Banner Louis
Thursday, May 23, 2024

Layanan Operasional MRT Jakarta Selama Libur Lebaran 2024

MRT menghadirkan berbagai promo melalui aplikasi MyMRTJ. Seperti Marti Games berhadiah total Rp15 juta, double marti poin untuk pembelian tiket QR selama periode 6—15 April 2024, juga cashback tiket hingga 50 persen.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — PT MRT Jakarta (Perseroda) mengumumkan layanan operasional MRT Jakarta selama libur Lebaran 2024.

MRT Jakarta akan menerapkan pola operasional akhir pekan selama lebaran Idulfitri 1445 H, yaitu 6—15 April 2023.

Baca Juga: Bangun Proyek TOD, MRT Jakarta Jalin Kerja Sama dengan Jakarta Tourisindo

Pola operasional yang berlaku ialah grafik perjalanan kereta (gapeka) normal saat akhir pekan atau libur, yaitu pukul 05.00—24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan kereta setiap 10 menit.

Seluruh 13 stasiun akan dibuka sesuai dengan jam operasional tersebut. PT MRT Jakarta (Perseroda) menyiapkan 219 jumlah perjalanan kereta dan tujuh rangkaian kereta untuk melayani masyarakat.

“MRT Jakarta akan tetap beroperasi melayani masyarakat selama libur Idulfitri mendatang. Seluruh stasiun juga dibuka dengan pelayanan seperti biasa,” kata Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda), Ahmad Pratomo, dikutip dari laman resmi MRT Jakarta.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menambah petugas di stasiun untuk memastikan pengguna jasa MRT Jakarta mendapatkan pengalaman yang nyaman selama berada di stasiun maupun kereta.

Baca Juga: Dukung Arus Mudik Lebaran, Tol Fungsional Kartasura-Klaten Dibuka

“Selain jadwal layanan operasional MRT Jakarta ini, kami juga menyiapkan sejumlah program menarik bagi para pengguna jasa MRT Jakarta selama masa liburan tersebut,” tuturnya.

Program tersebut antara lain pelayanan contact center yang lebih efektif dan efisien, serta pelayanan stasiun dengan menitikberatkan potensi kepadatan penumpang.

Selanjutnya juga penjualan tiket single trip, menyediakan alat pembelian tiket perjalanan secara mobile oleh petugas stasiun.

Bahkan, MRT juga menghadirkan berbagai promo melalui aplikasi MyMRTJ. Seperti Marti Games berhadiah total Rp15 juta, double marti poin untuk pembelian tiket QR selama periode 6—15 April 2024, juga cashback tiket hingga 50 persen.

“Sejumlah gerai di stasiun juga menyediakan program promo,” tambah Ahmad.

Baca Juga: Perkantoran di Jakarta Q1 2024: Tingkat Hunian Diperkirakan Naik, TB Simatupang Favorit di Luar CBD

Bahkan, tambah Ahmad Pratomo, MRT Jakarta juga bekerjasama dengan berbagai mal sekitar stasiun, seperti Mal Plaza Indonesia, Blok M Plaza, dan fX Sudirman, serta sejumlah restoran di sekitar stasiun.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk menyediakan berbagai promo, seperti McD, Amez Coffee, Ayam Nona Tjioe, rasea, Livera, dan NMW Clinic.

Inovasi Layanan Operasional MRT Jakarta Menyambut Libur Lebaran

Salah satu inovasi layanan operasional MRT Jakarta dalam menyambut libur lebaran, yakni pihak MRT Jakarta juga mengeluarkan mesin penjualan tiket MyMRT Lite versi mobile.

“Cara kerjanya seperti mesin penjualan tiket MyMRTJ Lite versi self-service yang ada di Stasiun Bundaran HI, namun ini versi mobile yang dibawa oleh petugas stasiun,” terang Ahmad.

Baca Juga: Philips Smart LED Connected by WiZ Hadirkan Pencahayaan Rumah Lebih Hangat Bersama Keluarga

Melalui layanan mobile tersebut, kata dia, para petugas dapat proaktif menawarkan kepada pelanggan untuk membeli tiket dari mesin tersebut.

Petugas akan membantu pelanggan memilih stasiun tujuannya, lalu pelanggan tinggal membayar dengan memindai kode QR sesuai nominal biaya perjalanan.

“Kemudian tiket kode QR untuk dipindai di gerbang penumpang (passenger gate) akan tercetak otomatis atau terkirim ke posel (e-mail) pelanggan,” jelas Ahmad.

Untuk menggunakan layanan MRT Jakarta, pelanggan dapat menggunakan sejumlah metode pembayaran, seperti kartu uang elektronik (e-money Mandiri, flazz BCA, BRIzzi BRI, TapCash BNI, JakCard Bank DKI, Kartu JakLingko, dan kartu KMT).

Baca Juga: Gempa di Pulau Bawean: Pemerintah Segera Bangun Hunian Bagi Korban Bencana
jumlah penumpang MRT Jakarta
Penumpang MRT Jakarta pada masa uji coba, Maret 2019 lalu. (Foto: Pius/PropertiTerkini.com)

Juga bisa melalui aplikasi MyMRTJ (iSaku, AstraPay, blu BCA, dan kartu kredit mastercard), dan mesin penjualan tiket QR MyMRTJ Lite (QRIS, kartu debit, dan kartu kredit)

Selanjutnya bisa melalui mesin vending machine kartu jelajah MRT (tunai), dan loket di stasiun menggunakan tunai, QRIS, kartu debit, dan kartu kredit.

Sebagai gambaran, angka kuterangkutan saat libur Lebaran 2023 lalu, yakni pada H-10 dan H+10 mencapai 1.506.926 orang.

Baca Juga: Toko Terbesar KELS Kini Hadir di Living World Kota Wisata Cibubur

Adapun total pengguna MRT Jakarta pada hari pertama Lebaran adalah mencapai 28.230 orang dan hari kedua mencapai 44.264 orang.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Sharp Plasmacluster
RHVAC - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page