Tuesday, October 4, 2022

Terinspirasi dari Ikan Remora, Gweich Hadirkan Vacuum Cleaner Berteknologi Cerdas

Alat penyedot debu ini dihadirkan bagi setiap perempuan di Asia Tenggara, agar mereka dapat memperoleh pengalaman membersihkan rumah yang simpel dan natural.

- Advertisement -

PropertiTerkini.com, (JAKARTA)Gweich, merek perangkat rumah tangga, meluncurkan rangkaian alat pembersih rumah berteknologi cerdas, yakni penyedot debu (smart vacuum cleaner) di pasar Asia Tenggara dalam waktu dekat.

Vacuum cleaner Gweich terinspirasi dari kehidupan laut, ikan remora (juga dikenal sebagai ikan pengisap/sucker fish).

Baca Juga: Produk Rumah Tangga Baru Gweich Segera Hadir di Asia Tenggara

Pendiri GWEICH, ahli teknik asal Amerika, Dr Weichel Geller, kebetulan melihat ikan remora yang melekat erat di bagian bawah kapal ketika dia berada di laut. Kemudian, dia meniru karakteristik dan fitur dari sistem adsorpsi ikan remora lewat riset, kajian, dan imitasi. Hal ini sangat meningkatkan daya isap dan kekedapan alat pembersih rumah Gweich.

Ikan remora memiliki sekitar 2.000 duri berbentuk kerucut kecil pada siripnya. Duri ini dapat turun-naik sesuai dengan jenis permukaan yang menjadi tempat ikan remora menempel.

Maka, daya isap ini membuat ikan remora melekat erat pada permukaan beragam organisme laut. Dengan mengintegrasikan ilmu bionika dan teknik rekayasa dari ikan remora, Dr Geller memimpin timnya hingga berhasil mengembangkan Prinsip Isapan (teknologi pembersih biologis/biological cleaning) pada 2015.

Baca Juga: Vacuum Cleaner Robotik, Otomatis Bersihkan Rumah

Dr Geller, bersama pakar desainer industri asal Asia Yolanda, menerapkan Prinsip Isapan (teknologi pembersih bionik/bionic cleaning) dalam penelitian dan pengembangan alat penyedot debu untuk rumah pada 2017, lalu resmi meluncurkan alat penyedot debu untuk rumah satu tahun setelahnya.

Produk ini mengandalkan prinsip kerja dari daya isap ikan remora. Hasilnya, seluruh sistem filter kekedapan (sealing filter) mesin secara efektif mengatasi polusi sekunder yang timbul ketika alat penyedot debu ini membersihkan rumah.

Penyedot Debu Paling Efisien

Yolanda menilai, efisiensi yang baik membebaskan perempuan dari pekerjaan rumah tangga. Hal tersebut sangat mencerminkan desain ideal pada perangkat rumah tangga.

Yolanda meluncurkan seri Gweich Valley dan Lake pada 2019 yang terinspirasi dari keindahan alam Colorado, Amerika Serikat. Dia berharap, produk ini mewujudkan suasana rumah yang menarik dan efisien bagi seluruh perempuan yang ingin memperoleh kebebasan hidup.

Baca Juga: Cimory Dairyland BSD City Akan Beroperasi di 2024

Beberapa keunggulan dari produk tersebut, yakni tampilan simpel (desain simpel, selaras dengan seluruh lingkungan rumah); dan performa yang memudahkan pengguna (desain efisien, mudah digunakan tanpa tangan).

Alat penyedot debu Gweich
Alat penyedot debu Gweich yang berbobot ringan, membebaskan pengguna dari pekerjaan rumah tangga./ dok. Gweich

Kemudian, pengoperasian portabel (desain ergonomis, pengoperasian yang mudah digunakan manusia, kehidupan yang portabel); Konsumsi energi yang hemat (desain dengan konsumsi energi yang rendah, menghemat biaya); suara senyap (desain dengan suara senyap, rumah yang tenang); serta bobot ringan (bodi ringan, bebas bergerak).

Baca Juga: Penghargaan Jadi Referensi Calon Pembeli, Pengembang Harus Lakukan Ini!

“Alat penyedot debu Gweich terinspirasi dari keunggulan dan keindahan alam. Kami akan menghadirkan alat penyedot debu ini bagi setiap perempuan di Asia Tenggara, serta berharap agar mereka dapat memperoleh pengalaman membersihkan rumah yang simpel dan natural,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU