Youtube Channel PT
Thursday, May 23, 2024

Perangkat Rumah Tangga Terbaru Samsung dengan AI Hadir di Acara “Welcome to Bespoke AI”

Samsung berkomitmen untuk menciptakan produk perangkat rumah tangga yang lebih inovatif dan efisien.

PropertiTerkini.com, (SEOUL, Korea)Samsung Electronics Co, Ltd menampilkan jajaran perangkat rumah tangga terbarunya pada konferensi pers yang diadakan dalam acara peluncuran global, “Welcome to Bespoke AI”.

Acara tersebut berlangsung di tiga lokasi, yakni di Seoul, Paris, dan New York City.

Baca Juga: Pakaian Husador: Brand Baru yang Dilengkapi Inovasi Teknologi, Cocok untuk Pria Aktif

Samsung mengungkapkan visinya tentang bagaimana konektivitas pada produk-produk tersebut dapat memberikan pengalaman yang lebih baik di rumah.

Selain itu, juga bagaimana AI dapat membantu mengoptimalkan penggunaan perangkat elektronik.

Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO and Head of Device eXperience (DX) Division, Samsung Electronics mengatakan, dengan penerapan AI, produk-produk perangkat rumah tangga Samsung tersebut dapat melakukan lebih dari yang dibayangkan sebelumnya.

“Terutama dengan penambahan layar pada kulkas, induction range, dan mesin cuci, membuat perangkat Bespoke dapat menjadi sarana hiburan serta pusat kontrol perangkat Samsung lainnya yang mudah diakses dan terhubung melalui SmartThings,” katanya.

Kata dia, sejak pertama kali memperkenalkan Bespoke pada tahun 2019, Samsung Electronics telah memperlihatkan kepada pasar bagaimana perangkat elektronik dapat dipersonalisasi sesuai dengan rumah dan gaya hidup setiap pengguna.

Baca Juga: Samsung Rilis Perangkat Mobile Tangguh untuk Berbagai Medan Kerja: Galaxy XCover7 dan Galaxy Tab Active5

“Lima tahun kemudian, hari ini kami membagikan visi AI untuk perangkat elektronik pada lebih banyak produk Bespoke melalui konektivitas dan kemampuan AI yang lebih canggih, untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi,” ungkap JH Han.

Sinkronisasi Perangkat Bespoke AI Ciptakan Pengalaman Baru di Berbagai Ruangan Rumah

Perangkat Bespoke AI terbaru dari Samsung hadir dengan fitur dan konektivitas yang telah disempurnakan untuk memberikan fondasi bagi smart home yang sesungguhnya.

Ini didukung dengan adanya built-in Wi-Fi, kamera internal, chip AI, dan kompatibilitas pada aplikasi SmartThings.

Selain menambahkan AI Home baru dan layar LCD 7 inci yang terhubung ke beberapa produk, untuk memberikan akses dan kontrol yang intuitif dan mudah atas seluruh ekosistem yang terintegrasi.

AI Home mencakup fitur 3D Map View yang menampilkan seluruh rumah secara 3D, sehingga pengguna mudah menemukan semua perangkat rumah tangga yang terintegrasi serta mengontrolnya.

Saat pengguna sedang memasak di dapur dan merasa suhunya terlalu panas, misalnya, mereka dapat menyalakan AC di ruangan lain melalui AI Home di induction range tanpa meninggalkan panci dan wajan yang sedang dipakai memasak.

Baca Juga: Kulkas Polytron Belleza Jumbo Jadi Solusi Hemat dan Efisien Kebutuhan Rumah Tangga

Saat mencuci pakaian, mereka juga dapat menyalakan robot vacuum cleaner di ruang tamu dari AI Home yang ada di mesin cuci, tanpa harus bolak-balik.

Selain itu, pengguna juga dapat menerima panggilan yang masuk ke smartphone mereka melalui AI Home, sehingga mereka dapat langsung menjawab panggilan tersebut sembari melanjutkan pekerjaan rumah tangga yang sedang dikerjakan.

AI Home tidak hanya membuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih mudah, tetapi juga lebih menyenangkan.

Pengguna dapat memutar lagu favorit mereka, menonton video di aplikasi internet, atau melihat resep melalui layar saat mereka memasak.

Dengan makin banyaknya orang menggunakan smartphone, Mobile Smart Connect merupakan fitur baru yang dapat memberikan peringatan ke smartphone pengguna ketika berada di dekat perangkat yang terdaftar.

Notifikasi pop-up meliputi menu quick control untuk menjalankan fungsi utama perangkat rumah tangga secara langsung dari smartphone, sehingga pengguna tidak perlu lagi ke sana kemari mencari remote control di rumah.

Baca Juga: Peralatan Dapur Canggih yang Didukung Teknologi AI dari Samsung Hadir di CES 2024

Hal ini bahkan mempercepat proses akses ke fitur-fitur yang sama di aplikasi SmartThings.

Pada acara Bespoke AI, Samsung juga memamerkan fitur baru ‘Calm Onboarding’, yang memudahkan pengguna menikmati hidup yang serba terhubung di Samsung.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot melakukan registrasi produk, karena fitur ini secara langsung mendaftarkan produk yang dibeli dengan akun Samsung di Samsung.com ke aplikasi SmartThings dengan akun yang sama.

AI Menghadirkan Lebih Banyak Fitur pada Perangkat Rumah Tangga Samsung

Perbedaan yang paling mencolok di antara ketiga acara tersebut, selain lokasinya, adalah jajaran produk perangkat rumah tangga yang diperkenalkan selama konferensi pers masing-masing.

Acara ‘Bespoke AI‘ di Seoul dimulai dengan menampilkan jajaran produk terbesar di antara ketiga tempat itu dengan 14 produk perangkat rumah tangga terbaru.

Seperti, Bespoke French Door Refrigerator dengan AI Family Hub™+, Bespoke Infinite Induction Line, Bespoke AI Laundry Combo™, dan Bespoke Jet Bot Combo™ AI.

Kemudian, Bespoke Jet AI™, Bespoke Cube™ Air Infinite Line, kulkas 4-Pintu 2024 terbaru yang dilengkapi dengan teknologi peltier, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Penjualan Terus Meningkat, Ternyata Ini Keunggulan 3 Smartphone Terbaru dari Sharp

4-Door French Door Refrigerator dengan AI Family Hub™ adalah pusat kendali utama untuk semua yang berhubungan dengan makanan, yang menghubungkan kulkas ke perangkat rumah tangga lain di rumah.

Saatnya Wujudkan 5 Ide Smart Home di Rumah
Samsung Smart Home./ dok. Samsung

AI Family Hub™+, yang merupakan layar LCD besar di panel kanan depan kulkas, merupakan kunci pengalaman AI yang intuitif, dimana pengguna dapat melihat resep yang direkomendasikan serta memutar musik dan video untuk hiburan di dapur.

4-Door French Door Refrigerator dengan AI Family Hub™ dilengkapi dengan AI Vision Inside yang menggunakan kamera internal untuk mengidentifikasi 33 bahan makanan segar yang masuk dan keluar dari kulkas.

Bahan makanan yang dikenali akan terdaftar dan dikelola di layar Family Hub™ dan juga dapat diperiksa di aplikasi SmartThings.

Produk perangkat rumah tangga utama lainnya adalah Bespoke Jet Bot Combo™ AI, robot vacuum cleaner dan pel dengan fitur-fitur yang disempurnakan dengan AI, termasuk AI Recognition yang cerdas.

Baca Juga: Home Galleria Hadirkan Furnitur Premium di Informa Mal Artha Gading

AI Recognition yang cerdas bekerja dengan berbagai cara. AI Object Recognition menggunakan model AI Deep Neural Network (DNN) dan kamera untuk mengenali berbagai objek termasuk manusia, hewan peliharaan, dan benda-benda yang sulit dilihat seperti kabel telepon yang tipis dan permadani atau keset.

AI Floor Detect mendeteksi jenis lantai yang akan dibersihkan, dan ketika karpet terdeteksi, robot vacuum cleaner akan memutuskan apakah akan mengangkat kain pelnya atau tidak untuk menghindari kontaminasi karpet dengan kain pel yang basah.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan Clean Station Steam+ yang menghadirkan berbagai fitur untuk merawat perangkat secara otomatis, seperti mengosongkan kantong debu, mengisi ulang tangki air, mencuci, dan membersihkan kain pel dengan uap secara intensif.

Clean Station Steam+ bahkan menyemprotkan uap bersuhu tinggi ke permukaan kain pel, untuk mengurangi 99,99% bakteri berbahaya.

Dalam acara ‘Bespoke AI’ di Paris, juga memperkenalkan kulkas freezer ekstra lebar yang hemat energi dan jajaran mesin cuci.

Kulkas freezer ekstra lebar telah menerima grade “A” menurut standar energi Eropa berkat AI Inverter Compressor dari Samsung.

Baca Juga: Apartemen The Belton Residence Mulai Diserahterimakan Akhir 2025, Kini Tersedia Show Unit Bagi Konsumen

Jajaran mesin cuci terbaru meliputi berbagai model mulai dari A-10%, A-20% dan bahkan model A-40% yang ekstra hemat energi.

Khususnya, model A-40% yang ekstra hemat energi dilengkapi dengan Bubble Shot Technology, yang menghemat air dan waktu siklus dengan memompa air di dalam drum dan menyemprotkannya ke atas pakaian.

Bespoke AI Laundry Combo™, yang dipamerkan di Seoul dan NYC, adalah mesin cuci dan pengering All-in-One, yang memberikan manfaat dua perangkat terpisah sekaligus menghemat ruang yang berharga.

Mesin ini dilengkapi dengan berbagai fitur AI, seperti mengingat kebutuhan pengguna secara berkala dan musiman serta merekomendasikan siklus pencucian yang optimal.

Dengan AI Opti Wash & Dry™, Bespoke AI Laundry Combo™ secara cerdas menyesuaikan kinerja pencucian dan pengeringan untuk setiap muatan dan merasakan berat cucian untuk mengeluarkan jumlah air dan deterjen yang diperlukan.

Mesin ini juga mendeteksi kain dan memantau tingkat kekotoran selama proses pencucian. Jika perlu, mesin ini menambahkan lebih banyak deterjen dan memvariasikan waktu pencucian.

Baca Juga: Wah, Ternyata Menggunakan Mesin Cuci Piring Bisa Menyelamatkan Lingkungan!

Kemudian menyesuaikan proses pengeringan agar sesuai dengan berat dan jenis kain cucian pengguna.

Setelah menyelesaikan siklus, pengguna dapat memantau berapa banyak energi dan air yang dikonsumsi melalui laporan yang disediakan di aplikasi Smart Things.

Perangkat unik yang hanya dipamerkan di New York di Samsung 837 adalah Bespoke Slide-in Range dengan AI Home.

Produk ini adalah induction range multi-fungsi yang juga dilengkapi dengan berbagai faktor menyenangkan.

Produk ini dilengkapi dengan Internal Oven Camera yang memungkinkan pengguna melihat bagian dalam oven dari tempat yang jauh, seperti di TV dari ruang tamu, atau bahkan dari luar rumah melalui Smart Things di smartphone mereka.

Dengan ini, pengguna bahkan bisa mendapatkan klip video time-lapse singkat yang menampilkan proses memasak yang dapat mereka bagikan di media sosial.

Baca Juga: Kolaborasi Hisense dan Xbox Hadirkan Layar Laser bagi Industri Gaming
Peralatan Dapur Canggih dari Samsung
Dapur dengan Bespoke 4-Door Flex™ Refrigerator dengan AI Family Hub™+ (Dok. Samsung)

Menuju Masa Depan Perangkat Rumah Tangga

Samsung tidak hanya berdedikasi untuk menghadirkan pengalaman rumah yang lebih baik, tetapi juga berkomitmen untuk menciptakan produk perangkat rumah tangga yang lebih inovatif dan efisien.

Acara ini sangat berarti karena tidak hanya memperkenalkan jajaran produk perangkat rumah tangga dan fitur baru yang akan diluncurkan Samsung, tetapi juga mengumumkan secara global bagaimana semua perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi, termasuk yang sudah dimiliki pelanggan, dapat berubah.

Samsung terus meningkatkan perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi di pasaran dan yang sudah ada di rumah pengguna melalui pembaruan software dan pengembangan SmartThings.

Pengguna dapat menikmati fitur-fitur baru bahkan dengan model lama, dan lebih banyak fitur hemat energi dengan produk yang sudah dibeli.

Baca Juga: ruparupa Hadirkan Promo Kebutuhan Rumah untuk Jalani Ramadan Penuh Makna

SmartThings juga terus berkembang, sehingga pengguna dapat menghemat penggunaan energi mereka setelah membeli produk.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

RHVAC - 2023
Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page