Friday, December 9, 2022

Bangun Rumah Modal Rp100 Jutaan: Simak 10 Referensi Hunian Berikut Ini!

Penambahan batu-batu kerikil pada akses jalan pagar utama menuju pintu rumah akan menambahkan kesan rumah-rumah tradisional Jepang.

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Bangun rumah modal Rp100 jutaan? Bisa banget! Belum lama ini, Pinhome selaku pionir e-commerce jual, beli dan sewa properti di Indonesia membagikan beberapa tips dan trik seputar properti guna mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan hunian impiannya.

Baca Juga: Simak Batasan Renovasi Rumah Subsidi yang Boleh Dilakukan

Interior Expert Pinhome, Shania Tahir membeberkan, bangun rumah dengan budget Rp100 juta sangatlah memungkinkan, pasalnya rerata harga dalam pembangunan rumah berada di kisaran Rp3 juta/m2. Jumlah tersebut sudah termasuk ongkos upah tenaga kerja beserta material yang dbutuhkan.

“Biasanya, bangunan Rp3 juta/m2 memiliki spesifikasi fondasi pasangan batu kali, dinding tembok batu bata plester aci finish cat, plafon gypsum rangka kayu atau hollow, lantai keramik, dan atap genteng rangka baja ringan, juga sudah termasuk ongkos tenaga kerjanya,” kata Shania Tahir.

Lebih lanjut, Shania menuturkan ukuran rumah yang bisa dibangun dengan budget Rp100 juta dengan harga rata-rata Rp3 juta/m2 yakni luas bangunan yang bisa dibangun sekitar 34 m2 dengan variasi ukuran bangunan mencakup 4 m x 8 m = 32 m2, 5 m x 7 m = 35 m2, 6 m x 6 m = 36 m2, dan 7 m x 5 m = 35 m2.

Baca Juga: Selalu Banjir Peminat Rumah, Pengembang Akui Tak Masalah Hadapi Resesi

Shania membeberkan sepuluh desain rumah yang dapat dibangun dengan bermodalkan Rp100 juta saja. Yuk mari kita simak 10 referensi bangun rumah modal Rp100 jutaan, berikut ini:

Rumah Kubus Minimalis

Bangun Rumah Modal Rp100 Jutaan: Simak 10 Referensi Hunian Berikut Ini
Rumah Kubus Minimalis (Pinterest)

Rumah kubus minimalis memiliki ciri khas rumah modern, dimana desainnya tergolong murah. Meski dengan budget kecil, tapi tampilannya cukup untuk tetap mempertahankan kesan modern.

Kelebihan lainnya yakni karena kebutuhan lahan yang tidak terlalu besar, apabila lahan yang dimiliki ukurannya tidak terlalu luas, maka pemilik hunian bisa mengaplikasikan model rumah murah yang satu ini.

Rumah Kontainer Minimalis

Rumah Kontainer Minimalis
Rumah Kontainer Minimalis (Pinterest)

Baca Juga: Verena Homes, Rumah Klasik Eropa di Summarecon Emerald Karawang

Rumah kontainer minimalis memang telah banyak digunakan terutama di luar negeri, dikarenakan harganya lebih murah dibandingkan membangun rumah menggunakan dinding. Meskipun menggunakan kontainer, pemilik rumah tetap bisa mendesainnya sebagus mungkin agar memiliki tampilan yang cantik dan elegan.

Pemilik rumah bisa menambahkan jendela dan pintu dari kaca yang akan menambah kesan minimalis pada rumah. Tidak hanya itu, penggunaan kaca pada pintu juga memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah, sehingga rumah mendapatkan pencahayaan alami yang cukup.

Rumah Kontemporer

desain Rumah Kontemporer
Rumah Kontemporer (Pinterest)

Baca Juga: Bidik Pasar Premium, Agung Podomoro Hadirkan The Premiere Hills Samarinda

Rumah kontemporer, menurut Shania, juga dapat menjadi pilihan sebagai desain rumah dengan budget minim. Rumah kontemporer adalah desain rumah yang sedang banyak digunakan saat ini. Rumah ini memiliki bentuk yang sederhana dengan garis-garis yang geometris. 

Selain itu, rumah kontemporer umumnya dirancang dengan menggunakan gaya modern. Rumah ini memiliki tampilan yang modern dengan detail yang sangat inovatif. Terlebih, desain rumah ini juga bisa diaplikasikan pada lahan yang tidak terlalu luas karena tidak banyak membuang lahan yang ada.

Shania pun menuturkan rumah kontemporer ini memiliki sejumlah keunggulan seperti praktis dan budget yang dibutuhkan juga minim. Dilihat dari sisi interiornya sangat memungkinkan untuk dilengkapi guna memberikan sisi kenyamanan. Rumah kontemporer bisa dilengkapi dengan plafon, diisi furnitur, dan bagian lantai dapat dilapisi oleh lantai kayu ataupun vinyl.

Baca Juga: Padukan Hunian dengan Co-Living, Sinar Mas Land Hadirkan Klaster de Silva di Kota Deltamas Cikarang

“Memang keunggulan dari rumah kontemporer adalah praktis dan murah, tapi jangan takut. Dari sisi kenyamanannya kita bisa buat senyaman mungkin dengan dilengkapi plafon, furniture, dan lantainya bisa diganti juga pakai lantai kayu, vinyl, bahkan keramik. Asalkan nggak terlalu berat kaya marmer,” tambah Shania.

Rumah Minimalis ala Jepang

Bangun Rumah Modal Rp100 Jutaan: Simak 10 Referensi Hunian Berikut Ini
Rumah Minimalis Ala Jepang (Pinterest)

Selanjutnya yaitu rumah minimalis ala Jepang. Rumah jenis ini bisa menjadi pilihan dengan budget Rp100 juta saja. Pemilik rumah bisa membangun rumah dengan desain ala Jepang, yaitu menggunakan unsur kayu pada dinding dan lantai. Pilihan kayunya pun dapat disesuaikan dengan budget yang ada.

Baca Juga: Pinhome Resmikan Kerjasama Strategis dengan Discovery Pro, Agen Properti Bisa Klaim Komisi Lebih Awal!

Kemudian pada bagian dalam rumah, pemilik bisa menggunakan pintu yang terbuat dari panel atau papan kayu yang senada dengan kayu lain yang digunakan pada rumah. Penambahan batu-batu kerikil pada akses jalan pagar utama menuju pintu rumah akan menambahkan kesan rumah-rumah tradisional Jepang.

Rumah A-Frame House

Bangun Rumah Modal Rp100 Jutaan: Simak 10 Referensi Hunian Berikut Ini
Desain Rumah A-Frame House (Pinterest)

Rumah A-Frame House, dimana desain rumah ini memiliki rangka menyerupai huruf A dengan menampilkan sisi miring roofline hingga menyentuh garis pondasi. Rumah ini mirip seperti tempat kemah untuk anak-anak, hanya saja bentuknya lebih besar dan disertai dengan konstruksi bangunan yang kuat.

Material yang digunakan pada rumah yang satu ini pun sangat beragam, mulai dari menggunakan bahan kayu, logam, hingga menggunakan dinding kaca yang tentunya akan membuat pencahayaan alami lebih mudah masuk ke dalam rumah. 

Rumah Minimalis Berbentuk Cottage

Bangun Rumah Modal Rp100 Jutaan: Simak 10 Referensi Hunian Berikut Ini
Contoh desain rumah berbentuk cottage (Pinterest)

Jika berlibur ke tempat-tempat dengan pemandangan alam yang indah, biasanya terdapat penginapan dengan pondok-pondok kecil yang sering disebut dengan cottage. Shania Tahir menyampaikan, tak hanya cocok dijadikan sebagai penginapan, desain rumah minimalis berbentuk cottage ini juga bisa diaplikasikan sebagai desain rumah minimalis.

Baca Juga: Penting Diperhatikan Saat Beli Rumah Primer dan Sekunder

Meski kecil, lanjutnya, rumah berbentuk cottage ini bisa dibangun dengan fungsi yang lengkap seperti rumah pada umumnya. Tentunya, bisa dijadikan ide untuk membangun rumah Rp100 juta yang murah.

“Salah satu rumah yang memerlukan budget minim adalah cottage. Kenapa? Karena sejarahnya rumah cottage adalah rumah sederhana, hanya ada ruang tamu di lantai bawah serta dilengkapi dengan 2-3 kamar tidur,” tuturnya.

Rumah Kabin

Desain rumah kabin
Desain rumah kabin (Pinterest)

Ketujuh, yaitu rumah kabin. Rumah jenis ini biasanya dibuat dari kayu dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar. Rumah kabin ini juga dibuat dengan desain rustic dengan nuansa yang alami.

Berbeda dengan hunian biasa, rumah kabin umumnya ditemukan di daerah pegunungan sebagai tempat untuk beristirahat. Namun, rumah ini bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman dengan sentuhan desain minimalis modern yang memukau.

Rumah Simple Farmhouse

desain rumah Simple Farmhouse
Simple Farmhouse (Pinterest)

Baca Juga: Terjual 1.750 Unit, Mutiara Puri Harmoni 2 Pasarkan 100 Unit Tahap Akhir

Selanjutnya yaitu rumah simple farmhouse. Farmhouse adalah salah satu desain rumah yang mungkin bisa ditemukan pada film-film berlatar peternakan. Rumah ini memiliki desain yang sederhana dengan bentuk memanjang namun di ujung sisinya memiliki bentuk segitiga yang berlawanan arah.

Meski sederhana, rumah ini memiliki tampilan yang unik dan sangat menarik. Tidak perlu dilengkapi dengan peternakan untuk bisa mengadopsi desain rumah farmhouse yang simple namun menarik.

Minimalist Barn House

Bangun Rumah Modal Rp100 Jutaan: Simak 10 Referensi Hunian Berikut Ini
Minimalist Barn House (Pinterest)

Kesembilan, yakni minimalist barn house. Desain minimalist barn house ini merupakan salah satu bentuk rumah dengan biaya Rp100 juta yang bisa dimiliki.

Bentuknya sangat sederhana menyerupai bentuk huruf A dengan dinding yang tinggi, membuat barn house ini dikembangkan menjadi hunian minimalis. Pada bagian belakang rumah dilengkapi dengan pintu kaca agar membuat cahaya matahari lebih mudah masuk ke dalam rumah.

Rumah Bergaya Industrial

Rumah Bergaya Industrial (Pinterest)
Rumah Bergaya Industrial (Pinterest)

Baca Juga: Abdael Nusa Luncurkan Rumah Premium, Precium Lebak Bulus

Terakhir yaitu rumah bergaya industrial. Rumah bergaya industrial adalah model lain dari bentuk rumah berbiaya Rp100 juta yang bisa diaplikasikan.

Rumah industrial umumnya dibuat dengan konsep unfinished look dimana memiliki tampilan tidak rampung seperti tembok yang sengaja tidak dicat, penggunaan pilar berbahan logam, bahkan bisa dibuat tanpa plafon yang mana bisa menghemat biaya pembangunan rumah.

“Rumah industrial biasanya tidak dilengkapi dengan plafon untuk memperkuat kesan industrialnya, tidak dilengkapi dengan ornamen rumah yang rumit, sehingga ongkos pembangunannya pun minim. Jenis desain rumah ini diminati karena tidak memerlukan budget besar namun tetap aesthetic,” tutup Shania.

***

Demikian 10 rekomendasi bangun rumah modal Rp100 jutaan, yang dapat dijadikan inspirasi. Semoga berhasil mewujudkan hunian impianmu! 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU