Wednesday, September 22, 2021

3 Metode Disinfeksi Virus Corona di Perkantoran dengan Sinar UV-C Signify

Di perkantoran, terdapat tiga metode disinfeksi yang bisa dilakukan, yakni metode chamber disinfection, upper air, dan metode surface disinfection.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA)Signify, produsen pencahayaan global, sudah lebih dari 35 tahun berpengalaman dalam teknologi pencahayaan UV-C. Inovasi teknologi tersebut pun kini menjadi bagian penting dari kepedulian perusahaan, terutama dalam membantu para pelaku usaha, profesional, dan masyarakat umum dalam menghadapi tantangan terbesar tahun ini, yakni pandemi Covid-19.

“Sebagai perusahaan dalam bidang penerangan, kami banyak menginvestasikan waktu kami dalam research untuk development atau pengembangan produk UV-C untuk melindungi rumah, kantor, supermarket, restoran, hotel maupun fasilitas umum lainnya,” kata Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia, dalam virtual gathering bertajuk “Ngobrol Santai Bersama Signify Indonesia”, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Sinar UV-C Signify, Efektif dan Efisien Tangkal Covid-19 di Lingkungan Kantor

Seperti diketahui, pencahayaan UV-C dari Signify telah terbukti mampu deactivate Covid-19 dan berbagai virus juga bakteri lainnya. Dengan demikian, pencahayaan UV-C sangat efektif juga dalam mendesinfeksi udara, permukaan dan benda, dan menambah perlindungan ekstra dalam berbagai aktivitas masyarakat, seperti di rumah ibadah, sekolah, restoran, toko ritel, pabrik, perkantoran, dan transportasi umum.

Kini, Signify telah membawa rangkaian produk pencahayaan desinfeksi UV-C tersebut untuk konsumen di Indonesia, dalam upaya membantu rumah tangga dan penggunaan profesional, demi terciptanya lingkungan yang lebih aman dan steril.

Sebut saja Lampu Philips UV-C desk lamp, pencahayaan UV-C pertama dari Signify yang diperuntukkan bagi konsumen rumah tangga.

Philips UV-C Disinfection Desk
Philips UV-C Disinfection Desk Lamp terbukti mampu melawan 99 persen virus SARS-Cov-2 di area permukaan dalam waktu paparan 6 detik. (dok. Signify)

Produk ini mudah digunakan, dengan panel kontrol ringkas dan dilengkapi panduan suara internal. Dalam hitungan menit, lampu Philips UV-C desk lamp dapat secara efektif melumpuhkan virus, bakteri, jamur, dan spora yang dapat menimbulkan bahaya tak terlihat di rumah.

3 Metode Disinfeksi Perkantoran

Untuk pasar profesional, Signify juga menghadirkan rangkaian solusi desinfeksi udara dan permukaan. Bahkan, dalam misi yang sama, Signify Indonesia telah menjalin kerja sama dengan pt Datascrip dalam upaya memperkuat pemenuhan kebutuhan akan solusi disinfeksi, khususnya pada instansi dan perkantoran.

Metode disinfeksi di perkantoran melalui teknik penyinaran UV-C lebih efektif dan penting untuk dilakukan, mengingat klaster Covid-19 di lingkungan perkantoran terus meningkat.

Penerapan protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker, menyediakan hand sanitizer hingga pengaturan jarak aman (physical distancing), juga tetap harus dilakukan. Namun, pencegahan penularan virus Covid-19 dengan protokol kesehatan tersebut perlu didukung dengan disinfeksi atau sterilisasi ruang dan benda yang ada di sekitarnya.

Baca Juga: Hadapi Tahun Penuh Tantangan, Ini yang Dilakukan Signify Indonesia

Nah, untuk di perkantoran, terdapat 3 metode disinfeksi yang bisa dilakukan. Seperti metode chamber disinfection atau disinfeksi dengan menyinari objek ke dalam kotak lampu UV-C. Metode ini sebetulnya sudah sering digunakan oleh ibu menyusui untuk melakukan sterilisasi pompa ASI dan peralatan makan bayi.

Perangkat atau kotak penyinaran ini memiliki berbagai ukuran yang dapat digunakan untuk menyinari berbagai perangkat kerja di kantor, mulai dari gadget, buku hingga kunci kendaraan. Metode ini sangat efektif untuk sterilisasi benda yang masuk ke dalam kantor.

Ada juga, metode upper airyaitu memasang lampu UV-C pada plafon untuk menyerang virus dan bakteri yang ada di udara. Sinar UV-C akan menyerang virus dan bakteri yang ada di udara. Dengan metode ini, orang tetap dapat beraktivitas di ruangan selama lampu UV-C menyala karena sinar hanya mengarah ke udara.

Dan, metode surface disinfection yang cocok untuk diterapkan di ruang kerja kantor karena metode disinfeksi ini menyinari permukaan benda-benda yang tampak di ruangan seperti perangkat kerja, mulai dari mouse, keyboard, hingga alat tulis. Lampu UV-C dipasang di plafon untuk menyinari benda yang tampak di ruangan.

Baca Juga: Datascrip dan SALTO Systems Hadirkan “Kunci Pintar” untuk Kamar Hotel

Perlu diperhatikan jika menerapkan metode surface disinfection ini, bahwa tidak boleh ada orang di dalam ruangan selama penyinaran berlangsung.

Dengan mengadopsi pedoman keselamatan Global Lighting Association, Signify memberikan tingkat keamanan yang tinggi dalam penerapan teknologi UV-C.

Penerapan lampu UC-V di Ruang Kerja Kantor_3
Penerapan lampu UC-V di Ruang Kerja Kantor. (dok. Datascrip)

Penerapan UV-C dari Signify menggunakan ukuran penyinaran baku dan klasifikasi kelompok risiko.

Sylvia Lionggosari, Business Unit Director pt. Datascrip mengatakan, Datascrip telah memiliki pengalaman dalam menghadirkan berbagai solusi dan perangkat elektronik di Indonesia. Pengalaman ini memberikan nilai tambah Datascrip dalam menerapkan solusi UV-C dengan aman dan efektif.

Sylvia melanjutkan, Datascrip sebagai Value Added Partner Signify di Indonesia memberikan layanan menyeluruh mulai dari perencanaan, pemasangan hingga instruksi penggunaan yang aman dan efisien.

Baca Juga: Jalin Kerja Sama dengan Eaton, Datascrip Hadirkan UPS dengan Teknologi Terbaik

“Datascrip memberikan solusi pemasangan lampu UV-C Signify dengan menerapkan prosedur keamanan dan keselamatan yang ketat yang didukung dengan teknologi smart control sehingga meminimalisir kemungkinan adanya human eror saat digunakan,” terang Sylvia.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU