Saturday, October 23, 2021

Homestay Dukung Pengembangan DPSP Manado

Pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa dilakukan lewat pariwisata di kawasan DPSP seperti di Manado. Homestay di DPSP Manado-Likupang sudah mulai disewakan dengan tarif Rp200 ribu per malam.

PropertiTerkini.com, (SULAWESI UTARA) — Upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat terus dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian PUPR lewat pembangunan infrastruktur yang menunjang destinasi wisata di berbagai pelosok tanah air.

Pariwisata diharapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat yang saat ini terpukul oleh kondisi pandemi Covid-19. Salah satu daerah yang terus ditingkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat lewat pariwisata adalah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) lewat pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Manado – Bitung – Likupang, Sulawesi Utara.

Baca Juga: Jalan-Jalan Ke Likupang, Cukup Menginap di Homestay Saja

Menurut Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan pandemi Covid-19 pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata.

Kementerian PUPR telah merampungkan beberapa ruas jalan di DPSP Manado – Bitung – Likupang. Preservasi dua ruas jalan dan satu jembatan yakni preservasi Jalan Girian (Bitung) – Likupang (Jalan 46,67 km dan Jembatan 152,2 km), peningkatan Jalan Pantai Pulisan (2,8 km), dan penggantian Jembatan Marinsow dengan (13 km) total panjang jalan 46,47 km dan jembatan 165,2 m.

Selain itu, Kementerian PUPR juga membangun Bundaran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang nantinya akan dijadikan gerbang utama untuk Kawasan Pantai Pulisan. Bundaran KEK Likupang juga dilengkapi dengan jalur sepeda, jogging track, serta taman. Pembangunan serta preservasi jalan akses DPSP Manado – Bitung – Likupang akan mempercepat waktu tempuh dari 1 jam menjadi 40 menit dari Manado menuju Likupang.

Selain konektivitas, Kementerian PUPR juga melakukan pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya Mendukung Pariwisata atau dikenal juga dengan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta).

Baca Juga: Kini, Kredit Rumah Mewah The Sanctuary Collection Bisa Melalui Bank Syariah Indonesia

Di Provinsi Sulawesi Utara, Program Sarhunta dilaksanakan di DPSP Manado-Likupang dengan renovasi dan rehabilitasi 263 unit rumah yang dibuat menjadi rumah dengan fungsi usaha di tiga Desa yaitu Marinsow, Pulisan, Kinunang dan satu Kelurahan di Pulau Bunaken.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU