Iklan Youtube Properti Terkini
Thursday, May 23, 2024

Catat, Berikut Program Perumahan yang Dilaksanakan di Bangka Belitung

Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga telah berhasil menyelesaikan pembangunan satu tower rusun untuk tempat tinggal tenaga medis yang bekerja di RSUD Ir Soekarno.

PropertiTerkini.com, (BABEL) — Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melaksanakan sejumlah program perumahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Program perumahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, antara lain penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), juga rumah susun (rusun).

Baca Juga: Hunian Pariwisata (Homestay) di Tanjung Kelayang Belitung Disewa Mulai Rp150 Ribu

Kemudian program prasarana, sarana dan utilitas (PSU) rumah bersubsidi, serta sarana hunian pariwisata (Sarhunta), hingga Program Strategis Nasional (PSN) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan, Kementerian PUPR terus melaksanakan pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi pemenuhan akan kebutuhan tempat tinggal atau papan.

“Kami berharap dengan pembangunan program perumahan, tingkat perekonomian masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata bisa meningkat, mengingat ada KSPN Tanjung Kelayang,” ujar Iwan, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Aquaproof dan Aquaproof Pro Raih Sertifikat SNI Pelapis Antibocor Berbasis Air

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Jhony Rahman menyatakan, pihaknya melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat capaian sejumlah program perumahan di Provinsi Bangka Belitung.

“Pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya difokuskan pada rumah tapak saja, melainkan juga hunian vertikal sekaligus program pemberdayaan masyarakat di sektor pariwisata,” ungkapnya.

Baca Juga: Aryaduta Hotels Hadirkan Kampanye Unik untuk Pengalaman Tak Terlupakan bagi Tamu

Berdasarkan data Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, beberapa program dan pembangunan yang dilaksanakan, antara lain peningkatan kualitas rumah masyarakat melalui penyaluran Program BSPS untuk 840 unit rumah.

“Program perumahan ini membuktikan komitmen Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dalam menyediakan perumahan yang layak huni bagi masyarakat. Program BSPS ini juga mendorong keswadyaan masyarakat dalam membangun rumah layak huni,” terang Jhony.

Lebih lanjut, Jhony mengatakan, untuk mendukung program penanganan permukiman layak huni, pihaknya juga berhasil merealisasikan penyaluran PSU rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 861 unit rumah.

Penyaluran PSU ini tidak hanya memberikan dampak positif pada kondisi perumahan masyarakat, tetapi juga menjadikan lingkungan tempat tinggal menjadi lebih nyaman dan mempermudah mobilisasi masyarakat.

Baca Juga: Sebelum Sewa Apartemen, Pertimbangkan Beberapa Faktor Berikut Ini

Program PSU diharapkan mendorong semangat pengembang perumahan dan Pemerintah Daerah untuk terus lebih banyak membangun rumah untuk MBR sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah,” harapnya.

Sementara untuk pengembangan sektor pariwisata, tambah Jhony, Kementerian PUPR juga mendorong pembangunan Sarhunta yang menjadi salah satu Program Strategis Nasional di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang.

“Sebanyak 90 unit Sarhunta kini bisa dikelola oleh masyarakat dan bisa menjadi alternatif tempat penginapan bagi wisatawan yang ingin berlibur,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pembangunan hunian vertikal, menurutnya, Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga telah berhasil menyelesaikan pembangunan satu tower rusun untuk tempat tinggal tenaga medis yang bekerja di RSUD Ir Soekarno. Rusun tersebut memiliki hunian sebanyak 44 unit yang bisa ditempati tenaga medis beserta keluarganya.

Baca Juga: Lewat Dana CSR, RITTA Ditujukan Untuk Masyarakat Pekerja Informal

“Capaian pembangunan rumah yang dilaksanakan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memberikan gambaran positif tentang upaya pemerintah dalam menyediakan perumahan yang layak dan terjangkau bagi masyarakat,” tegas Jhony.

Keberhasilan ini juga menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi dalam peningkatan kualitas perumahan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

ICBT - 2023
ICBT - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page