Tuesday, September 28, 2021

Menyulap Kamar Tidur Serasa Hotel

Langkah praktis dan simpel berdasarkan metode “ABC's Cleaning” dari Airy Community. Lima tips berikut sangat mudah dan praktis Anda lakukan di rumah sekaligus mengusir rasa jenuh dan bosan selama masa ‘karantina’ di rumah.

PropertiTerkini, (JAKARTA) – Sudah berapa hari Anda menginap di rumah? Belakangan, dengan merebaknya wabah Corona (Covid-19), tentunya Anda dan keluarga lebih banyak berkativitas di rumah bukan? Nah, berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk menyulap kamar tidur menjadi lebih menarik dan tentunya nyaman, bahkan serasa berada di hotel.

Airy, Operator Jaringan Akomodasi (ANO), berbagi tips untuk menyulap kamar tidur Anda menjadi serasa hotel. Tips ini menyadur metode “Pembersihan Harian ABC” dari program Airy Community, yaitu platform pelatihan Airy untuk meningkatkan kapabilitas tenaga kerja perhotelan, khususnya aspek housekeeping dan front office. Program ini telah diterima lebih dari 4.000 karyawan hotel/penginapan mitra Airy.

Baca Juga: Dampak Corona, OYO Bantu Mitra Hotel Asia Tenggara Rp2,7 Miliar

Berikut 5 tips mudah:

1. Anti Semrawut

Yang menjadi daya tarik kamar hotel adalah tidak adanya barang berserakan. Rapikan kembali kamar dengan ganti barang di lokasi masing-masing menyimpan. Buku dan majalah di rak, baju di almari, pernak-pernik di kotaknya, dan sebagainya.

Sediakan wadah khusus sebagai tempat menyimpan sementara, belum Anda setujui. Untuk memudahkan Anda memesan barang yang ada di kamar, lakukan searah jarum jam.

2. Kasur Necis

Bukan hanya tampilan Anda yang harus bersih dan rapi. Tempat tidur pun harus necis agar Anda “tertarik” untuk membaringkan diri. Mulai dengan mengganti kain berlapis, senada dengan sarung bantal/guling. Pastikan kasur terpasang dengan benar sisi kiri dan kanannya, serta tertarik kencang sehingga kasur terlihat mulus.

Jangan tempatkan bantal yang terlalu banyak atau guling di tempat tidur. Cukup untuk setiap orang. Jika ada dua pasang, posisikan bantal/guling tersebut saling berhubungan pada bagian lubang sarungnya. Tempatkan bantal kecil atau boneka sebagai pemanis.

3. Meja Lega

Kosongkan area meja di kamar Anda! Tidak harus ada benda sama sekali, namun minimalisir dan pilih yang paling fungsional, seperti lampu meja, dan pohon kaktus mini saja. Ruang seperti ini yang biasa Anda temui di kamar-kamar hotel.

Baca Juga: Cara Mudah Beli Rumah di Metland, Promo Terbaru Hadapi Corona

Meja yang lega memberi kesan luas pada ruangan, dan lebih penting lagi, memberikan Anda untuk segera memfokuskan bantuan pada bekerja.

4. Dry dan Dump Dusting untuk Debu Bandel

Pada bagian yang berdebu tebal, gunakan metode dry dusting menggunakan lap kering. Pastikan ceceran debu tak menimpa benda di sekitarnya. Pada furnitur seperti meja, lemari, pintu, jendela dan kosen, alat elektronik, serta cermin terapkan langkah basah dengan menggunakan kain lembap.

Akhiri dengan semir furnitur untuk mengilapkan barang-barang tersebut sekaligus merawatnya.

5. Sapu “Terbang” Jauh Menjangkau

Langkah terakhir, sapu kamar Anda dari area yang terjauh dari pintu masuk (bisa juga menggunakan vacuum cleaner). Lanjutkan proses dengan mengepel lantai. Pastikan kain pel tidak dalam kondisi basah, cukup lembap saja, agar lantai tidak meninggalkan jejak saat diinjak, atau meninggalkan bekas udara setelah kering.

Gerakkan tongkat pel Anda dengan membalik dan memutarkan angka sambil berjalan mundur. Awali pula dari daerah terjauh. Ini agar pengepelan merata dan lantai yang bersih tidak terinjak kembali.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Waskita Realty Sediakan 25 Wastafel Portable

Tidak cukup bersih dan rapi saja, sebagai antisipasi pencegahan virus Covid-19, baiknya kamar Anda juga perlu dilakukan penyemprotan disinfektasi. Semprotkan cairan disinfektan di kain, lalu lap permukaan benda yang sering Anda lewati dan gunakan. Kamar hotel bersih, bebas virus, Anda pun sehat dan nyaman beraktivitas.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU