(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Friday, July 19, 2024
Banner Louis

Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Ruas JORR 2 Tersambung Penuh

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melintasi 4 wilayah.

PropertiTerkini.com, (BOGOR) — Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2024).

Menurut Ma’ruf Amin, jalan tol ini merupakan bagian dari JORR 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek. Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari Bogor ke Bekasi menjadi hanya 30-45 menit yang sebelumnya 1-2 jam jika lewat jalan arteri.

Ma’ruf Amin berharap terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan jaringan jalan tol Jabodetabek lainnya dapat meningkatkan konektivitas antar kawasan sehingga mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan Jabodetabek.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km adalah bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melintasi 4 wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Pembangunannya dilakukan sejak tahun 2016 dengan nilai investasi Rp10,6 triliun.

Jalan tol ini terdiri dari 2 seksi yaitu Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis–Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya–Cibitung. Seksi 2 terbagi dalam Seksi 2A Jatikarya–Cikeas dan seksi 2B Cikeas–Cibitung.

Seksi 1 dan Seksi 2A sepanjang 6,5 km sudah beroperasi masing-masing sejak 2020 dan 2023, sementara Seksi 2B sepanjang 19,7 km yang diresmikan hari ini menjadi seksi terakhir yang akan segera dioperasikan.

Setelah pengoperasian seksi terakhir Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, JORR 2 akhirnya telah utuh tersambung dengan panjang total 111 km, di mana ruas-ruas lainnya dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – Cimanggis lalu Cibitung – Cilincing sebelumnya sudah beroperasi sepanjang 91,3 km.

“JORR 2 akhirnya lengkap tersambung mulai dari Cengkareng hingga Cilincing. Kalau dari barat mau ke timur, tidak perlu masuk Jakarta dulu, bisa lewat tol ini saja langsung ke Cikampek. Jadi mengurangi kemacetan di dalam kota Jakarta,” kata Basuki.

Turut hadir Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi, Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad, dan Direktur Utama PT Waskita Karya M. Hanugroho.

 

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Demo Half Page