Tuesday, January 31, 2023

Akses Menuju Geopark Huta Ginjang Selesai, Dukung Wisata Danau Toba

Pembangunan Jalan Huta Ginjang sepanjang 3,2 km menuju Danau Toba menelan biaya sebesar Rp15 miliar.

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (TOBA) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan jaringan jalan dan jembatan untuk meningkatkan konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut).

Pada tahun 2020, penanganan jalan dan jembatan dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara melalui 32 paket pekerjaan senilai Rp888 miliar yang tersebar di Kabupaten Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Samosir, Simalungun, Deli Serdang, dan Tapanuli Utara.

Baca Juga: Bendungan Bolango Ulu Diharapkan Airi 4.193 Hektar Sawah di Gorontalo

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, ketersediaan infrastruktur jalan yang memadai akan mengubah wajah kawasan, sekaligus mempercepat pengembangan destinasi wisata Danau Toba dan meningkatkan layanan bagi wisatawan mencapai lokasi wisata. Diharapkan layanan jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian lokal di kawasan wisata.

Pelaksanaan peningkatan konektivitas DPSP Danau Toba dilakukan melalui pekerjaan pembangunan jalan baru, pelebaran jalan, rekonstruksi jalan, pemeliharaan rutin, rehabilitasi trotoar dan drainase serta pembangunan jembatan. Salah satu pekerjaan telah selesai adalah pembangunan jalan menuju kawasan wisata Geopark Huta Ginjang di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menurut Brawijaya, Kepala BBPJN Sumatera Utara, Ditjen Bina Marga, pembangunan Jalan Huta Ginjang sepanjang 3,2 km mulai dikerjakan pada 11 Mei 2020 oleh kontraktor PT Dinamala Mitra Lestari senilai Rp15 miliar.

Baca Juga: Program KOTAKU Sentuh Kawasan Gresik

Jalan Huta Ginjang merupakan jalan kabupaten, tetapi karena jalan tersebut menghubungkan ke kawasan pariwisata ditugaskan kepada Direktorat Jenderal Bina Marga untuk menyelesaikan ruas tersebut.

Pelaksanaan serah terima akhir pekerjaan atau Final Hand Over (FHO) telah dilaksanakan pada 6 November 2020. Diharapkan dengan adanya dukungan akses yang memadai dapat mendorong Geopark Huta Ginjang menjadi salah satu lokasi pariwisata unggulan di DPSP Danau Toba guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, mendatangkan devisa, dan membuka lapangan pekerjaan.

Baca Juga: Tinjau Jalan Tol Cisumdawu, Menteri Basuki: Percepat Penyelesaian dengan Pengawasan Ketat

Geopark Huta Ginjang merupakan bagian dari kawasan Geosite Kaldera Danau Toba yang memiliki panorama cantik. Saat ini kawasan Geopark Huta Ginjang masuk sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU