Monday, November 29, 2021
728 x 90-Banner Grand Wisata

Beda Properti, Penjualan Produk Elektronik Malah Naik Tajam

Kuartal pertama 2020, penjualan produk properti telah turun tajam di semua segmen, termasuk end user yang mayoritas di segmen menengah bawah. Di sisi lain, produk elektronik untuk rumah tangga, seperti dari Sharp Indonesia malah naik hingga 155 persen.

- Advertisement -
728 x 90-Banner Grand Wisata

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Beberapa perusahaan riset dan konsultan properti, termasuk pengembang properti dan Real Estat Indonesia (REI) telah menyampaikan bahwa wabah Covid-19 telah berdampak pada penurunan penjualan properti hingga 50 persen. Penurunan terjadi di semua segmen, bahkan end user yang mayoritas di kelas menengah bawah pun tergerus tajam. Namun, berbeda dengan properti, penjualan produk elektronik, khususnya produk rumah tangga justru sedang meningkat tinggi.

Ya, boleh jadi, bahwa adanya kebijakan bekerja dari rumah dan diikuti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mungkin menjadi salah satu faktor naiknya penjualan produk elektronik tersebut. Beli produk elektronik memang tidak harus dilihat atau ‘diraba’. Transaksi via platform e-commerce/online pun jadi. Beda dengan produk properti, dimana konsumen tentunya menginginkan untuk berkunjung langsung ke lokasi dan melihat langsung fisik bangunan tersebut.

Baca Juga: Penjualan Properti Turun, Ini Strategi Bukit Cimanggu City

Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan, pandemi Corona telah berdampak pada penurunan kapasitas produksi Sharp hingga 20 persen. Sejatinya Sharp telah mengantungi Surat Keterangan/izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri, namun demi mendukung kebijakan PSBB pemerintah, perusahaan harus melakukan pembatasan jumlah karyawan bekerja.

“Akhirnya berdampak pada penurunan kapasitas produksi sebesar 20 persen,” ujar Andry melalui siaran pers yang diterima, Kamis (23/4/2020).

Meski demikian, di tengah segala keterbatasan tersebut, nyatanya Sharp Indonesia masih mampu mencatatkan pertumbuhan penjualan pada kuartal pertama dari kategori produk rumah tangga.

“Performa positif kami terlihat dari beberapa produk seperti lemari pendingin, AC yang tumbuh 118,1%, air purifier tumbuh 155%, dan mesin cuci yang tumbuh 98,2%,” terang Andry.

Baca Juga: Tiga Produk Baru Samsung yang Bikin Rumah Lebih Higienis

Lebih lanjut, Andry mengungkapkan bahwa peningkatan tersebut lantaran produk-produk Sharp memang sangat dibutuhkan konsumen Indonesia, terutama disaat work from home ini.

“Kami juga sudah bekerjasama dengan beberapa partner bisnis strategis untuk mempermudah pelanggan setia Sharp dalam melakukan pembelian, bahkan dari rumah saja,” ungkap Andry.

Sharp memiliki jaringan yang luas secara nasional, dengan memiliki puluhan cabang dan ratusan service center se-Indonesia. Perusahaan elektronik asal Jepang ini juga bekerja sama dengan berbagai market channel, baik tradisional hingga e-commerce.

“Kami telah menyiapkan strategi penjualan baru yang kami sesuaikan dengan kondisi saat ini, kami telah bersama dengan keluarga Indonesia lebih dari 50 tahun, jadi kami akan selalu ada ditengah konsumen dalam situasi sesulit apapun, melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen setia di Indonesia itu yang menjadi motivasi kami dalam bekerja,” jelas Andry.

Baca Juga: Ternyata Sharp Punya 14 Produk yang Mampu Cegah Virus Corona

Lebih lanjut Andry optimis dapat mencapai pertumbuhan penjualan di Q2 sebesar 116%. Hal ini didasari oleh peluang dari produk-produk rumah tangga yang masih berada di tren positif. Selain itu, kemampuan Sharp dalam melakukan inovasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia juga menjadi kekuatan Sharp dalam hal ini.

“Lokasi pabrik Sharp di kawasan industri Karawang juga memberikan nilai lebih dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan produk yang mengandung fitur lokal yang sesuai dengan selera pasar Indonesia secara cepat,” kata Andry.

Promo Sharp

Masih dalam rangka rangkaian hari jadinya, Sharp kembali luncurkan program Sharp Lovers Day, bertemakan Lebaran Berkah. Sharp mengajak konsumennya untuk berdonasi dengan menyisihkan uang senilai Rp5.000 dari setiap transaksi.

Selain itu untuk memudahkan konsumennya dalam memenuhi kebutuhan produk elektronik di masa pandemik Covid-19, Sharp juga meluncurkan program ‘Shop From Home.’ Melalui program ini, Sharp memberikan kemudahan bagi konsumennya untuk dapat membeli produk-produk elektronik berkualitas tanpa harus pergi keluar rumah.

Baca Juga: Neuva Ice dari Polytron, Mampu Cegah Virus Corona

Konsumen tinggal menghubungi nomor telepon dealer rekanan Sharp, melakukan transaksi, produk langsung diantar kerumah. Setiap transaksi, konsumen berhak mengikuti beragam program promo penjualan Sharp yang berhadiah ratusan juta rupiah.

- Advertisement -

1 COMMENT

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU