Monday, November 29, 2021
728 x 90-Banner Grand Wisata

Program Bedah Rumah Kementerian PUPR Dorong Perekonomian Masyarakat Pandeglang

Setiap unit rumah penerima Program BSPS mendapatkan bantuan Rp20 juta untuk material dan upah tukang.

- Advertisement -
728 x 90-Banner Grand Wisata

PropertiTerkini.com, (PANDEGLANG) — Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau Bedah Rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR mampu mewujudkan hunian layak, meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian.

Menurut Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Program BSPS pada dasarnya merupakan stimulan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang rumahnya tidak layak huni. Dengan dana BSPS tersebut mereka diharapkan berswadaya membangun rumahnya menjadi lebih layak huni.

Baca Juga: Pekerja di KEK Tanjung Lesung Sambut Dibangunnya Rusun Tiga Lantai

Berdasarkan data Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa I, pada tahun 2021 Kabupaten Pandeglang mendapat alokasi Program BSPS sebanyak 110 unit yang tersebar di beberapa lokasi antara lain Kecamatan Sukaresmi 10 unit, Kecamatan Sobang 20 unit, Kecamatan Saketi 50 unit, Kecamatan Karangtanjung 15 unit, dan Kecamatan Cadasari 15 unit.

Setiap unit rumah penerima Program BSPS mendapatkan bantuan senilai Rp20 juta dalam bentuk bahan material bangunan senilai Rp17,5 juta dan upah tukang Rp2,5 juta.

Menurut Haryo Wacono, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, pihaknya ingin seluruh masyarakat Indonesia bisa tinggal di rumah yang layak huni. Program ini dilaksanakan bersama pemda dan masyarakat serta didampingi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program BSPS.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun Sarhunta Mandalika Dukung Gelaran WSBK

Kepala Desa Perdana, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang Banten H Ade Sutisna mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliki masih banyak warganya yang masih tinggal di rumah yang tidak layak. Pihaknya sudah mengusulkan ke pemda agar warga desanya bisa menerima bantuan Program BSPS lebih banyak lagi tahun depan. Tahun ini hanya ada 10 KK yang menerima Program BSPS. Diharapkan program ini bisa berlanjut karena sangat dibutuhkan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Bojen, Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang Sukardi menyatakan, pihaknya selalu mendorong agar masyarakat bisa tinggal di rumah yang layak huni. Untuk membangun rumah warga yang mendapat Program BSPS, pihaknya juga mengajak warga agar bergotong royong yakni warga yang mampu membantu warga yang kurang mampu.

Baca Juga: Genap 4 Tahun, The Zora BSD City Buktikan Rumah Mewah Tetap Diminati

“Warga kami banyak yang menjadi petani, pedagang dan buruh. Jadi di masa pandemi ini mereka merasa bantuan Program BSPS sangat membantu mereka secara perekonomian maupun kesehatan,” ujar Sukardi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU