Monday, September 27, 2021

Bisnis Ruko Masih Menjamur, Pengembang: Pemborosan Nasional!

Untuk kebutuhan office, jangan di ruko. Karena secara harga pun, jika dihitung per meter persegi bangunan yang efektif, maka office itu tidak lebih mahal dari ruko. Bahkan lebih murah.

PropertiTerkini.com, (SURABAYA) – Bisnis ruko memang masih menjanjikan, apalagi berada di lokasi strategis atau setidaknya dalam kawasan hunian dengan jumlah penghuni yang cukup banyak. Banyak peruntukannya, baik sebagai tempat usaha juga sebagai kantor.

Di Surabaya pun, bisnis ruko menjamur pesat. Bahkan sebagai kantor pun, banyak perusahaan masih mengandalkan ruko.

Baca Juga: Begini Peluang Ritel dan Perkantoran di Surabaya, Pasca Pandemi

Senior Associate Director and Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan bahwa ruko di Surabaya belum bisa tergantikan.

“Artinya kalau ada local company yang masuk ke Surabaya, opsi mereka akan lihat ruko terlebih dahulu,” ujar Ferry di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Inilah yang menjadikan sektor perkantoran di Surabaya sangat pelik. Kendala lainnya, sebut Ferry, terkait dengan adanya aturan pemerintah daerah yang masih memungkinkan bangunan yang sebenarnya bukan untuk tujuan komersial dijadikan sebagai ruang kantor.

“Misalkan seperti rumah. Kalaupun sudah ada aturannya juga implementasinya belum begitu keras seperti di Jakarta,” ungkapnya.

Baca Juga: Diterpa Corona, Perkantoran di Jakarta dan Surabaya Menukik

Bahkan Sinarto Dharmawan Komisaris Utama PT Intiland Development mengatakan bahwa ruko adalah pemborosan nasional. Menurut dia, sebetulnya banyak planolog di Pemerintah Kota Surabaya sudah lama mengetahui bahwa ruko adalah produk yang kurang menguntungkan bagi suatu kota.

“Banyak kota di Tiongkok yang tidak punya wajah dan ciri khas lantaran terlalu banyak ruko,” ungkap Sinarto dalam acara webinar bertajuk ‘Quo Vadis, Peluang Investasi Properti Komersial, Retail and Office Space’ yang diselenggarakan DPD Arebi Jawa Timur, Jumat (17/7/2020) lalu.

Lantas kenapa ruko itu sangat boros? “Karena kalau kita pelajari, yang betul-betul bisa dipakai, hanya 50% lebih sedikit. Karena dia terpotong jalur service, harus ada tangga, pantry karyawan, toilet, dan sebagainya,” lanjut Sinarto.

Baca Juga: Buktikan Komitmen, Grand Dharmahusada Lagoon Tutup Atap Olive Tower

Dalam hitungan sederhana, Sinarto mencontohkan. Proyek Intiland, yakni Spazio di Surabaya Barat dibangun di lahan seluas 8.000 meter persegi. Jika dengan luas tanah yang sama dan digunakan untuk membangun ruko, maka yang dihasilkan hanya sebanyak sekitar 30 unit ruko saja.

“Artinya hanya ada 30 kegiatan di sana. Tapi ketika menjadi Spazio seperti sekarang ini, maka ada sebanyak 160 kegiatan di sana. Dan sebetulnya, bisnis itu memerlukan density. Semakin tinggi density-nya, semakin baik untuk bisnis itu,” tegasnya.

Di satu sisi, Sinarto juga melihat adanya tren penurunan pada bisnis ruko di Surabaya. Penjualan ruko pada saat ini jauh melorot daripada zaman dahulu. Bahkan dari survei yang pernah dilakukan, hampir 40% ruko di Surabaya tidak dihuni.

Baca Juga: Punya Penghasilan Rp2 Juta Bisa Beli Rumah di BNI Griya Expo Online

“Jadi sebetulnya tugas developer adalah menciptakan space yang added value-nya lebih daripada apa yang ada sekarang,” imbuhnya.

Intiland sendiri juga membangun beberapa komplek ruko, seperti di Plaza Graha Surabaya yang hadir sejak tahun 1990-an. Dimana saat itu ruko sangat popular.

Sementara beberapa unit ruko lainnya juga dibangun dalam kawasan hunian Graha Natura, namun diperuntukan sebagai ruang usaha retail.

Setali tiga uang, Sutoto Yakobus, Senior Director PT Ciputra Development Tbk menambahkan, sejatinya ruko tidak layak diperuntukan sebagai kebutuhan perkantoran. Ruko lebih cocok sebagai ritel atau jenis usaha lainnya.

Baca Juga: Usung Hunian Sehat, Grand Wisata Hadirkan O2+ Urban Pop, Harga Terjangkau

“Kalau kebutuhannya office, jangan di ruko. Karena secara harga pun, jika dihitung per meter persegi bangunan yang efektif, maka office itu tidak lebih mahal dari ruko. Bahkan lebih murah,” katanya.

BERITA TERKAIT

Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

BERITA TERBARU