Iklan Youtube Properti Terkini
Thursday, February 22, 2024

Permintaan Logistik Meningkat, inDrive Fokus Kembangkan Layanan Pengiriman Barang untuk UMKM

inDrive Kurir & inDrive Truk memastikan keamanan dan transparansi dalam proses pemesanan ataupun pengiriman. Semua kurir akan melalui proses verifikasi, termasuk proses persetujuan manual yang dilakukan secara menyeluruh.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Permintaan akan logistik diperkirakan akan terus meningkat. Ini mendorong inDrive untuk fokus mengembangkan layanan pengiriman barang untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk diketahui, pengiriman barang berbasis aplikasi terus meningkat popularitasnya, seiring dengan semakin banyak orang yang menemukan kenyamanan dan kemudahan penggunaan metode ini, terutama bagi usaha kecil dan menengah.

Baca Juga: inDrive Kembali Jadi Aplikasi Ride-hailing Paling Banyak Diunduh Kedua di Dunia

Hal ini menjadi lebih relevan, mengingat waktu mendekati seasonal sales dan liburan musim dingin, dimana aktivitas perbelanjaan melonjak tinggi.

Riset pasar terbaru yang dilakukan oleh inDrive Kurir* mengungkapkan bahwa kecepatan pengiriman barang (55%), harga terjangkau (37%), dan kualitas layanan (33%) merupakan fitur yang paling diminati dalam layanan pengiriman di Indonesia.

Yang mengejutkan, hanya 15% responden survei yang memilih kecepatan penjemputan barang sebagai kualitas utama mereka, sementara kemampuan dalam memantau lokasi kurir menempati urutan keempat dengan 28%.

Hingga saat ini, semakin banyak pula pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi pengiriman barang.

Baca Juga: Radisson Hotel Group Segera Luncurkan Radisson Resort Anyer

Di Indonesia, layanan kurir biasanya digunakan untuk pengiriman pribadi seperti mengirim dan menerima parsel untuk atau dari keluarga ataupun teman, serta pengiriman untuk pembelian dari pelaku bisnis kepada konsumen.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa setiap pengguna ketiga (35%) dari aplikasi pengiriman barang, menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan bisnis setidaknya 2 kali dalam seminggu, seperti mengirim produk ke klien atau menerima barang dari pemasok mereka.

Baca Juga: CSR Pendidikan Sinar Mas Land Salurkan Bantuan ke 44 Sekolah di Tangsel

Harris Rilandi, Business Development Specialist – Courier SEA mengungkapkan bahwa, tim mereka percaya bahwa layanan pengiriman berbasis aplikasi ini semakin populer karena fleksibilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan

“Kami percaya bahwa fleksibilitas dan kemudahan yang membuat layanan ini sangat nyaman untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman, tidak perlu terikat kontrak atau mempekerjakan pengemudi penuh waktu,” katanya.

Kata dia, kemunculan aplikasi pengiriman ini benar-benar mengubah permainan dan membuat pengiriman menjadi jauh lebih mudah diatur serta lebih terjangkau.

“Juga sangat penting bagi small business yang beroperasi dengan margin keuntungan yang lebih ketat,” ujarnya.

Berdasarkan wilayah, pengiriman melalui aplikasi dapat menawarkan beberapa pilihan mode, mulai dari mobil atau sepeda motor, hingga sepeda ataupun berjalan kaki, sehingga pengguna dapat memilih mode yang termurah dan tercepat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: MIWA Pattern Buka Gerai Baru di Pendopo Living World Alam Sutera

Di Indonesia, pengguna mobil (58%) dan sepeda motor (37%) merupakan mode transportasi yang paling banyak dipilih untuk mengirim paket, serta setengah dari responden setuju untuk menghindari pengiriman paket dengan berjalan kaki, karena lokasi pengiriman yang beragam.

Ketika responden ditanya mengapa mereka memilih untuk mengirim paket melalui layanan pengiriman berbasis aplikasi, responden paling sering menjawab efisiensi, diikuti oleh opsi kecepatan.

Sebagai contoh, dalam pengiriman kurir biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit (lebih cepat daripada negara lain) untuk mengambil pesanan, menurut data inDrive.

Harris Rilandi menambahkan, pandemi memberikan dorongan yang positif untuk kemajuan pengiriman berbasis aplikasi.

Baca Juga: Dukung KEK Sei Mangke, Presiden Jokowi Resmikan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh

Menurutnya, dengan adanya pandemi yang pada awalnya memberikan dorongan luar biasa bagi pengiriman berbasis aplikasi, kenyamanan dan kemudahan penggunaannya telah menjadikannya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

“Permintaan akan pengiriman berbasis aplikasi ini terus meningkat dan menjadi waktu yang menyenangkan untuk berada di industri ini,” terangnya.

inDrive Kurir dan inDrive Truk adalah layanan untuk memenuhi semua kebutuhan dalam membantu masyarakat dan bisnis untuk melakukan pengiriman pada hari yang sama disesuaikan dengan permintaan.

Tidak perlu menunggu lama, pengguna dapat memesan kurir hanya dengan beberapa klik di aplikasi inDrive.

Komitmen Dukung UMKM

Harris menyatakan, tim inDrive sangat mendukung perkembangan bisnis khususnya UMKM. Bahkan berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui layanan inovatif inDrive.

“Kami akan terus mengoptimalkan platform ini agar memberikan manfaat maksimal bagi UMKM. Bersama inDrive, kami berharap UMKM dapat tumbuh dan berkembang, menjadi kekuatan ekonomi yang semakin tangguh di masa depan,” ungkap Harris.

Baca Juga: Punya Elektronik Bekasi di Rumah? Yuk, Tukar Tambah di Informa Electronics!

Selain kecepatan, inDrive Kurir dan inDrive Truk juga memastikan keterjangkauan harga. Fitur unik dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat menetapkan harga sendiri untuk pengiriman dan menegosiasikannya secara langsung dengan kurir.

inDrive Kurir & inDrive Truk memastikan keamanan dan transparansi dalam proses pemesanan ataupun pengiriman. Semua kurir akan melalui proses verifikasi, termasuk proses persetujuan manual yang dilakukan secara menyeluruh.

Kemudian, pengguna dapat melacak pesanan mereka di aplikasi untuk memastikan paket mereka dikirim sesuai rencana, yang dimana hal ini dikatakan sangat krusial berdasarkan survei.

inDrive Truk sendiri adalah layanan pengiriman sesuai permintaan dan pada hari yang sama untuk pengiriman lebih dari 20 kilogram. inDrive Truk dapat menerima barang non-cair mulai dari 20 kilogram hingga 20 ton pada rute jarak jauh dalam kota dan antarkota.

Baca Juga: Gelar NBC XXXII, ERA Indonesia Targetkan Kenaikan Omset 25 Persen 

Layanan ini menargetkan perusahaan kecil dan menengah, seperti kafe dan toko, serta perusahaan industri kecil (seperti pabrik dan perusahaan konstruksi), pusat logistik dan gudang.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Sharp Plasmacluster
RHVAC - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page