Thursday, September 23, 2021

Tren Properti Online Meningkat

Tren properti online yang meningkat juga harus dibarengi dengan kecepatan bertransaksi jual-beli properti. Seperti di OLX, dimana rata-rata penjual bertransaksi jual-beli apartemen di OLX selama 22 hari, 24 hari untuk rumah, dan 26 hari untuk tanah.

Propertiterkini.com – Menjual maupun membeli properti melalui platform digital memang memiliki banyak kelebihan. Bahkan tren properti online ini semakin diminati berbagai kalangan.

Baca Juga: 4 Keuntungan Jual Properti Online

Di Indonesia pun sudah banyak situs maupun aplikasi online yang khusus memasarkan produk properti, baik rumah, apartemen, ruko, perkantoran, gudang, hingga tanah. Bahkan, situs jual beli online yang semula lebih fokus ke produk konsumtif hingga kebutuhan sehari-hari pun, kini mulai fokus menggarap sektor properti.

Salah satunya adalah OLX, yang bahkan baru saja meluncurkan kategori “Properti Baru”. Semakin tinggihnya tren properti online diakui menjadi salah satu faktor OLX mulai fokus menggarap properti sejak tahun lalu.

“OLX memutuskan untuk mulai fokus pada kategori properti sejak tahun lalu. Dengan fokus ini, OLX berkomitmen untuk menyediakan beragam pilihan properti bagi calon pembeli, salah satunya dengan meluncurkan Properti Baru,” kata Ignasius Ryan Hasim, Head of Real Estate OLX Indonesia, melalui keterangannya di Jakarta, Rabu (27/2/2019) lalu.

Sebagaimana diketahui, laporan World Bank 2016 mencatat bahwa terdapat 400.000 unit properti yang dibangun oleh sektor swasta setiap tahunnya. Sementara, kebutuhan properti di kawasan urban mencapai 920.000 unit.

Sementara tren properti online di OLX menyebutkan bahwa, terdapat 610.000 orang yang mencari properti seperti, rumah, apartemen, dan tanah, setiap bulannya. Rumah, apartemen, dan tanah menjadi jenis properti yang paling banyak dicari oleh pengguna OLX.

Dari sisi supply di daerah Jabodetabek, iklan rumah dijual paling banyak ditemukan di Bekasi Kota, yakni sebanyak 133.000 iklan/bulan. Sementara itu, untuk apartemen paling banyak diiklankan di area Jakarta Selatan, yakni sebanyak 3.000 iklan/bulan. Untuk tanah, Depok Kota menjadi area dengan jumlah iklan terbanyak 4.900 iklan/bulan, di OLX.

Baca Juga: Permintaan Properti Online Meningkat, OLX Mantap dengan “Properti Baru”

Sedangkan dari segi harga, Jakarta Utara menempati peringkat pertama sebagai area dengan harga jual rata-rata termahal di OLX, yaitu Rp17,2 juta/m2. Sedangkan area dengan harga jual rata-rata termurah ada di area Bekasi kabupaten, yakni Rp8 juta/m2.

Tabel tren properti olx

Berbeda dengan rumah, untuk harga jual apartemen, Jakarta Selatan menempati ranking pertama untuk dengan harga rata-rata tertinggi, di OLX, yakni Rp21,4 juta/m2. Sementara itu daerah Bekasi dan sekitarnya menjadi area dengan harga rata-rata/m2 terendah untuk apartemen yaitu di kisaran Rp12-14 juta/m2.

Tabel tren properti olx

Tidak hanya menawarkan beragam pilihan properti dan harga, OLX juga menawarkan kecepatan bertransaksi jual-beli properti.

Baca Juga: Ini Lho, Tren Warna 2019 dari Kansai Paint

“Kecepatan menjual properti di OLX sudah terbukti. Rata-rata penjual bertransaksi jual-beli apartemen di OLX selama 22 hari, 24 hari untuk rumah, dan 26 hari untuk tanah. Inilah yang menjadi alasan bagi penjual properti, baik pemilik maupun agen properti, memercayakan OLX sebagai platform online untuk mengiklankan properti yang mereka tawarkan,” tutup Ignasius.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU