Monday, May 23, 2022

Tambah LRT di Tiga Kota, Jokowi: Transportasi Massal Harus Jadi Budaya

- Advertisement -

Setelah Palembang dan Jakarta, transportasi massal LRT juga akan dibangun di tiga kota besar, yakni Surabaya, Medan dan Bandung. Jokowi berharap, transportasi massal harus menjadi budaya bagi warga negara Indonesia. Dan Palembang menjadi contoh untuk ini.

Propertiterkini.com – Transportasi massal berbasis rel seperti light rail transit (LRT) akan menjadi alat angkut orang yang diandalkan di kemudian hari. Selain lebih hemat waktu, menggunakan LRT juga tentunya lebih nyaman dan hemat biaya.

Di Indonesia, dua kota besar telah siap mengoperasikan LRT. Palembang telah lebih dahulu, menyusul kemudian di Jakarta yang juga menargetkan operasional tahap pertama sebelum dimulainya perhelatan Asian Games 2018.

Baca Juga:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah melakukan uji coba kereta ringan LRT di Palembang mengatakan, jika pembangunan LRT dalam jangka panjang akan memberikan alternatif moda transportasi kepada masyarakat. Penggunaan transportasi massal, sebut Presiden, lebih efisien dari penggunaan kendaraan pribadi.

“Yang paling penting ini adalah membangun sebuah peradaban baru, budaya baru, budaya menggunakan transportasi massal yang aman dan nyaman, serta budaya tepat waktu dan budaya antre,” ujar Presiden Jokowi di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/7/2018).

Memang tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat yang lebih cenderung menggunakan kendaraan sendiri. Olehkarenanya butuh waktu panjang untuk ini. Setidaknya 10-15 tahun sebagaimana negara-negara lain yang sudah sukses mengajak warganya menggunakan transportasi massal.

“Jangan dikira gampang,” tegas Presiden.

Palembang Jadi Contoh

LRT Palembang memiliki 4 rute yang trasenya sudah direncanakan dan disiapkan. Presiden Jokowi juga berharap LRT Palembang tersebut akan menjadi contoh bagi kota-kota besar lain di Indonesia.

“Saya kota-kota besar sudah mulai padat, mulai macet, mulai membutuhkan transportasi massal,” kata Jokowi sebagaimana dipublikasikan Humas Setkab.

Untuk ini, Pemerintah Indonesia akan melanjutkan pembangunan LRT di beberapa kota lainnya. Saat ini, sebut Presiden Jokowi, ada tiga kota besar, yaitu Surabaya, Medan, dan Bandung.

“Tiga kota ini yang dalam perencanaan sudah matang dan sebentar lagi mau kita mulai,” kata Presiden.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU