Wednesday, February 8, 2023

Kohler dan Daniel Arsham Menghadirkan Instalasi Seni di Ajang Milan Design Week

Dalam rangka ajang Milan Design Week, Kohler menyalurkan donasi untuk program WASH yang dijalankan Water Mission di Indonesia.

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (MILAN) — Kohler, merek gaya hidup dan pemimpin industri global pada segmen produk dapur dan kamar mandi, kembali mengikuti ajang Milan Design Week. Di ajang ini, Kohler meluncurkan instalasi seni imersif secara global lewat kolaborasi bersama artis-desainer, Daniel Arsham.

Pengunjung Milan Design Week dapat menyaksikan pameran Kohler di Palazzo del Senato (Via Senato 10) setiap hari dari pukul 12 siang hingga 10 malam, dari Selasa, 7 Juni hingga Minggu, 12 Juni.

Baca Juga: Jalan Lintas Tengah Sumatera, Jalur Alternatif Non Tol Penghubung Lampung-Bengkulu

Pameran “FuoriSalone” dari Kohler menampilkan instalasi seni imersif berskala besar, bertajuk “Divided Layers”. Karya seni ini secara khusus dirancang di lokasi tersebut berdasarkan produk yang diluncurkan sebelumnya, Rock.01—sebuah wastafel yang dibuat dengan teknik cetak 3D, didesain Daniel Arsham lewat kolaborasi bersama Kohler pada 2021.

Instalasi seni imersif ini terbuat dari rangkaian panel yang disusun dan digabungkan dalam bentuk koridor yang dapat dilalui pengunjung. Saat merancang Rock.01, Arsham ingin menciptakan Divided Layers agar tamu dapat berjalan melewati wastafel.

Setiap panel dari instalasi seni ini menyerupai satu keping tanah liat yang dibuat dengan teknik cetak 3D, dan saling terjalin hingga membentuk sebuah wastafel. Teknik cetak 3D digunakan sebagai proses konstruksi tambahan; koridor tersebut mengungkap efek minimalis sehingga pengunjung pameran dapat berjalan melintasinya.

Baca Juga: Kementerian PUPR Rehabilitasi 3 Fasilitas Kesehatan di Sulawesi Tengah

Di dalam instalasi seni ini, sebuah kolam kecil menjadi reflektor yang menggandakan dan memantulkan lubang berukuran besar. Arsham ingin agar pengunjung pameran berkontemplasi tentang penerimaan ruang dan sifatnya yang mudah dibentuk, serta memahami hubungan antara volume. Pola dinding di instalasi seni ini meniru irama pilar di dalam Palazzo, turut menciptakan suasana yang mencerminkan pergerakan atau alur.

“Aliran air ditemui di ruang negatif dan positif, terlepas dari ‘kegunaan’ dari suatu bentuk,” ujar Daniel Arsham. Dalam Divided Layers, pengunjung pameran dapat merasakan suasana di dalam wastafel, alih-alih melihatnya sebagai alat fungsional.”

Lewat ajang desain dan seni ini, Kohler dan Arsham mengumumkan kolaborasi selama beberapa tahun, serta terus bereksplorasi lewat bentuk dan fungsi. Kohler ingin selalu mengangkat dunia seni.

Baca Juga: Perjalanan Wisata Tanpa Ketentuan Karantina Picu Peningkatan Pesat Minat Berlibur di Asia Pasifik

Di sisi lain, dalam rangka ajang Milan Design Week, Kohler menyalurkan donasi untuk program WASH yang dijalankan Water Mission di Indonesia. Program ini berkontribusi menyediakan air minum yang aman dan sanitasi bagi 10.000 orang lewat 15 proyek pada 2022.

Melalui produk yang berdampak positif dan kolaborasi inspiratif, platform Believing in Better dari Kohler berupaya meningkatkan taraf kehidupan generasi masa kini dan depan lewat desain, teknik produksi, dan inovasi.

Kohler juga akan memamerkan inovasi produk global terbarunya di Salone del Mobile Fair, Hall 22 – Stand H15 H19.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU