Youtube Channel PT
Sunday, April 14, 2024
Iklan Mesin Cuci Sharp

Setara Menanam 24.000 Pohon, Gedung OCBC Space Raih Sertifikasi Green Building EDGE Advanced

Dengan menerapkan artificial yang mengintegrasikan daylight sensor dan occupancy sensor dalam sistem manajemen gedung, instalasi solar panel, dan kaca high-performance, Gedung OCBC Space diperkirakan dapat menghemat energi hingga 45%.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Gedung OCBC Space milik PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menerima sertifikasi Green Building EDGE Advanced dari International Finance Corporation (IFC) dan Green Building Council (GBC) Indonesia.

Prosesi penerimaan telah dilaksanakan pada 6 Februari 2024 yang lalu, setelah sebelumnya OCBC Space mendapatkan EDGE Certified untuk tahap Preliminary pada 25 Juli 2022.

Baca Juga: Komitmen Terapkan Prinsip ESG, Sinar Mas Land Masuk Top-Rated ESG Companies List Regional Asia Pasifik

Penerapan prinsip bangunan hijau pada gedung OCBC Space mampu menurunkan emisi karbon dari operasional sebanyak 1.600 ton karbon (tCO­2), atau setara dengan menanam 24.000 pohon.

Filipus H Suwarno, Head of Operations & Information Technology OCBC mengatakan, sustainability bagi OCBC bukan sekadar aspirasi atau nice to have, namun diyakini penerapan ESG akan membawa dampak positif untuk masa depan.

“Kami terus berusaha menerapkan ESG dalam lini operasional kami sebagai usaha untuk mencapai net zero carbon,” katanya.

Menurutnya, sertifikasi Green Building EDGE Level 2 atau Advanced ini merupakan suatu pencapaian yang menunjukkan bahwa OCBC telah kembali naik kelas dalam hal penghematan energi.

Baca Juga: Rigid Pavement Semen Merah Putih: Dukung Infrastruktur Berkelanjutan dan Percepat Transformasi Pembangunan

Gedung OCBC Space Hemat Energi 45%

Dengan menggunakan penerangan artificial yang mengintegrasikan daylight sensor dan occupancy sensor dalam sistem manajemen gedung, instalasi solar panel, dan kaca high-performance, Gedung OCBC Space diperkirakan dapat menghemat energi hingga 45%.

Dengan penerapan sistem daur ulang air yang memanfaatkan air buangan untuk flushing toilet dan irigasi tanaman, serta penggunaan air minum yang diolah sendiri, diharapkan Gedung OCBC Space dapat menghemat air hingga 82%.

Selain itu, penggunaan bahan bangunan yang hemat energi juga dapat menghasilkan penghematan hingga 22% pada gedung yang berlokasi di BSD City, Tangerang tersebut.

Euan Marshall, IFC Country Manager for Indonesia and Timor-Leste mengatakan, hampir 40% dari emisi gas rumah kaca global tahunan berasal dari operasional bangunan dan konstruksi.

Baca Juga: Dorong Inovasi dan Pembangunan Kota Berkelanjutan, Strategi Paramount Land Capai Target 2024

“Memprioritaskan efisiensi sumber daya di dalam lingkungan bangunan menjadi sangat penting dalam upaya mengatasi perubahan iklim. Hal ini merupakan salah satu prioritas utama IFC di Indonesia dalam bidang iklim,” ucap Euan Marshall.

Dia mengaku bangga telah menjadi mitra jangka panjang OCBC dalam mendukung berbagai inisiatif berkelanjutan yang terus dilakukannya.

“Sertifikasi EDGE Advanced berarti OCBC akan dapat secara signifikan mengurangi jejak karbonnya dan berkontribusi pada target pengurangan emisi gas rumah kaca Indonesia,” katanya.

Ajak Karyawan Lakukan Gerakan EVA RAMLI

OCBC juga secara konsisten mengajak karyawan untuk ikut aktif dalam upaya pengurangan emisi dengan melakukan gerakan EVA RAMLI (evironment advocate, ramah lingkungan).

Baca Juga: Sertifikasi WELL Platinum Pertama di Indonesia Diraih Kantor JLL Indonesia

Ini merupakan gerakan zero waste management dalam kegiatan operasional sehari-hari, seperti instalasi tempat sampah tersegregasi, pengelolaan sampah, serta daur ulang plastik dan kertas bekas.

Gedung Bank OCBC
Gedung Bank OCBC. (Istimewa)

Iparman Oesman, Organization Secretary Green Building Council (GBC) Indonesia mengatakan, sertifikasi Gedung OCBC Space ini merupakan sebuah langkah bijak dari OCBC, yang juga merupakan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menahan laju rata-rata pertambahan suhu udara, karena bumi ini akan kita wariskan generasi penerus di masa depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Filipus menambahkan, semoga sertifikasi ini turut menginspirasi seluruh karyawan, nasabah, dan juga stakeholder OCBC lainnya.

“Kami berharap agar untuk turut mengambil peran dalam melestarikan lingkungan hidup, demi Indonesia dan bumi yang lebih baik,” katanya.

Baca Juga: Kantongi Sertifikat EDGE Advanced, New Cluster Morizono di Gardens at Candi Sawangan Tekan Energi Hingga 68 Persen

EDGE merupakan sistem sertifikasi bangunan hijau global yang dikembangkan oleh IFC. Hingga saat ini, EDGE telah mensertifikasi lebih dari 2,8 juta meter persegi luas bangunan dan lebih dari 19.000 rumah di Indonesia dengan potensi pengurangan 80.000 ton CO2.

[Sumber: PRNewswire]
Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

ICBT - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page