Sunday, April 14, 2024

10 Wilayah Paling Diminati Pencari Properti Berkebangsaan Asing (WNA)

Sepanjang tahun 2023, lima negara asal WNA yang mencari properti di Indonesia didominasi oleh Singapura (21,9%), Amerika Serikat (16,1%), Australia (11,8%), Malaysia (8,9%) dan Jepang (4,0%).

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pencari properti berkebangsaan asing atau warga negara asing (WNA) di Indonesia terus meningkat.

Tingginya peminat properti tersebut lantaran adanya kebijakan dan regulasi pemerintah yang memungkinkan mereka untuk membeli properti di Indonesia.

Baca Juga: Prospek Peminat Properti WNA: 2024, Semakin Banyak yang Beli di Indonesia?

Bahkan pada akhir tahun 2023, pemerintah juga membuka kesempatan bagi WNA yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk mendapatkan insentif PPN-DTP.

Kepala Riset Rumah123, Marisa Jaya mengatakan, pertumbuhan permintaan properti dari WNA di tahun 2023 mengalami perkembangan yang pesat dibandingkan tahun 2022.

Potensi pasar WNA diharapkan semakin mempercepat pertumbuhan dan kemajuan industri ini lebih baik di tahun 2024,” katanya.

10 Wilayah Paling Diminati Pencari Properti Berkebangsaan Asing

Di sepanjang tahun 2023 lalu, Rumah123 mencatat adanya 10 wilayah paling diminati pencari properti berkebangsaan asing.

Jakarta Selatan, Badung, dan Tangerang menduduki peringkat tertinggi dalam popularitasnya.

Baca Juga: Popularitas Jakarta dan Tangerang dalam Pencarian Hunian Terus Meningkat

Diikuti oleh Bandung, Jakarta Barat, Batam, Jakarta Utara, Denpasar, Jakarta Pusat, dan Surabaya.

Dalam hal pertumbuhan, pada tahun 2023 terjadi lonjakan signifikan di Badung (92,1%), Denpasar (81,3%), Surabaya (49,6%), dan Jakarta Utara (46%) dibandingkan tahun 2022.

Adapun Jakarta Selatan, merupakan salah satu wilayah Central Business District (CBD). Kawasan yang telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang memadai.

Jakarta Selatan juga memiliki lingkungan yang sudah established, serta komunitas modern yang mendukung kebutuhan para ekspatriat.

Dengan demikian, sehingga menjadikan wilayah tersebut sebagai pilihan favorit WNA dalam pencarian properti.

Apartemen Savyavasa
Apartemen Savyavasa di Jakarta Selatan, menampilkan kemewahan dan kenyamanan bagi para penghuninya. (Foto: Dok. Savyavasa)

Sementara wilayah Badung yang berada di Bali, sebagai salah satu destinasi populer di mata wisatawan mancanegara, menempati urutan kedua paling diminati.

Baca Juga: Alami Pertumbuhan Tercepat, Permintaan Jual dan Sewa Hunian di Bandung Terus Meningkat

Tren pertumbuhannya pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022 bergerak signifikan mencapai 92,1 persen.

Badung memiliki posisi strategis sebagai gerbang masuk para turis melalui Bandara Internasional Ngurah Rai.

Di wilayah ini juga terdapat banyaknya pengembangan kawasan komersial serta pariwisata. Kemudian tren digital nomad serta remote working juga turut mendongkrak popularitas wilayah ini.

pencari properti berkebangsaan asing
10 wilayah paling diminati pencari properti berkebangsaan asing. (Dok. Rumah123)

Sedangkan Tangerang menempati peringkat ketiga area terfavorit lantaran, wilayah ini dikelilingi kawasan industri.

Baca Juga: Apartemen Mewah di Jaksel, Savyavasa Gelar Topping Off, Serah Terima 2025

Juga merupakan area terdekat bagi para WNA yang bekerja di Barat Pulau Jawa, seperti Cilegon, Cikande dan Serang.

Hal ini dikarenakan keterbatasan fasilitas dan area pendukung di tiga area tersebut.

Sehingga para pencari properti berkebangsaan asing tersebut akan lebih cenderung memilih Tangerang dan sekitarnya untuk tempat tinggal, jalan-jalan, menikmati hiburan dan menunjang aktivitas lainnya.

Tipe Properti yang Paling Diminati

Secara umum, tipe properti paling diminati oleh para pencari properti berkebangsaan asing selama tahun 2023 adalah rumah tapak, tanah dan apartemen.

Minat pencarian WNA dari sejumlah negara terhadap rumah tapak berkisar antara 47,4% hingga 68%.

Sedangkan pencarian tanah sekitar 6,7% hingga 21,8% dan pencarian apartemen di level 9,7% sampai 25%.

Baca Juga: Tancap Gas, ONE Global Capital Umumkan Rencana Ekspansi di 2024

Beberapa negara asal WNA mencatatkan proporsi pencarian apartemen yang lebih tinggi, seperti Korea Selatan (19%), Thailand (17,8%), Kanada (18,9%), India (25%) dan China (22,4%).

Prospek Peminat Properti WNA
Tipe properti yang paling diminati warga negara asing di Indonesia. (Dok. Rumah123)

Dari data ini juga terlihat bahwa pencari properti asal China cenderung berbeda dengan negara lainnya karena mencatatkan proporsi pencarian gudang yang cukup tinggi, sebesar 7,4%, dibandingkan dari negara lain yang cenderung lebih rendah di kisaran 0,3%-2,7%.

Lima Negara Asal Dominasi Pencarian & Pertumbuhan Minat

Sepanjang tahun 2023, lima negara asal WNA yang mencari properti di Indonesia didominasi oleh Singapura (21,9%), Amerika Serikat (16,1%), Australia (11,8%), Malaysia (8,9%) dan Jepang (4,0%).

Disusul 14 negara lain, mencakup Taiwan, Kamboja, Hong Kong, Korea Selatan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Thailand, Kanada, Filipina, Turki, India, Qatar, China dan New Zealand.

Baca Juga: Industri Properti Kembali Bergairah, Pengembang Harus Jemput Bola

Jika ditilik perjalanannya, sejak Kuartal IV 2022, mulai terjadi lonjakan permintaan WNA di 10 area terpopuler seiring diterbitkannya Keputusan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1241/SK-HK.02/IX/2022 Tahun 2022 tentang Perolehan dan Harga Rumah Tempat Tinggal/Hunian Untuk Orang Asing pada September 2022 serta Second Home Visa di akhir Desember 2022.

Dua kebijakan ini secara tak langsung memudahkan WNA untuk tinggal, membeli maupun berinvestasi properti di Indonesia.

negara asal wna pencari properti di Indonesia
Sepanjang 2023, lima negara asal WNA yang mencari properti di Indonesia didominasi oleh Singapura, Amerika Serikat, dan Australia. (Dok. Rumah123)

Perubahan kebijakan ini, menurut Marisa, mendongkrak minat secara signifikan di hampir semua area terpopuler pada Kuartal I 2023, terutama wilayah dengan basis pariwisata, seperti Badung (91,3%), Denpasar (55,8%).

Baca Juga: GAFOY Summarecon Kelapa Gading Resmi Dibuka, Hadirkan Destinasi Kuliner dan Gaya Hidup Terkini

“Diikuti area lainnya yang kental dengan aktivitas perekonomian dan bisnis, mencakup Surabaya (49,7%), Jakarta Selatan (37,9%), Tangerang (28,8%), Bogor (28,6%), Batam (21%), Jakarta Utara (20,8%), Bandung (17,6%), Jakarta Pusat (9,5%) dan Jakarta Barat (5,6%),” jelas Marisa.

Baca berita lainnya di GoogleNews

- Advertisement -
Demo Below News

BERITA TERKAIT

Paramount 7 Maret 2023
RHVAC - 2023

BERITA TERBARU

Demo Half Page