Iklan Youtube Properti Terkini
Tuesday, June 18, 2024
Banner Louis

Balinese Water Purification Ceremony Menandai Dimulainya World Water Forum

Dalam WWF akan ada penandatanganan berbagai proyek dan hibah. Selain fokus terkait pengelolaan air di tingkat internasional.

PropertiTerkini.com, (BALI)Balinese Water Purification Ceremony yang digelar pada Sabtu, (18/5/2024) di Pantai Surf Surf By The Wave, Kawasan Kura Kura Bali, Denpasar, menandai dimulainya World Water Forum ke-10.

Hadir dalam seremoni tersebut, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Baca Juga: Sekolah Islam Al Azhar Summarecon IKN Mulai Dibangun Akhir Mei 2024, Komitmen Summarecon Dukung Program Pemerintah

Acara ini merupakan salah satu rangkaian Gelaran World Water Forum ke-10 yang digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali dan menandai dimulainya forum terbesar terkait pengelolaan air di tingkat internasional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pelaksanaan upacara Segara Kerthi sebagai bagian dari World Water Forum ke-10 merupakan aksi nyata dari komitmen Indonesia dalam melindungi alam, khususnya air.

Menteri Luhut mengatakan, melalui pelaksanaan upacara tersebut, dunia melihat betapa budaya Indonesia, khususnya Bali peduli terhadap lingkungan yang ditandai dengan simbolisasi pelepasan burung dan penyu ke alam bebas.

Baca Juga: Lewat Bantuan PSU, Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Rumah Subsidi di NTB

“Jadi kami memperlihatkan kepada masyarakat luar, tidak hanya berbicara, tetapi juga melalui ritual yang kalian saksikan saat ini,” kata Luhut.

Sementara itu menurut Menteri Basuki, kegiatan Balinese Water Purification ini akan menjadi ajang atau momen mempromosikan wisata budaya di tingkat mancanegara.

“Acara internasional seperti ini merupakan momen yang jarang terjadi, jadi memang tujuannya promosi,” ujarnya.

Basuki mengatakan bahwa penyelenggaraan World Water Forum ke-10 merupakan kemenangan diplomatik Indonesia, karena terdapat penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi (KTT), hingga penandatanganan berbagai proyek dan hibah.

Baca Juga: Semen Merah Putih Komitmen Ramah Lingkungan, Terapkan Culture Innovation

“World Water Forum ke-10 ini adalah kemenangan diplomatik (diplomatic victory) dari Indonesia di dunia internasional untuk tata kelola air, sebab World Water Forum kali ini berbeda dari yang berbeda yang belum pernah sebelumnya dilaksanakan di negara lain,” jelas Basuki.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Sharp Plasmacluster

BERITA TERBARU

Demo Half Page