Iklan Mesin Cuci Sharp
Monday, June 24, 2024

Pembangunan IKN Dorong Prospek Investasi Properti di Kaltim

Bertepatan dengan HUT RI ke-78, The Premiere Hills memberikan diskon 17 persen selama pameran Festival Investasi Properti di Senayan City yang berlangsung dari tanggal 15-27 Agustus 2023.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Masifnya progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara, telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Investasi di sektor properti pun kian tumbuh positif.

Dengan perkembangan ekonomi yang tumbuh signifikan, Kaltim kini menjadi destinasi investasi properti baru di Indonesia. Termasuk proyek properti milik Agung Podomoro yang berada di poros IKN, yakni The Premiere Hills Samarinda dan Borneo Bay City Balikpapan.

Baca Juga: Grand City Balikpapan Luncurkan Klaster Nordville, Rumah Tipe Besar Mulai Rp1,6 Miliar

Assistant Vice President Marketing Agung Podomoro, Yenti Lokat menjelaskan, pembangunan IKN yang telah mencapai 37 persen semakin menguatkan perekonomian Kalimantan Timur. Dengan status sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), keberadaan pembangunan IKN telah mendorong masuknya investasi besar, yang berasal dari dalam maupun luar negeri, ke Kalimantan Timur.

“Agung Podomoro memiliki komitmen tinggi dalam mendukung pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Agung Podomoro memberikan dukungan dalam penyediaan produk properti prestisius di Samarinda dan Balikpapan yang berstatus sebagai kota penyangga IKN,” kata Yenti di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Timur, realisasi investasi pada Kuartal II/2023 tahun ini sebesar Rp15,54 triliun.

Baca Juga: Terjual 5.300 Unit Rumah, Kota Podomoro Tenjo Kembali Rilis Produk Baru dengan Promo 17-8-45

Balikpapan menjadi kota dengan realisasi investasi tertinggi di Kalimantan Timur dengan capaian Rp 3,24 triliun atau 29,51 persen dari realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Badan Pusat Statistik (BPS) juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur pada Kuartal II/2023 mencapai 6,84 persen secara tahunan (year on year) dibandingkan dengan Kuartal II/2022 yang hanya mencapai 3,62 persen.

Secara regional, kinerja ekonomi Kalimantan Timur merupakan yang tertinggi dibandingkan empat provinsi lainnya dengan kontribusi sebesar 47,14 persen dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kalimantan. Kinerja ekonomi Kalimantan Timur juga lebih tinggi dibandingkan laju pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,12 persen pada Kuartal II/2023.

Yenti mengatakan, seiring dengan melajunya ekonomi Kalimantan Timur dan rencana pemindahan kantor-kantor kementerian ke IKN, akan menciptakan perpindahan sekitar 1,6 juta orang dari Jakarta. Kondisi tersebut akan mendorong permintaan yang besar terhadap properti.

Baca Juga: Program BSPS di Kota Samarinda Sasar 200 RTLH

Dalam merespon pasar, Agung Podomoro telah menjawab dengan meluncurkan The Premiere Hills Samarinda, hunian rumah tapak eksklusif, serta Borneo Bay City Balikpapan dengan konsep superblock, yang terdiri dari apartemen, area komersial, mal, perkantoran, hotel, dan ruko.

Agung Podomoro akan selalu mendukung pemenuhan tempat tinggal bagi jutaan orang yang akan pindah ke IKN. Produk properti Agung Podomoro yang berada di Samarinda dan Balikpapan dapat menjadi pilihan utama untuk hunian bagi calon warga IKN,” ucap Yenti.

Tidak hanya sebagai hunian, The Premiere Hills Samarinda dan Borneo Bay City Balikpapan juga dapat menjadi aset investasi properti yang memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Mengacu Survei Harga Properti Residensial triwulan II/2023 yang dipublikasikan Bank Indonesia, kenaikan harga properti residensial di Samarinda sebesar 1,18 persen atau tumbuh 0,16 persen secara tahunan (year on year) dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Perumahan Mentari Village Balikpapan Terima Bantuan PSU Senilai Rp473,27 Juta

Dengan mempertimbangkan kualitas serta lokasi dari The Premiere Hills Samarinda dan Borneo Bay City Balikpapan yang berada di kota-kota penyangga IKN, lanjut Yenti, layak menjadi pilihan investasi properti terbaik di Kalimantan Timur.

“Ditambah lagi harga properti residensial yang terus meningkat tentunya semakin memberikan banyak keuntungan selain menikmati hunian berkualitas yang mendukung gaya hidup sehat konsumen,” kata Yenti.

Dalam pengembangannya, The Premiere Hills dan Borneo Bay City Balikpapan akan mengadopsi konsep kehidupan berkelanjutan yang mengedepankan aspek lingkungan.

Dengan menghadirkan pohon-pohon dan lansekap yang dirancang secara cermat, produk properti Agung Podomoro dapat menciptakan paru-paru kota yang hijau.

Baca Juga: Parkland Podomoro Karawang Rilis La Promenade, Shophouse dengan Prospek Investasi Tinggi

“Kami berkomitmen untuk hidup beriringan dengan alam. Melalui upaya ini Agung Podomoro berupaya untuk menginvestasikan kesehatan dan masa depan jangka panjang bagi para penghuninya. Kami meyakini bahwa tindakan kecil akan berpotensi menghasilkan perubahan besar untuk lingkungan dan kualitas hidup kita,” ujar Yenti.

Head of Marketing The Premiere Hills, Oktaria Iswara Zen menambahkan, pihaknya baru meluncurkan produk terbaru yaitu The New Bengkirai Upslope, hunian dua lantai dengan ukuran 8×16 yang didesain modern sesuai dengan kebutuhan masyarakat Samarinda.

“Peluncuran produk ini merupakan respon kami dalam menjawab tingginya permintaan properti di Samarinda,” katanya.

Baca Juga: Kota Deltamas Hadirkan Rental Standard Factory Building, Mulai Rp85 Ribu

Promo Merdeka

Bertepatan dengan HUT RI ke-78, The Premiere Hills memberikan diskon 17 persen selama pameran Festival Investasi Properti di Senayan City yang berlangsung dari tanggal 15-27 Agustus 2023.

Dalam festival ini, The Premiere Hills Samarinda juga memberikan kemudahan pembiayaan melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan fixed rate 3,45 persen.

Baca Juga: Apartemen TwoSenopati Segera Hadir di Kawasan Elit SCBD, Tidak Lebih dari 100 Unit!

“Kami percaya promo pada momen HUT RI ke-78 ini akan semakin memudahkan konsumen untuk memiliki properti The Premiere Hills sebagai hunian berkualitas serta investasi properti terbaik di Kota Samarinda. Kami juga akan terus melanjutkan pembangunan secara agresif agar dapat diserahterimakan kepada konsumen tepat waktu,” tutup Oktaria.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Demo Half Page