Thursday, February 22, 2024

Dibangun Kementerian PUPR, Rusun Untuk Penyandang Disabilitas Siap Dihuni

Rusun telah dilengkapi dengan meubelair sehingga para penghuni bisa tinggal dengan nyaman.

PropertiTerkini.com, (SURAKARTA)Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Rusun Kemensos Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Ini merupakan salah satu program kerja serta kebijakan dari pemerintah melalui Kementerian PUPR dan Kementerian Sosial dalam menyediakan hunian layak bagi penyandang disabilitas.

Baca Juga: Diresmikan Menkeu, Rusun Negara ASN Kemenkeu di Jayapura Siap Ditempati

“Hari ini kami (Kementerian PUPR-red) melaksanakan serahterimakan kunci rusun kepada pihak Kemensos agar para penyandang disabilitas serta Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) bisa segera menghuni hunian vertikal ini,” ujar Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Aswin Grandiarto Sukahar mewakili Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto usai melaksanakan prosesi serah terima kunci Rusun di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (1/2/2024).

Serah terima kunci secara simbolis yang diserahkan langsung oleh Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Syamsiar Nurhayadi kepada Kepala Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta Mas Kahono Agung Suhartoyo.

Menurut Aswin, pembangunan rusun ini wujud sinergitas Kementerian PUPR dengan Kementerian Sosial dalam upaya dukungan penyediaan hunian bagi PPKS.

Selain desain bangunan yang khusus, Kementerian PUPR juga telah melengkapi hunian dengan meubelair sehingga para penghuni bisa tinggal dengan nyaman.

Baca Juga: PUPR dan Kemenkes Resmikan Rusun Asrama Poltekkes Kementerian Kesehatan di Sleman

“Kementerian PUPR berharap rusun tersebut dapat segera dikelola dan  dirawat dengan baik agar pemanfaatannya bisa optimal,” ujar Aswin.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Syamsiar Nurhayadi menyatakan, Rusun Kemensos BBRSPDF Prof Dr Soeharso ini dibangun pada Tahun Jamak 2022-2023 dengan spesifikasi tipe khusus 62 unit dan dapat menampung 124 orang.

Rusun ini di lengkapi dengan meubelair di setiap unitnya serta prasarana, sarana dan utilitas (PSU) di area Rusun.

“Kriteria calon penghuni rusun tersebut adalah pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial,” ujar Syamsiar.

Kepala Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta, Mas Kahono Agung Suhartoyo mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun rusun yang berkualitas baik ini.

Baca Juga: Hingga Akhir 2023 Program Sejuta Rumah Capai 1.217.794 Unit

Bangunan ini diharapkan dapat digunakan sebagai tempat tinggal yang layak bagi para pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial.

“Kami akan segera meminta pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial yang sudah didata untuk tinggal di rusun ini,” katanya.

Baca berita lainnya di GoogleNews
- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Paramount 7 Maret 2023
ICBT - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page