Tuesday, September 21, 2021

Kopitu Kembangkan Riset Probiotik untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

Probiotik merupakan bahan yang berasal dari organik atau biologi yang lebih ramah lingkungan dan dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Satuan Tugas (Satgas) Relawan UMKM Indonesia Melawan Covid-19 yang dibentuk oleh Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU), akan mengembangkan riset probiotik sebagai salah satu metode dalam upaya penyembuhan pasien Covid-19.

Probiotik merupakan bahan yang berasal dari organik atau biologi yang jelas lebih ramah lingkungan dan dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga mempercepat penyembuhan pasien Covid 19.

Baca Juga: Peduli Covid-19, Grup Ciputra Gaungkan Gerakan Kepedulian Sosial

“Kopitu berusaha mengembangkan riset probiotik berupa serum anti virus telur ayam, minyak VCO dan air Selenium. Produk probiotik tersebut dikembangkan dengan menerapkan kearifan lokal masyarakat indonesia khususnya para UMKM, sehingga diharapkan dapat menyediakan nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh dalam penyembuhan pasien COVID 19,” ujar ketua umum Kopitu, Yoyok Pitoyo.

Hal itu juga di dukung oleh Dr. Muhammad Sobri, “Kalau bisa dilakukan uji klinis terhadap obat-obatan herbal (tradisional) Indonesia produksi UMKM yang berpotensi dapat menyembuhkan atau mencegah Covid-19 (mengandung probiotik untuk peningkatan imunitas tubuh).”

dr Suwardi Sukri menjelaskan dalam acara Webiner yang diadakan Kopitu, Rabu, 22 April 2020 bahwa tubuh itu cerdas, punya potensi, bisa menyembuhkan dirinya asal diberi nutrisi yang tepat.

Baca Juga: Corona Baru Sebulan, Sudah 25 Hotel Jakarta Tutup, Bagaimana Nasib Ritel?

“Penyebab utama penyakit adalah ketidakseimbangan mikrobiom, sehingga kita perlu cegah kerusakan mikrobiom, agar kita terhindar dari kerusakan tubuh. Salah satu cara untuk mengatasi virus dengan segera adalah penggunaan probiotik untuk pulihkan mikrobiom yang rusak akibat obat medis dan mengendalikan virus Covid-19,” jelasnya.

Aplikasi probiotik dapat dipakai dalam beberapa bentuk, yakni cairan diminum, diteteskan dan dihirup; kemudian sebagai hand sanitizer dan desinfektan alami dengan botol spray, serta humidifier dan diffuser.

Berkaitan dalam pencegahan Covid-19, B Wisnu Widjja mengemukakan bahwa pemberdayaan masyarakat di tengah wabah Covid-19 ini dapat melalui padat karya, seperti perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan, infrastruktur dan sosek lainnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Elly Engelbert Lasut menyampaikan bahwa dalam menangani masalah Covid-19, Pemerintah Kabupaten Talaud memberikan dukungan kepada masyarakat yang berusaha seperti usaha mikro berupa insentif seperti BLT, dimana dana diupayakan dalam model padat karya agar dana bisa berputar, contoh memberikan bantuan bibit dengan melakukan 5 tahapan penanaman.

“Selain itu juga dalam membantu dibidang herbal untuk menangani Covid-19 yaitu penerapan kearifan lokal yang disebut Gofu (campuran Jahe, bawang, merica dan cuka) yang dicampur pepaya dan menjadi makanan khas masyarakat Kepulauan Talaud. Hal itu kami prediksi dapat membantu menangani Covid-19,” katanya.

Baca Juga: Beda Properti, Penjualan Produk Elektronik Malah Naik Tajam

Ketua Umum Kopitu menambahkan pihaknya juga bakal berkolaborasi dengan pemangku kepentingan kesehatan dalam negeri untuk pengembangan probiotik bagi pasien Covid-19.

Apabila ingin berdonasi untuk pengembangan obat probiotik bersama Kopitu, dapat menghubungi menghubungi 085712837241 (indah).

BERITA TERKAIT

Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

BERITA TERBARU