ramping dan memiliki makna serta berkarakter.

Peluncuran AQUOS The Scenes 8K TV juga disertai dengan produk pendukungnya, yaitu AQUOS The Scenes Soundbar C22CX1. Sistem home theater soundbar seri C22CX1 menggunakan teknologi OPSODIS (Optimal Sound Distribution) yang secara akurat menghadirkan suara imersif 360 derajat yang biasa digunakan di TV Premium, bioskop, dan game.

“Teknologi gabungan dari OPSODIS mampu menghasilkan efek suara 360 derajat atau terada seperti 3D. Jadi suara tidak hanya terdengar dari depan seperti pada TV umumnya, namun terasa seperti ada di sekeliling kita,” terang Golden.

Baca Juga: Bosan dengan Tampilan Rumah? Simak Ide Dekorasi Kerajinan Bambu Berikut!

Sesi Talkshow Webinar & Launching Sharp AQUOS 20th Anniversary
Sesi Talkshow Webinar & Launching Sharp AQUOS 20th Anniversary. (dok. Sharp)

Target Penjualan

Meski hadir di tengah pandemi, namun Sharp Indonesia optimis mampu meraih pasar sesuai ditargetkan. Hal ini sejalan dengan riset Gesselschaft fur Konsomfurschung (GFK) yang menunjukkan bahwa penjualan TV sejak sebelum pandemi, yakni 2019 hingga pertengahan 2021 hanya mengalami penurunan sekitar 5%.

Lebih spesifik pada TV berukuran 60″ dan 70″, sejak 2019 hingga 2021, menunjukkan bahwa penjualan TV dengan ukuran tersebut terus tumbuh. “Contoh di September 2020, penjualan TV 70″ tumbuh 200% dibandingkan September 2019. Padahal ini terjadi di tengah pandemi,” kata Golden.

AQUOS The Scenes 8K TV kini dibanderol dengan harga mulai Rp34.990.000 untuk ukuran 60”, sedangkan untuk ukuran 70″ seharga Rp49.990.000. Kedua produk ini akan segera tersedia di Electronic City, Best Denki, Courts, Informa maupun Toko-toko elektronik premium lainnya di seluruh Indonesia.

Sharp menargetkan penjualan kedua ukuran TV ini, yakni sekitar 1.000 unit per tahun. Kehadiran TV terbaru ini pun diyakini akan mendongkrak market share seluruh produk TV Sharp yang ditargetkan naik 23%.

“Khusus untuk ukuran besar, kami targetkan market share bisa naik menjadi 15% untuk ukuran 60 inch dan 20% untuk 70 inch,” kata Golden.

Andry Adi Utomo selaku National Sales Sr. General Manager PT Sharp Electronics Indonesia menambahkan, hadirnya AQUOS The Scenes 8K TV akan menyasar segmen premium, khususnya para eksekutif muda dan profesional.

Baca Juga: Intip Desain Kantor Generasi Milenial

“Untuk para eksekutif muda, umumnya mereka ingin selalu mengedepankan teknologi terakhir, khususnya di layar TV. Maka Sharp memberikan 8K dengan resolusi yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Sementara untuk para profesional, menurut Andry, mereka membutuhkan layar yang mengedepankan kedetailan gambar yang sangat luar biasa. “Sehingga Sharp 8K bisa memberikan semua itu,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU